HomeIde BisnisBisnis untuk Pemula Cocok untuk Siapa Saja, Pasti Cuan!

Bisnis untuk Pemula Cocok untuk Siapa Saja, Pasti Cuan!

Dalam memulai bisnis bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan untuk para pelajar sekalipun. Ada banyak bisnis yang cocok untuk pemula, mulai dari ide bisnis online hingga offline.

Pada artikel ini saya akan fokus menjabarkan 15 ide bisnis untuk pemula yang bisa kamu coba. Apa saja itu? Simak artikel ini sampai selesai ya!


Ide Bisnis untuk Pemula yang Bisa Kamu Coba

Berikut ide bisnis online maupun offline yang cocok untuk pemula, antara lain:

1. Layanan Titip Hewan Peliharaan

Bisnis untuk pemula selanjutnya yang bisa kamu coba adalah layanan titip hewan peliharaan. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai hewan peliharaan. 

Untuk pemula, kamu bisa memulai dari tetangga atau teman dekat yang mungkin akan melakukan traveling. Kamu bisa menawarkan jasa titip hewan peliharaan pada mereka.

Namun tentunya kamu juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa kamu mempunyai kemampuan dalam merawat hewan. Jangan sampai kamu hanya asal-asalan atau tidak memiliki kemampuan merawat hewan tapi kamu memaksakan nya.

Hal ini karena hewan peliharaan membutuhkan perlakuan khusus dalam proses perawatannya. Jangan sampai kamu malah membahayakan nyawa hewan peliharaan tersebut.

2. Jualan Cemilan

Cemilan merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh semua kalangan. Bahkan tidak jarang orang yang akan menghabiskan banyak uang untuk membeli cemilan. 

Hal ini tentunya membuat ide bisnis cemilan menjadi peluang yang baik untuk pemula dalam berbisnis. Kamu bisa memulai bisnis ini dari hal kecil misalnya dengan membeli cemilan yang ukuran besar. 

Kemudian memindahkannya ke kantong kecil untuk kemudian menjualnya dengan harga yang lebih rendah, namun tentunya tetap memperhatikan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Sangat simpel bukan?

Namun alangkah lebih baiknya jika kamu menjual cemilan buatan sendiri. Karena tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

3. Jastip Barang Branded

Jasa titip beli barang branded ini merupakan salah satu ide bisnis online yang cocok untuk pemula. Mengapa demikian?

Hal ini karena bisnis ini minim resiko dan bisa dilakukan dengan cukup mudah. Kamu hanya memerlukan kamera dan ketekunan dalam menjalankannya. 

Untuk memulainya, kamu bisa berjalan-jalan ke mall atau pertokoan sekitar daerahku. Kemudian kamu bisa memotret barang-barang yang menurutmu menarik. 

Setelah itu, kamu bisa memposting hasil foto tersebut ke media sosial. Jasa titip beli barang branded ini biasanya dikenakan biaya mulai dari puluhan ribu untuk setiap barangnya.

4. Perencana Perjalanan (Travel Planner)

Bagi kamu para pecinta travell, bisnis ini sangat cocok untukmu. Kamu bisa memanfaatkan hobimu untuk menghasilkan pundi-pundi uang. 

Untuk memulainya, kamu bisa memulai dengan membuat sebuah iklan menawarkan jasa perjalanan sesuai dengan rute yang kamu kuasai di media sosial. Mulai dari pemesanan pesawat, hotel, mobil dan aktivitas lainnya. 

5. Usaha Fotografi

Bisnis untuk pemula yang bisa kamu coba selanjutnya yaitu bisnis fotografi. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang ahli di bidang fotografi. 

Hanya bermodalkan kemampuan dan perlengkapan fotografi tentunya kamu sudah bisa menghasilkan uang. Atau untuk ide bisnis yang lebih besar yaitu membuka jasa event organizer.

Namun jika kamu masih ragu, kamu bisa memulai dengan bergabung di sebuah EO sebagai penyedia jasa fotografi. Mulai dari untuk event wisuda, pernikahan, dan acara lainnya.

6. Event Organizer

Jika kamu mempunyai pengalaman atau kemampuan dalam merencanakan suatu event. Kamu wajib mencoba bisnis untuk pemula ini. 

Apalagi jika mengingat bahwa usaha di bidang event organizer tidak pernah sepi. Jadi tentunya peluang keberhasilan usahamu semakin tinggi. 

Tidak hanya itu, keberhasilan dari usaha ini juga akan semakin terlihat jika kamu sudah dipercaya oleh klien. Jadi, sebaiknya lakukan yang terbaik ya dalam menjalankannya.

Kamu bisa memulai usaha ini dengan menawarkan jasa secara online melalui media sosial dan sejenisnya. Jika ada klien yang tertarik, kamu bisa melakukan pertemuan secara langsung.

7. Buka Gerai Kopi

Bisnis kopi menjadi salah satu trans tersendiri saat ini. Apalagi mengingat jumlah penyuka kopi yang cukup tinggi di Indonesia.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai suatu usaha. Apalagi jika kamu tingga di pusat kota terutama daerah perkantoran yang biasanya membutuhkan banyak kopi. Ide bisnis untuk pemula ini sangat cocok untuk kamu.

Untuk memulainya, kamu bisa mulai melakukan survey pasar mengenai kopi jenis apa yang paling disukai, harga dan lokasi strategis untuk membangun bisnismu. Tertarik memulai bisnis ini?

8. Rental Motor

Ide bisnis untuk pemula selanjutnya yaitu rental motor. Bisnis ini cocok untuk kamu yang memiliki banyak motor pribadi yang jarang terpakai.

Kamu bisa mulai menyewakan motormu pada tetangga atau orang sekitar di kantormu. Atau jika tempat tinggalmu dekat dengan pariwisata, kamu bisa menyewakan motormu untuk para wisatawan yang berkunjung. 

Untuk pembayaran rental motor biasanya perhari. Kamu bisa memasang tarifnya sesuai keinginanmu. Namun sebaiknya jangan pasang tarif terlalu tinggi atau terlalu rendah ya. Kamu bisa mulai melakukan riset pasar untuk menentukan tarifnya.

9. Warung Kelontong

Bisnis warung kelontong bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu para pemula. Hal ini karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. 

Tidak hanya itu, bisnis ini juga cocok untuk kamu yang memiliki lokasi jualan di pinggir jalan. Karena sebagian besar tukang ojek online dan supir taksi biasanya akan lebih memilih beristirahat dan makan di warung kelontong. Hal ini berarti peluang pasar dan kesuksesan bisnismu akan semakin besar.

10. Counter Pulsa

Counter pulsa merupakan salah satu ide bisnis online untuk pemula yang wajib kamu coba. Apalagi kamu yang masih ingin mencoba-coba atau mencari pengalaman, bisnis ini adalah salah satu pilihan tepat. 

Adapun kelebihan dari berjualan counter pulsa yaitu tidak memerlukan modal besar dan tidak perlu sewa tempat. Cukup dengan mengandalkan media sosial dan gadget, kamu sudah bisa memulai usaha ini.

11. Dropshipper

Pilihan ide bisnis online untuk pemula yaitu dropship. Dengan menjadi dropshipper kamu bahkan tidak perlu menguras kantongmu. Hanya bermodalkan hp dan Internet saja kamu sudah bisa memulai bisnis dan memasarkan produk mu. 

Untuk memulai menjadi dropshipper kamu bisa menghubungi distributor yang ada. Kemudian distributor tersebut akan mengirimkan produk tersebut ke penjual. Cukup mudah bukan?

12. Laundry Kiloan

Bagi kamu yang tinggal di perkotaan, kamu bisa memulai bisnis ini. Bisnis untuk pemula ini cukup menjanjikan untuk dijalankan di perkotaan besar karena biasanya akan ada banyak orang yang memiliki banyak kesibukan dan tidak sempat untuk mencuci sendiri.

Hal ini tentunya menjadi peluang tersendiri untuk bisnis kamu. Adapun untuk memulainya memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Karena kamu memerlukan alat setrika, mesin pengering dan juga mesin cuci. Jadi untuk kamu yang memiliki cukup banyak modal untuk memulai usaha, bisnis ini cocok untuk kamu.

13. Rental Playstation

Bisnis selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba yaitu rental PlayStation. Mengapa demikian?

Didunia yang serba digital seperti saat ini, game merupakan salah satu hal yang banyak diminati anak muda. Kamu bisa memanfaatkan hal ini tentunya untuk mulai membangun usaha.

Tapi kamu tentunya harus menyiapkan modal lebih untuk mulai membangun bisnis ini. Kamu perlu mempelai TV LED, PlayStation dan biaya listrik bulanan tentunya.

14. Warung Makan

Bisnis untuk pemula selanjutnya yang bisa kamu coba adalah warung makan. Warung makan adalah salah satu bisnis kuliner yang cukup menjanjikan saat ini terutama di daerah perkotaan.

Hal ini karena di dunia yang serba sibuk seperti perkantoran tentunya membuat banyak orang tidak mempunyai waktu untuk memasak. Apalagi saat jam makan siang kantor, warung makan tentunya menjadi salah satu tempat yang banyak disinggahi para karyawan kantor.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mulai membangun usaha. Apalagi kalau kamu tinggal di perkotaan dan mempunyai lahan kosong disana. Bisnis ini tentunya menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu dalam memulai usaha. Tertarik mencoba?

Namun, hal terpenting untuk memulai bisnis ini yaitu kamu harus memiliki kemampuan memasak terlebih dahulu. Ini merupakan faktor utama yang menjadi penentu keberhasilan bisnis kedepannya.

Jika kamu tidak memiliki keahlian ini, kamu bisa mengajak temanmu yang memiliki keahlian memasak untuk mulai menjalankan bisnis bersama. Tapi, alangkah lebih baik jika kamu sendiri yang memiliki keahlian tersebut.

Kamu bisa mulai melakukan kursus memasak. Mungkin kamu bisa mulai kursus di orang terdekatmu yang memiliki keahlian memasak, atau melalui kursus-kursus resmi lainnya.

15. Pangkas Rambut

Bisnis terakhir yang cukup menjanjikan dan cocok untuk kamu para pemula adalah pangkas rambut. Namun tentunya untuk memulai bisnis ini kamu perlu memiliki keahlian dalam memotong rambut. 

Sangat tidak mungkin kamu akan memotong rambut orang dengan asal-asalan bukan? Setidaknya kamu tahu dasar-dasar memotong rambut sehingga tidak akan mengecewakan customermu nanti.

Atau jika bisa, kamu bisa mulai belajar cara memotong rambut terlebih dahulu. Kamu bisa mulai belajar melalui tutorial di YouTube atau kursus langsung. 

Untuk lebih meningkatkan skillmu, kamu bisa mengaplikasikan hasil belajarmu dengan memotong rambut boneka atau sejenisnya. Agar kamu bisa tahu apakah kamu sudah siap untuk memulai bisnis ini atau tidak.


Manakah Bisnis Untuk Pemula yang Ingin Kamu Coba?

Dari 15 bisnis tersebut, bisnis mana yang kamu pilih? Apapun pilihannya, sebaiknya kamu memang senang menjalankan bisnis yang kamu pilih tersebut.

Jangan sampai menyesal karena tidak pernah mencoba untuk memulai suatu usaha. Kegagalan tentunya ada, tapi akan jauh buruk ketika kamu tidak pernah memulainya. Kamu bisa memilih usaha yang memang passion atau hobi kamu ya. Usahakan juga untuk memilih bisnis yang sesuai dengan modal kamu. 

Untuk memulai dan coba-coba mungkin akan jauh lebih baik jika kamu memulai bisnis tanpa modal yang minim resiko seperti dropship. Namun tetap berhati-hati, karena penipuan saat ini sudah merajalela. Selamat mencoba!


Temukan berbagai inspirasi tips memulai bisnis  dan ide bisnis lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Fenomena Ghozali yang menjual foto selfienya dengan harga fantastis melalui platform marketplace OpenSea membuat gempar publik di Indonesia. Sehingga, banyak orang ingin mengetahui cara...

Apa Itu NFT (Non Fungible Token) Beserta Cara Kerjanya?

Dalam beberapa waktu terdekat ini ada salah satu pembahasan yang cukup sering orang bicarakan. Pembahasan tersebut adalah mengenai Non Fungible Token atau NFT. Bagi...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!