HomeMarketingDigital MarketingApa Itu Iklan Online? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Apa Itu Iklan Online? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Pelaku bisnis saat ini harus bisa memikirkan cara agar produknya bisa dikenal banyak orang. Maka dari itu penggunaan iklan sebagai media promosi sangat penting untuk mengenalkan produk kamu ke masyarakat. Dunia digital dan periklanan saat ini sudah berkembang. Jadi kamu harus tahu apa itu iklan online.

Apa Itu Iklan Online?

Iklan bagi kebanyakan orang sering mereka jumpai di televisi, radio, koran, majalah, dan billboard. Semakin berkembangnya dunia digital maka munculah iklan secara online. Dalam menyebarkan informasi dalam iklan online ini menggunakan jaringan internet. Kemudian kamu bisa mengaksesnya melalui smartphone, laptop, dll.

Dengan keberadaan iklan online ini para pebisnis mulai mencobanya karena memiliki beberapa keuntungan dan kemudahan. Meskipun media periklanan yang berbeda dari iklan pada umumnya tapi fungsinya sama yaitu mempromosikan. Sebelum mencari tahu jenis jenis iklan online, berikut manfaat iklan tersebut. 

Manfaat Iklan Online Untuk Bisnis

manfaat iklan online

Menggunakan iklan online tentunya memiliki manfaat yang akan kamu dapatkan nantinya. Dengan hal ini banyak orang menggunakan media iklan online sebagai strategi pemasaran. Manfaat iklan online, yaitu :

1. Harga yang Terjangkau

Manfaat atau keuntungan yang pertama yaitu harga yang bisa terbilang terjangkau. Pebisnis seperti kamu tentunya ingin mengenalkan produk dari perusahaan kepada masyarakat luas tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Dengan menggunakan iklan online tersebut dapat menjadi solusi terbaik untuk memangkas pengeluaran.

Kita ketahui bahwa iklan yang pada umumnya seperti billboard akan membutuhkan biaya yang besar dari ratusan juta hingga milyaran. Berbeda jika kamu menggunakan iklan online seperti Google Ads atau Facebook Ads yang terjangkau dan menjangkau audiens yang banyak. Harganya juga berkisar ratusan ribu saja. 

2. Mudahnya Mengkomunikasikan Sebuah Produk

Sebuah iklan yang yang banyak orang melihatnya pastinya memiliki cara yang unik dalam penyampaiannya. Iklan online ini bisa kamu jadikan ajang berkreativitas dalam memasarkan produk perusahaan. Kamu bisa bermain dengan foto, campuran warna, video, dan lainnya dalam membuat iklan tersebut. 

Keunggulan satu ini tentunya bisa kamu manfaat secara maksimal untuk menarik konsumen. Saat kamu menggunakan iklan cetak maka pilihannya hanya dengan foto atau gambar dan tulisan. Sedangkan televisi atau radio hanya video dan suara saja. Namun dengan iklan online kamu bisa menggabungkan semua elemen itu. 

3. Dapat Memilih Platform Sesuai Kebutuhan

Kamu akan mendapatkan manfaat atau keuntungan seperti bisa memilih platform mana yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu kamu tidak akan terpaku pada media yang itu – itu saja. Media online memang memiliki jangkauan yang luas dan banyak pilihannya. Kamu juga tidak akan sulit untuk menemukan platform tersebut.

Berbagai macam pilihan tersebut yaitu dengan media sosial atau website. Nah untuk media sosial, kamu bisa menentukan seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan TikTok yang saat ini ramai orang memakainya. Untuk website sendiri seperti Detik.com. Kompas.com, Liputan6.com, dan masih banyak lagi. 

4. Menjangkau Target Pasar yang Luas

Dengan kamu menggunakan iklan online dapat menjangkau target pasar yang sangat luas. Kenapa bisa begitu?, karena beberapa media online yang nantinya digunakan untuk memasang iklan terdapat audiens dari berbagai wilayah dan negara. Sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar lagi. 

Berbeda jika kamu hanya menggunakan media iklan seperti billboard yang hanya terpasang di beberapa wilayah dan jam tertentu. Maka dari itu hanya orang – orang yang berada di wilayah tersebut nantinya yang tahu tentang produk kamu. Kemudian juga para audiens yang ingin melihat iklan harus keluar rumah atau ke jalan raya. 

5. Bisa Memantau Aktivitas Audiens

Manfaat menggunakan iklan online berikutnya yaitu bisa memantau aktivitas para audiens. Para pebisnis lebih memilih untuk menggunakan iklan online karena hal tersebut. Terutama kamu yang masih awal dalam memulai usaha. Hal tersebut juga dapat kamu pakai untuk mencari tahu bagaimana feedback terhadap produk kamu. 

Jika nantinya pengunjung iklan kamu lancar dan semakin banyak maka bisa jadi iklan tersebut menarik dan mendapat feedback baik. Tetapi jika yang melihat iklan kamu sedikit maka bisa langsung melakukan langkah evaluasi. Ketika kamu memilih menggunakan iklan cetak maka nantinya proses evaluasi iklan akan cukup sulit.  

6. Menciptakan Brand Awareness

Selanjutnya yaitu dapat menciptakan brand awareness. Kita ketahui bahwa persebaran informasi di media sosial sangat cepat sehingga banyak orang melihatnya. Kamu harus bisa membuat strategi iklan yang dapat membuat citra perusahaan yang baik di mata masyarakat. 

7. Dapat Meningkatkan Penjualan

Berikut ini yaitu dapat meningkatkan penjualan produk dan mendatangkan keuntungan yang besar. Iklan yang menarik akan membuat audiens nyaman untuk melihatnya dan mulai mencari informasi produk. Karena iklan online bisa menggunakan berbagai platform digital yang ada sehingga peluangnya besar.

Penggunaan iklan cetak juga bisa meningkatkan penjualan tapi tidak sebanyak iklan online. Kamu sudah tahu pastinya bahwa iklan cetak hanya bisa menampilkan gambar dan tulisan sedangkan iklan online bisa menambahkan video. Dengan begitu orang yang melihat iklan online tersebut dapat lebih mudah memahaminya.

Jenis – Jenis Iklan Online dan Contohnya

Setelah kamu memahami apa itu iklan online dan manfaat yang akan didapat maka berikutnya jenis – jenis iklan online apa saja. Berikut ini jenis iklan online, antara lain :

1. Paid Search

jenis iklan online - paid search

Jenis iklan online yang pertama yaitu paid search. Internet memang menjadi kebutuhan banyak orang saat ini. Kemudian munculah Google yang sering kamu gunakan untuk mencari segala informasi yang ada di internet. Namun dunia marketing juga merambah melalui iklan yang muncul dalam pencarian Google

Pihak Google telah memberikan layanan iklan berupa Google AdWords atau sekarang ini Google Ads. Dengan menggunakan kata kunci yang banyak orang mencarinya di pencarian Google maka bisa kamu manfaatkan untuk memasang iklan. Kamu bisa menemukannya dengan ciri – ciri logo iklan pada hasil pencarian. 

Baca Juga: 7 Skill Digital Marketing yang Wajib Kamu Miliki

2. Paid Social

paid social

Selanjutnya yaitu paid social yang merupakan iklan online dengan perantara media sosial. Kamu bisa memasang iklan tidak hanya melalui website saja tapi juga memperluasnya melalui media sosial yang ada. Salah satunya bisnis online shop dengan berbagai produknya sering menggunakan jenis paid social ini.

Dengan menggunakan iklan ini juga dapat merencanakan target audiens yang lebih spesifik. Seperti menentukan usia, gender, hobi, lokasi, penghasilan, dan lainnya. Beberapa contoh iklan yang bisa kamu gunakan yaitu Instagram Ads, Facebook Ads, dan Twitter Ads. Namun pencapaian objektif setiap media sosial akan berbeda.

Dalam Facebook dan Instagram sendiri memiliki 3 objektif yaitu :

  • Awareness artinya untuk membangun kesadaran terhadap merek tersebut kepada masyarakat. Kemudian menciptakan citra brand yang lebih baik. 
  • Consideration artinya bisa meningkatkan traffic pada sebuah website, meningkatkan engagement, dan lainnya.
  • Conversions artinya bisa mengubah perilaku dan mendorong orang untuk mengunjungi toko offline yang menjual produk. 

Sedangkan dalam Twitter sedikit lebih banyak yaitu 6 objektif :

  • Tweet Engagement artinya adanya awalan percakapan tentang produk kamu di media sosial Twitter.
  • Conversions artinya adanya tindakan promosi tweet ke pengguna lainnya yang memiliki potensi untuk beralih ke website kamu.
  • Gain Followers artinya mempromosikan akun kamu dan membayar biaya berdasarkan follower yang didapat nantinya. 
  • Increase Brand Awareness artinya adanya tindakan promosi tweet kepada audiens dan dengan jangkauan yang luas. Biaya yang kamu bayarkan berdasarkan kesan setiap audiens yang kamu dapat. 
  • Video Views artinya tindakan promosi video kamu kepada audiens dan biaya yang kamu bayarkan yaitu setiap video tersebut. 
  • App Install artinya tindakan promosi tweet dan kamu membayar biaya jika ada yang membuka link atau menginstal aplikasi. 

Baca Juga: Cara Beriklan di Facebook dengan Mudah

3. Email Marketing 

email marketing

Iklan jenis email marketing ini mungkin kebanyakan orang jarang mendengarnya. Biasanya email sebagai media komunikasi personal seseorang atau sebuah perusahaan. Tapi email bagi pebisnis digunakan sebagai media marketing yang nantinya mengirimkan pesan komersial seperti newsletter dan promosi produk. 

Beberapa perusahaan menggunakan email marketing ini karena adanya tingkat keefektifan yang lebih tinggi daripada media sosial. Kemudian hal tersebut berdasarkan penelitian oleh McKinsey and Company yang menilai keefektifannya sebesar 40 kali. Biaya email marketing juga bisa terbilang murah. 

4. Remarketing 

iklan remarketing

Selanjutnya yaitu jenis iklan online remarketing. Pihak Google tidak hanya memberikan layanan paid search tapi juga terdapat layanan remarketing. Nantinya Google Ads remarketing akan tampil bagi orang – orang yang sudah mengunjungi website dan aplikasi kamu. Lalu seperti apa iklan itu akan muncul nantinya?.

Saat kamu mengunjungi website apapun atau e-commerce, kemudian menutupnya dan membuka situs lain maka akan muncul iklan dari website sebelumnya. Iklan itu akan muncul meskipun kamu membeli produknya atau tidak. Adanya iklan online bertujuan untuk membuat pengunjung situs mempertahankan keinginan belinya.

5. Video Marketing

video marketing

Untuk satu ini yaitu video marketing sangat bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk. Banyak perusahaan kecil atau besar menggunakan jenis iklan tersebut karena lebih efektif. Para pengusaha memang harus kreatif untuk memasarkan produknya semenarik mungkin yaitu dengan menggabungkan gambar dan audio. 

Menggunakan video untuk tujuan marketing dapat memberikan kemudahan bagi konsumen baru untuk lebih mudah memahami produk. Video marketing juga terbagi dalam beberapa bagian seperti :

  • Demo artinya akan menampilkan bagaimana produk kamu bisa bekerja dan berguna. Kemudian juga memperlihatkan keunggulan dari produk tersebut.
  • Event artinya akan menampilkan sebuah rekaman pada perusahaan yang akan mengadakan sebuah acara. Acara tersebut seperti seminar, kegiatan sosial, dan lainnya. 
  • Edukasi artinya akan memperlihatkan tentang pengetahuan yang mendasar bagi para konsumen baru saat memahami sebuah produk. 
  • Branding artinya akan menampilkan bagaimana para konsumen bisa menilai produk yang akan mereka gunakan nantinya. 
  • Testimoni artinya memperlihatkan bagaimana hasil setelah para konsumen menggunakan produk tersebut apakah dapat memenuhi kebutuhannya. 

Gunakan Iklan Online untuk Mempromosikan Bisnismu!

Ada banyak sekali cara yang dapat kamu gunakan untuk memasarkan produk. Perkembangan dunia digital juga berperan sangat besar untuk memudahkan aktivitas promosi tersebut. Sebagai pebisnis yang baik, kamu perlu tahu apa itu iklan online dan manfaatnya untuk mempromosikan bisnismu.

Berbagai jenis iklan online dapat kamu gunakan dan berkreativitas untuk menarik konsumen baru dan akan merasakan manfaatnya. 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!