HomeMarketingDigital MarketingCara Menggunakan WhatsApp Katalog Untuk Bisnismu, Gampang!

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog Untuk Bisnismu, Gampang!

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog – Whatsapp merupakan salah satu platform media sosial dengan pengguna yang tidak sedikit. Hal ini membuat media sosial ini bisa kamu manfaatkan untuk media promosi kamu. Kamu bisa memaksimalkan penggunaan Whatsapp ini ketika kamu mengetahui mengenai apa itu whatsapp katalog. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui kelebihan, tips sukses berjualan, serta cara atau tutorial menggunakan whatsapp katalog ini.

Dengan mengetahuinya, maka penggunaan whatsapp akan semakin maksimal dalam pengembangan bisnis kamu. Hal ini terjadi karena perkembangan kemampuanmu dalam memanfaatkan whatsapp katalog. Semakin bagus kamu menggunakan fitur katalog ini, maka akan semakin besar juga peningkatan yang bisa kamu rasakan.

Nah, untuk bisa melakukan hal itu, tentunya kamu harus mencari tahu mengenai informasi dari whatsapp katalog ini. Kebetulan sekali, berikut terdapat informasi mengenai hal tersebut. Penasaran dan sudah tidak sabar? Simak selengkapnya berikut ini!


Apa Itu Whatsapp Katalog Business?

Sebelum masuk ke cara menggunakan whatsapp katalog business, kamu harus tahu mengenai apa itu whatsapp katalog business? Whatsapp katalog business merupakan sebuah fitur yang terdapat pada aplikasi Whatsapp Business yang akan memudahkan mu saat ingin memajang produk dari bisnis kamu. Hal ini sangat sesuai dengan namanya yaitu katalog.

Pada umumnya, katalog merupakan tempat untuk memajang atau memamerkan produk dari bisnis kamu. Dengan adanya katalog ini, orang-orang akan dapat dengan mudah melihat produk apa saja yang kamu jual. Ini merupakan gambaran umum mengenai katalog secara umum yang sudah banyak masyarakat ketahui.

Nah, beranjak dari katalog secara umum tersebut, Whatsapp memindahkan katalog itu ke dalam aplikasi mereka. Mereka berhasil menambahkan fitur Whatsapp Katalog ini menjadi sebuah layanan digital yang ada pada aplikasi Whatsapp Business.

Pengguna Whatsapp Business, bisa menambahkan produk-produk yang mereka jual ke dalam katalog ini. Hal ini, terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan dari tiap pengguna Whatsapp Business tersebut. Selain itu, fitur katalog pada Whatsapp Business ini juga memiliki berbagai kelebihan serta manfaatnya baik bagi penjual maupun pembeli.

Nah, setelah kamu memahami apa itu Whatsapp Katalog Business, kamu juga harus memahami kelebihan dan juga manfaat dari salah satu fitur unggulan dari Whatsapp ini. Langsung saja, berikut pembahasan lengkapnya!

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Mudah


Kelebihan Dan Manfaat Whatsapp Katalog

Poin penting yang juga kamu ketahui sebelum masuk ke pembahasan mengenai tutorial menggunakan Whatsapp Katalog adalah mengenai kelebihan dan manfaatnya. Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui agar kamu bisa memahami betapa pentingnya penggunaan fitur yang satu ini. 

Berbicara mengenai kelebihan WA katalog, maka sangat banyak yang bisa kamu rasakan sendiri. Hal paling utama dari kelebihannya adalah terkait mudahnya proses penambahan item baru. Kamu tidak perlu mengisi data yang terlalu banyak dan ribet. Cukup beberapa data penting lengkap dengan fotonya saja.

Kemudian untuk manfaatnya, bisa dirasakan baik oleh penjual maupun pembeli. Kamu sebagai penjual akan merasa bahwa kamu tidak perlu menjelaskan produk mu secara berulang-ulang ke berbagai orang. Sedangkan di sisi pembeli, mereka juga tidak perlu menanyakan informasi yang sudah ada pada katalog kepada kamu sebagai penjual.

Baca juga: Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia


Cara dan Tutorial Menggunakan Whatsapp Katalog

Nah, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana caranya untuk memakai WA Katalog ini. Sebelum itu, pastikan akun Whatsapp yang kamu gunakan, merupakan akun Whatsapp Business ya. Hal ini karena fitur yang satu ini hanya terdapat pada akun bisnis saja. Jika sudah, langsung saja buka aplikasi Whatsapp Business milik kamu.

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog

Maka, kamu akan menemui tampilan seperti berikut ini. Nah, silahkan untuk fokus ke titik tiga di pojok kanan atas. Klik saja tombol tersebut untuk menampilkan dropdown menu.

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog

Kemudian akan muncul dropdown seperti pada gambar. Selanjutnya pilihlah menu setelan untuk masuk ke pengaturan dari akun bisnis kamu ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog

Setelah itu kamu akan masuk ke pengaturan profil akun bisnis kamu. Nah, silahkan fokus ke menu yang berada di dalam kotak merah pada gambar. Masuk saja ke menu Fitur bisnis tersebut.

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog

Maka, kamu akan melihat beberapa opsi pada Fitur Bisnis ini. Perhatikan kembali kotak merah pada gambar di atas. Di situ terdapat menu Katalog pada Whatsapp Business ini. Silahkan langsung saja masuk ke menu tersebut.

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog

Pada menu katalog, kamu akan melihat daftar katalog milik kamu. Jika belum ada sama sekali, maka hanya akan terlihat tombol tambah item baru. Untuk menggunakan fitur ini, tekanlah tombol tambah item baru itu untuk menambahkan katalog baru pada whatsapp bisnis kamu.

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog

Untuk menambahkan item katalog baru, kamu perlu mengisikan beberapa data terkait produk milikmu. Data-data itu meliputi nama produk, harga, dan juga deskripsi serta kamu juga wajib memberikan foto. Untuk bidang produknya, opsional.

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog

Setelah selesai menambahkan item baru, maka kamu akan melihatnya pada bagian tersebut. Di situ akan terlihat item katalog yang baru saja kamu tambahkan.

Cara Menggunakan WhatsApp Katalog

Jika pada akun Whatsapp orang lain, maka mereka akan melihat terdapat menu katalog pada profil akun bisnis kamu. Di menu katalog itulah produk-produk yang kamu tawarkan akan muncul semuanya.

Baca juga: Whatsapp Payment, Inovasi Transaksi Dalam Komunikasi


Tips Sukses Berjualan Dengan Memakai WA Katalog

Selanjutnya juga terdapat beberapa tips yang bisa kamu perhatikan ketika menggunakan WA katalog ini. Dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini, penggunaan WA katalog akan semakin maksimal. Nah, sebenarnya apa saja tips berjualan dengan menggunakan Whatsapp Katalog?

Tips sukses berjualan menggunakan whatsapp katalog yang paling harus kamu perhatikan adalah kejelasan informasi produk. Isilah data produk sedetail dan sejelas mungkin. Hal ini akan membuat pembeli tidak perlu merasa ragu untuk membeli produk kamu. Pastikan juga gunakanlah foto lebih dari dua untuk satu produk agar pembeli juga semakin yakin dengan produk kamu.

Selain itu, kamu juga harus memastikan kesesuaian informasi pada katalog, dengan kondisi nyatanya. Pastikan harga, foto, dan informasi lainnya, sesuai dengan kondisi asli dari produk tersebut. Hal ini akan sangat membantumu dalam meningkatkan tingkat kepercayaan pembeli terhadap bisnis milik kamu.

Tingkat kepercayaan yang semakin naik, tentunya akan sangat mempengaruhi bisnis milik kamu. Semakin orang-orang mempercayai bisnis mu, maka akan semakin banyak pula orang-orang yang tertarik untuk menggunakan dan membeli produk milik kamu. Dengan begitu, tentunya penjualan dan pendapatan bisnis kamu akan sangat meningkat.

Baca juga: Menarik Calon Pembeli Lewat Status WA Online Shop? Bisa!


Kesimpulan Cara Memakai Fitur Katalog Pada WA Business

Bagaimana? Sudah benar-benar paham terkait fitur dari Whatsapp business yang satu ini? Sebelum menggunakannya, pastikan akun yang kamu gunakan merupakan akun Whatsapp bisnis. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kejelasan dari produk yang kamu tawarkan. Sehingga, orang-orang akan dapat dengan mudah tertarik untuk menggunakan produk dari kamu.

Penggunaan whatsapp katalog yang benar, akan sangat membantu perkembangan bisnis kamu. Maka dari itu, pastikan kamu juga menggunakan fitur yang satu ini dengan benar, ya!

Baca juga: HP untuk Jualan Online: Spesifikasi dan Merk Terbaik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!