Affiliate Marketing – Kemajuan teknologi kini membuat aktivitas sehari-hari jadi semakin mudah, termasuk untuk urusan bisnis. Kamu bisa menyempurnakan teknik pemasaran konvensional dengan mengandalkan internet semaksimal mungkin.Salah satu metode pemasaran modern yang bisa kamu lakukan melalui internet adalah affiliate marketing (pemasaran afiliasi).

Sebelum mempraktikkannya untuk menunjang kelancaran bisnis, yuk simak dulu ulasan lengkap tentang pengertian affiliate marketing beserta contoh dan tipsnya berikut ini!


Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah teknik pemasaran yang membuat seseorang atau suatu pihak mendapatkan komisi saat berhasil menjual produk atau jasa. Pengertian affiliate marketing tak cuma terbatas pada seseorang saja karena komunitas maupun kelompok tertentu biasanya juga diperbolehkan berpartisipasi dalam program afiliasi.

Ada tiga pihak yang terlibat dalam affiliate marketing, yaitu:

  • Brand (disebut juga merchant atau kreator): Pihak pertama ini memegang kepemilikan atas suatu produk atau jasa yang akan dipasarkan.
  • Affiliate (publisher): Pihak kedua yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi keputusan orang lain dalam membeli sehingga kemampuan tersebut dimanfaatkan oleh brand. Seseorang atau sekelompok individu yang bisa bertindak sebagai affiliate kerap berasal dari kalangan selebriti, vlogger, selebgram dan seleb Tiktok, blogger, maupun pihak lain yang dikenal banyak orang dan aktif membuat konten di internet.
  • Pelanggan: Seseorang atau sekelompok individu yang membeli produk atau jasa setelah menyimak affiliate marketing yang dilakukan publisher.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Affliate Marketing dalam Bisnis


Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Ketika pihak brand sudah menyepakati kerja sama dengan affiliate, maka pihak affiliate akan mendapatkan kode atau link.

Selanjutnya, kode atau link tersebut wajib dipublikasikan di website, blog, media sosial, atau forum online untuk menarik perhatian netizen. Bila ada netizen yang melakukan pembelian melalui kode atau link yang dicantumkan, maka affiliate yang memiliki link tersebut akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan.

Mengenal Berbagai Contoh Affiliate Marketing

Beberapa contoh affiliate marketing yang populer dan efektif meningkatkan omzet bisnis antara lain:

  • Jaringan Amazon Associates yang mewajibkan para affiliate memasang iklan pada website-nya masing-masing. Setiap pembelian yang berasal dari link iklan tersebut akan menghasilkan keuntungan (disebut biaya referral) yang dapat diklaim pihak affiliate.
  • Situs elektronik komersial Bhinneka.co.id juga memiliki program affiliate marketing yang memberikan komisi sebesar 5% berdasarkan akumulasi transaksi selama 1 bulan.
  • Beberapa situs e-commerce terbesar di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia. Shopee, dan Blibli juga memiliki program affiliate marketing. Komisi yang diberikan bervariasi tergantung dari jumlah pembelanjaan dan kategori produk yang dibeli.
  • Online travel agent populer seperti Booking.com, Tiket.com, dan Agoda juga menyediakan program affiliate marketing untuk meningkatkan omzet sekaligus mempopulerkan bisnisnya.

Baca juga: Cara dan Syarat mendaftar Program Shopee Affiliate


Tips Affiliate Marketing agar Menghasilkan Untung Besar

Kalau kamu tertarik menjalani affiliate marketing untuk mendapatkan komisi, maka sebaiknya kamu mengikuti beberapa affiliate marketing tips berikut ini:

Membangun Personal Branding di Internet

Hal pertama yang patut kamu lakukan bila ingin memperoleh keuntungan dari sistem affiliate marketing adalah membangun personal branding di internet. Kamu harus memiliki personal branding yang kuat sebagai ciri khas sehingga kamu mudah dikenali dan diingat netizen.

Misalnya, kamu bisa menjadi blogger yang fokus membahas perkembangan teknologi. Kamu harus membuat konten secara konsisten dari segi kuantitas maupun kualitas supaya popularitasmu kian meningkat. Jika kamu sukses membangun personal branding, maka kamu bisa menjadi Key Opinion Leader (KEY) yang mendapatkan banyak komisi dari sistem affiliate marketing.

Baca juga: Cara dan Syarat Mendaftar Affiliate Marketing Tokopedia

Mempelajari Product Knowledge Secara Detail

Sama seperti teknik marketing konvensional, keberhasilan affiliate marketing tentu tak lepas dari product knowledge yang kamu miliki. Oleh sebab itu, kamu patut mempelajari product knowledge dari produk atau jasa yang akan kamu pasarkan sehingga kamu mengenali kelebihan dan kekurangannya.

Jika kamu memahami product knowledge secara rinci, kamu juga dapat membidik pangsa pasar yang tepat demi meningkatkan omzet brand.

Membuat Konten yang Berkaitan dengan Affiliate Marketing

Alangkah lebih baik jika kamu membuat konten yang berkaitan dengan affiliate marketing agar upaya pemasaran berlangsung mulus dan tidak terkesan berlebihan. Misalnya, food vlogger membuat konten tentang wisata kuliner makanan pedas untuk memperkenalkan produk yogurt yang dapat membantu menghilangkan rasa pedas ketika makan.

Konten yang menarik membuat netizen tidak mudah bosan sekaligus menggugah keinginan untuk membeli produk atau jasa yang kamu iklankan.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Mengombinasikan SEO dan Popularitas di Media Sosial

Pemanfaatan media sosial untuk affiliate marketing harus diimbangi dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang tepat. Sehingga kontenmu yang memuat link atau kode affiliate mudah muncul pada hasil pencarian di internet.

Oleh karena itu, kamu harus menggunakan keyword yang tepat sesuai dengan tren pencarian internet dan membuat konten media sosial yang menarik secara teratur.

Jika kamu berhasil mendapatkan komisi affiliate marketing dalam jumlah besar, kamu bisa memanfaatkannya sebagai modal bisnis online. Selain mengandalkan komisi, kamu juga dapat mengandalkan KoinBisnis untuk memperoleh tambahan modal usaha.


KoinBisnis adalah layanan pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks yang bertujuan membantu para pebisnis yang butuh tambahan modal. Tak perlu risau soal masalah legalitasnya karena KoinBisnis terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu berkesempatan mengajukan pinjaman hingga 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah (antara 0,75% hingga 1,67%).

Sistem KoinBisnis yang terintegrasi secara otomatis membuatmu tak perlu repot mengisi data manual karena kamu hanya perlu menghubungkan bank dan toko onlinemu. Pencairan dananya hanya butuh waktu satu hingga tiga hari sehingga rencana bisnismu bisa lekas direalisasikan dalam waktu dekat.

Pembayaran cicilan setiap bulan bisa dilakukan dengan mudah melalui nomor rekening virtual. Fasilitas pembiayaan modal usaha dari KoinBisnis siap mendukung kemajuan sektor ekonomi tanah air di masa kini dan masa depan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.