HomeMarketingApa Itu Keyword? Pengertian, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Apa Itu Keyword? Pengertian, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Bagi kamu yang sudah mengetahui terlebih menjalankan digital marketing, pastinya sudah tidak asing lagi dengan keyword. Apa itu keyword? Keyword atau kata kunci merupakan salah satu hal dasar dan paling penting dalam dunia digital marketing.

Sementara bagi kamu yang belum pernah mengetahui atau menjalankan digital marketing mungkin keyword ini masih terdengar asing untuk kamu. Namun pastinya secara tidak langsung dan tanpa sadar, kamu sendiri sudah sering menggunakan keyword ini.

Untuk lebih mengenal tentang keyword ini, mari kita bahas bersama mengenai keyword atau kata kunci ini. Mulai dari pengertian apa itu keyword, jenis-jenis keyword, contohnya dan juga fungsi dari keyword ini bersama-sama.

Apa Itu Keyword?

Kita akan memulai membahas keyword dimulai dari pengertian apa itu keyword. Keyword atau kata kunci adalah suatu kata atau kalimat yang kamu atau orang lainnya gunakan untuk mencari sesuatu baik di mesin pencari seperti Google, atau media sosial seperti instagram, facebook, youtube dan lain sebagainya.

Dalam dunia digital marketing kamu akan mengenal beberapa cara dalam melakukan pemasaran secara digital, seperti SEO atau Search Engine Optimization, Google Ads, Social Media Ads, dan ada juga cara-cara lainnya.

Kata kunci memiliki peran yang sangat penting terutama dalam SEO dan juga Google Ads. Karena salah satu tujuan utama dari pemasaran digital dengan menggunakan SEO adalah memenangkan suatu kata kunci sehingga berada posisi teratas ketika seseorang mencari sesuatu di mesin pencarian Google.

Sementara dalam cara pemasaran Google Ads, kata kunci memiliki peran agar bisnis kamu dapat dipasarkan sesuai dengan target yang tepat dan efisien. Pemilihan kata kunci dalam Google Ads juga sangatlah penting, karena apabila kamu salah dalam menentukan kata kunci maka kamu hanya akan membuang-buang biaya untuk strategi pemasaran yang tidak tepat.

Baik dengan cara pemasaran digital SEO atau Google Ads, pemilihan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan target kamu merupakan langkah awal yang sangat penting dan harus kamu perhatikan. Jika kamu kurang tepat dalam memilih kata kunci ini, maka semua hal kedepannya yang kamu lakukan akan menjadi kurang maksimal.

Baca Juga: Cara Memasang Google Analytics di WordPress dengan Mudah

Fungsi Keyword

Setelah mengetahui apa itu keyword, hal penting lainnya yang harus kamu ketahui adalah fungsi dari keyword tersebut, mulai dari fungsi keyword untuk pengguna internet yaitu di mesin pencari seperti Google, fungsi keyword untuk Google itu sendiri, sampai dengan fungsi keyword untuk bisnis kamu

1. Fungsi keyword untuk Pengguna Internet

Bagi pengguna internet, keyword atau kata kunci ini memiliki fungsi agar mereka mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang mereka ingin cari tahu. Dengan mencari suatu informasi dengan menggunakan kata kunci yang sesuai, pengguna internet juga bisa mendapatkan informasi lainnya yang serupa dan masih sesuai apa yang mereka ingin cari tahu.

Hal ini dapat terjadi karena adanya fitur Google Suggestion. Contohnya adalah ketika kamu mencari informasi mengenai harga saham, ketika kamu mendapatkan informasi harga saham, dan akan mencari informasi lainnya. 

Maka ketika kamu ingin mencari kata kunci lainnya, Google akan secara otomatis memberikan saran kata kunci lainnya yang serupa seperti harga saham Pertamina, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Keyword untuk Google

Apa itu keyword untuk Google? Keyword bagi Google adalah suatu hal yang sangat penting. Karena dengan mengetahui keyword atau kata kunci yang sebuah halaman website ingin berikan, maka hal ini akan membantu Google memberikan informasi sesuai dengan apa yang orang-orang cari.

Karena hal ini jugalah, sangat penting bagi kamu untuk membuat Google dapat dengan mudah membaca kata kunci apa yang kamu gunakan pada halaman-halaman di website kamu. 

Dengan semakin mudahnya Google membaca hal ini, dan semakin berkualitas isi dari halaman website kamu, maka akan semakin mendapat kepercayaan dari Google untuk menempati posisi teratas hasil pencarian.

3. Fungsi Keyword untuk Bisnis

Berikut adalah fungsi keyword untuk bisnis. Bagi kamu yang ingin menjalankan atau sudah menjalankan digital marketing untuk bisnis kamu, maka keyword ini sangatlah penting untuk bisnis kamu.

Hal ini karena dengan menggunakan dan memenangkan kata kunci yang tepat, maka bisnis kamu juga akan semakin berkembang tentunya. Katakanlah kamu mempunyai bisnis alat kesehatan, maka sangat penting kamu untuk mendapatkan posisi teratas dengan menggunakan kata kunci alat kesehatan.

Kamu juga tidak perlu terlalu fokus pada satu kata kunci saja, cobalah memenangkan kata kunci lainnya yang relevan untuk bisnis kamu. Seperti misalkan pada contoh di atas, kamu juga bisa memenangkan kata kunci lainnya seperti kenapa alat kesehatan penting, jenis-jenis alat kesehatan, dan lain sebagainya.

Dengan semakin banyaknya kata kunci yang kamu menangkan, maka akan semakin banyak orang yang berkunjung ke website kamu dan akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis kamu, hingga pada akhirnya bisnis kamu juga akan semakin berkembang.

Jenis-jenis Keyword

Setelah mengetahui apa itu keyword atau kata kunci dan juga fungsi, hal penting berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah beberapa jenis kata kunci. Dengan mengetahui jenis-jenis kata kunci ini, maka kamu juga dapat menentukan kata kunci seperti apa yang tepat untuk bisnis kamu.

Berikut ini adalah beberapa jenis kata kunci yang perlu kamu ketahui dan kamu sesuaikan dengan bisnis kamu. Jenis-jenis kata kunci berikut ini adalah berdasarkan dari jumlah kata dalam kata kunci tersebut dan juga intensitas pencarian kata kunci tersebut.

1. Short-tail

Jenis kata kunci yang pertama adalah short-tail keyword. Jenis kata kunci ini adalah kata kunci yang hanya menggunakan satu, dua, atau maksimal tiga  kata saja. Kata kunci ini biasanya adalah kata kunci utama yang paling sesuai dengan suatu bisnis.

Kata kunci jenis ini juga memiliki kelebihan yaitu tingkat intensitas pencariannya cukup tinggi, namun memiliki kekurangan yaitu tinggi kompetisi untuk mencapai posisi teratas dari hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci ini.

Untuk kamu yang baru memiliki website, sebaiknya jangan terlalu fokus pada kata kunci dengan jenis ini, karena membutuhkan waktu yang cukup lebih lama untuk bisa mencapai posisi teratas dari hasil pencarian jenis kata kunci ini.

2. Long-tail 

Jenis kata kunci yang selanjutnya adalah long-tail keyword (LSI keyword). Kata kunci dengan jenis adalah kata kunci yang menggunakan mulai dari tiga kata, empat kata, dan seterusnya. Jenis ini umumnya cocok untuk membuat konten artikel informatif yang sesuai dengan bisnis kamu.

Kata kunci jenis ini memiliki kelebihan yaitu dari tingkat kompetisi yang lebih rendah jika membandingkannya dengan jenis sebelumnya, namun memiliki kekurangan yaitu intensitas pencariannya yang lebih sedikit jika membandingkannya dengan jenis sebelumnya.

Long-tail ini sangat cocok untuk kamu yang baru memiliki website bisnis. Karena tingkat persaingan atau kompetisi dari kata kunci ini lebih rendah jika membandingkannya dengan short-tail keyword.

3. Trending Keyword

Jenis kata kunci yang berikutnya adalah jenis kata kunci berdasarkan intensitas pencarian kata kunci tersebut, dan yang pertama adalah trending keyword. Sesuai dengan namanya, trending keyword adalah kata kunci yang sedang banyak dicari oleh pengguna internet pada saat itu.

Trending keyword ini bersifat sementara, dan intensitas pencarian kata kunci ini akan tinggi hanya pada saat-saat tertentu saja serta tidak akan bertahan lama. Untuk mengetahui trending keyword, kamu juga bisa menggunakan tools gratis dari Google yaitu Google Trend.

Jenis kata kunci seperti ini adalah kata kunci yang umumnya sering menjadi target utama website berita atau media untuk memberikan informasi terbaru mengenai suatu hal terbaru yang banyak dicari orang-orang. Untuk memenangkan kata kunci ini, sangat penting juga untuk memperhatikan seberapa cepat Google membaca sebuah halaman website dan kata kunci yang ada dalam halaman tersebut.

4. Evergreen 

Jenis kata kunci yang terakhir adalah evergreen keyword. Kata kunci dengan jenis ini adalah kata kunci yang akan terus digunakan oleh seseorang untuk mencari suatu hal di internet.

Berbeda dengan jenis sebelumnya, evergreen keyword ini bersifat lama atau tidak sementara. Tingkat pencariannya memang bisa saja berubah seiring dengan berjalannya waktu, namun sifatnya fluktuatif atau bisa bertambah dan berkurang, namun tidak akan hilang serta akan tetap dicari oleh banyak orang.

Kata kunci dengan jenis ini sangat cocok untuk kamu yang baru memiliki website bisnis, karena kata kunci dengan jenis ini akan terus dicari oleh banyak orang dan akan bisa terus memberikan kamu kesempatan untuk meningkatkan bisnis kamu.

Contoh-contoh Keyword

Setelah mengetahui beberapa jenis kata kunci, berikut ini adalah beberapa contoh kata kunci yang sesuai dengan suatu bisnis. Contoh kata kunci ini bisa kamu gunakan jika memang sesuai dengan bisnis kamu.

Untuk bisnis properti jual beli rumah, maka kamu dapat menggunakan kata kunci berikut ini sesuai dengan jenis-jenis kata kunci diatas.

  1. Short-tail: Rumah murah
  2. Long-tail: Tips memilih rumah impian
  3. Trending keyword: Rumah kawasan Pondok Indah (menyesuaikan dengan sebuah kawasan yang sedang banyak dicari oleh orang-orang)
  4. Evergreen: Cara membuat taman depan rumah

Contoh kata kunci yang lainnya adalah kata kunci yang cocok untuk sebuah bisnis makanan hewan peliharaan, berikut ini adalah contoh-contohnya

  1. Short-tail: Jual makanan kucing
  2. Long-tail: Jenis makanan kucing
  3. Trending keyword: Kucing persia (sesuaikan dengan kucing yang sedang trending)
  4. Evergreen: Perbedaan kucing anggora dan persia

Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan bisnis kamu. Gunakanlah kata kunci yang tepat dan sesuai dengan bisnis kamu agar bisnis kamu dapat berkembang.

Sudah Paham Tentang Keyword?

Itulah beberapa informasi mengenai keyword atau kata kunci yang perlu kamu ketahui. Informasi tersebut mulai dari apa itu keyword, fungsi-fungsinya, jenis-jenisnya, dan juga beberapa contohnya yang mungkin sesuai dengan bisnis kamu.

Selain informasi tersebut, ada juga beberapa tips yang akan berguna untuk kamu dalam memilih kata kunci. Beberapa tips tersebut adalah seperti membuat daftar berbagai macam hal yang sesuai dengan bisnis kamu. Dengan hal ini kamu lebih mudah dalam mencari dan menentukan kata kunci untuk bisnis kamu.

Kamu juga dapat menyesuaikan kata kunci dengan website kamu. Untuk website bisnis baru, maka kamu dapat memilih kata kunci dengan jenis long-tail dan juga evergreen. Kedua jenis kata kunci ini cocok untuk sebuah website baru.

Saat website kamu sudah mulai berkembang maka kamu dapat memilih kata kunci jenis short-tail. Dan apabila kamu kehabisan ide soal kata kunci untuk website bisnis kamu, maka kamu dapat memperhatikan kompetitor kamu. Lihatlah kata kunci apa saja yang mereka gunakan.

Itulah informasi lengkap tentang kata kunci yang dapat membantu kamu mengembangkan bisnis. Selamat mencoba dan semoga bisnismu akan terus berkembang!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips terkait SEO dan marketing hanya di entrepreneurcamp.id.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...