HomeIde BisnisBisnis Online Tanpa Modal Wajib Dicoba, Pasti Menguntungkan!

Bisnis Online Tanpa Modal Wajib Dicoba, Pasti Menguntungkan!

Bukan hal yang mustahil bagi kamu melakukan bisnis online tanpa modal di era serba digital. Banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan skill yang kamu miliki. Apalagi, sekarang banyak sekali pekerjaan online yang bisa dilakukan dirumah.


Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Simak artikel berikut untuk menemukan cara bisnis online tanpa modal yang bisa kamu coba!

1. Dropshipper

Bisnis pertama yang bisa kamu coba adalah menjadi dropshipper. Dropshipper adalah pelaku dari usaha dropship. Melansir dari Shopify, usaha dropship atau dropshipping adalah metode berjualan tanpa harus stok barang jualan, melainkan penjual akan mengirimkan pesanan langsung kepada pembeli dari pihak ketiga atau pemasok barang (supplier).

Berbeda dengan reseller yang harus stok barang terlebih dahulu, dropshipper hanya mengirimkan barang dari pihak ketiga seperti tempat grosir kepada pembeli. Dropshipper tidak memerlukan modal awal, namun harus selektif dalam memilih supplier untuk bekerja sama.

Bila kamu ingin menjadi dropshipper, kamu hanya perlu memasarkan produk melalui saluran pemasaran seperti sosial media, marketplace, hingga website. Profit dropshipper berasal dari selisih harga yang dibayar pembeli dan harga bersih dari supplier. Sistemnya sendiri pembeli akan memesan barang melalui dropshipper, kemudian dropshipper akan membayarkan uang tersebut pada supplier dan mereka akan mengirim barang pada pembeli.

2. Jasa Titip atau Jastip

Cara bisnis online lainnya tanpa modal adalah membuka jasa titip atau biasa disebut dengan istilah jastip. Secara singkat, jasa titip adalah menawarkan jasa untuk pelanggan yang ingin menitipkan belanjaan. Jadi, kamu akan membelikan barang orang dan mendapatkan keuntungan dari upah jastip tersebut.

Biasanya, jastip kerap dilakukan ketika kamu bepergian keluar kota maupun keluar negeri ataupun ketika kamu melakukan pembelian barang secara shipping dari luar negeri. Selain menikmati waktumu di luar kota kamu juga bisa sekaligus mendapatkan uang dengan membuka jastip. Meskipun demikian, jastip tidak hanya terbatas pada dua alasan di atas.

Media promosi yang kerap digunakan untuk jastip sendiri adalah media sosial. Pasti kamu pernah melihat sebuah akun Instagram yang berisi foto-foto barang dari luar negeri. Nah, biasanya para pelaku jastip kerap membuat katalog sekaligus mempromosikannya di Instagram. Untuk hasil yang maksimal, coba baca dan ikuti tips melakukan jastip.

3. Social Media Influencer

Media sosial memberikan beragam manfaat mulai dari kepentingan pribadi hingga keperluan pemasaran. Tak heran bila saat ini, media sosial juga menjadi salah satu media yang bisa membantumu menghasilkan uang. Salah satunya adalah menjadi seorang influencer.

Istilah influencer sendiri merujuk pada seseorang yang memiliki jumlah pengikut di media sosial dengan jumlah yang banyak sehingga orang tersebut memiliki pengaruh bagi pengikutnya. Jenis-jenisnya pun cukup beragam seperti nano, mikro, hingga makro influencer. Setiap jenisnya memiliki keunikannya masing-masing.

Ketika kamu memiliki akun media sosial dengan jumlah pengikut yang cukup banyak, maka akunmu akan memiliki pengaruh pada pengikut. Dengan begitu akunmu akan dilirik oleh mereka yang membutuhkan jasamu memasarkan produk yang biasa disebut endorse atau paid promote. Kamu akan mendapatkan keuntungan melalui jasa tersebut.

4. YouTuber

Cara bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi seorang YouTuber. Sebagai sebuah platform untuk berbagi video, YouTube dapat kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang. Hal penting yang kamu perlukan sebagai seorang YouTuber adalah kreativitas dalam membuat video.

Video yang terdapat di YouTube cukup beragam mulai dari animasi, tutorial, hingga sebuah video blog atau vlog. Tentunya, bila kamu melakukannya secara mandiri, kamu harus memiliki skill dalam mengedit video. Selain itu, kamu juga harus konsisten dalam membuat video agar akunmu terus berkembang dan memiliki banyak penonton.

Profit yang kamu dapatkan sebagai seorang YouTuber berasal dari iklan atau AdSense. Daftarkan akun YouTube-mu untuk dimonetisasi. Pastikan semua video yang kamu unggah tidak melanggar hak cipta atau ketentuan dari YouTube agar videomu dapat dimonetisasi. 

5. Blogger

Bila kamu lebih menyukai membuat tulisan daripada video, kamu bisa menjadi seorang blogger. Kamu bisa memberikan informasi seputar hal yang kamu sukai untuk kamu bahas. Misalnya tentang berkebun, memasak, hingga blog seputar gaming. Kamu bisa membuat blog melalui penyedia website secara gratis seperti Blogger, WordPress, Weebly, dan lain sebagainya. 

Hal utama yang kamu perlukan selain menulis adalah konsistensi. Dengan banyak informasi yang kamu sampaikan, maka blog-mu akan lebih hidup dan dapat kamu daftarkan dalam Google AdSense. Seperti halnya AdSense pada YouTube, profit yang kamu hasilkan dengan membuat tulisan berasal dari iklan yang muncul di blog milikmu.

6. Podcaster

Menurut Gramedia, podcast adalah jenis konten berbasis siaran audio yang cukup fleksibel untuk diakses daripada siaran radio pada umumnya. Kalo kamu lebih suka membuat konten yang berisi obrolan santai atau dalam bentuk audio, podcast adalah pilihan terbaik untuk kamu.

Ada banyak platform yang menyediakan layanan untuk membuat dan mendistribusikan konten podcast misalnya Apple Podcasts, Anchor, dan Noice. Sebagai salah satu cara bisnis online tanpa modal, profit yang kamu dapatkan dari podcast memiliki sistem yang cukup sama dengan blogger maupun YouTuber, yakni melalui iklan. 

Meskipun demikian, semua jenis konten baik tulisan, video, atau audio tidak hanya terbatas mendapatkan uang melalui iklan. Bisa juga mendapatkan keuntungan dengan menjual produk melalui konten maupun afiliasi .

7. Game Streamer

Menyajikan konten video yang disiarkan secara langsung atau live juga dapat membantu kamu menghasilkan uang. Kegiatan tersebut lebih dikenal dengan istilah streamer. Saat ini, jenis streaming yang cukup banyak penggemarnya adalah jenis gaming. Platform streaming yang cukup populer adalah Twitch, YouTube, dan Facebook.

Usahakan kamu mengikuti tren soal permainan yang cukup memiliki banyak peminat. Menjadi seorang game streamer, hal yang kamu perlu kuasai tentu adalah memainkan game tersebut. Tak lupa juga sambil memberikan informasi tentang game yang kamu mainkan. Dengan menekuni profesi ini, kamu dapat meraup keuntungan afiliasi hingga sponsor.

8. Penulis Lepas

Cara bisnis online tanpa modal lainnya adalah menjual jasa menulis atau penulis lepas. Mengingat banyak bisnis yang sudah beralih ke digital, tentu mereka memerlukan sebuah tulisan yang dapat menjual produk atau untuk mempromosikan produk mereka. Biasanya mereka akan membutuhkan seorang penulis untuk membuat tulisan tersebut.

Tak heran bila kini jasa penulis lepas atau kerap disebut freelance content writer atau copywriter cukup banyak dicari oleh banyak perusahaan. Selain itu, penulis lepas juga kerap dibutuhkan untuk membuat artikel yang mengisi blog atau website. Mereka akan mendapatkan uang dari upah hasil menulisnya tersebut.

9. Penerjemah

Khusus untuk kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, kamu bisa menyediakan jasa penerjemah untuk menghasilkan uang secara online. Biasanya perusahaan asing banyak yang membutuhkan jasa penerjemah untuk memperluas bisnisnya di luar negeri. Contohnya perusahaan asing yang ingin memperluas pasarnya di Indonesia.

Jasa penerjemah tersebut juga cukup beragam, bisa mulai dari menerjemahkan dokumen, keterangan produk, konten promosi, hingga subtitle. Selain itu, kamu juga bisa meraup keuntungan sebagai interpreter, yakni penerjemah atau juru bahasa secara langsung. 

10. Jasa Tutor Online

Masih membahas cara berbisnis online tanpa modal, yakni menyediakan jasa tutor online. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun, melainkan kamu hanya butuh skill dalam pengetahun dan juga mengajar yang mumpuni. Bahkan kini sudah tersedia banyak sekali platform yang mendukung bisnis tutor online seperti Super Proof.

Dalam pelaksanaannya kamu bisa menggunakan beragam platform panggilan konferensi seperti Google Meet, Zoom, dan Microsoft Teams. Untuk manajemen kelas, kamu bisa memanfaatkan Google Classroom atau Google Drive. Keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari upah mengajar.

11. Jasa Membuat Website

Bila kamu memiliki keahlian dalam membuat sebuah website, manfaatkan keahlianmu tersebut untuk mendapatkan uang. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan banyak tenaga ahli untuk membuat website mereka. Kamu bisa mencari proyek pembuatan website melalui platform penyedia layanan jasa seperti projects.co.id.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari para calon konsumen, sebaiknya kamu membuat portfolio terlebih dahulu. Tak lupa untuk kamu promosikan melalui media sosial untuk dapat menarik perhatian calon konsumen dengan selfbranding yang cukup kuat. Kamu juga biasa sekaligus menjadi reseller hosting untuk mendapatkan keuntungan tambahan saat menawarkan jasa pembuatan website.

12. Jasa Voice Over

Apa itu voice over? Voice over atau suara latar adalah sebuah teknik produksi perekaman suara untuk penggunaan di luar layar. Biasanya, voice over sering digunakan dalam media audiovisual seperti ebook atau dokumenter. 

Tak terbatas pada audiovisual, konten video seperti suara kartun pun kerap menggunakan voice over. Orang yang melakukan voice over dikenal sebagai VA (voice over artist) atau dubber.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebagai voice over artist atau dubber, kamu harus memiliki skill yang cukup mumpuni dalam berbicara. Kamu harus fasih dalam membaca naskah dan menyampaikan pesan yang terkandung dengan nada suara menyesuaikan kebutuhan. Kamu akan mendapatkan uang dari upah jasa sebagai pengisi suara.

13. Jasa SEO

Saat ini SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara agar website mendapatkan peringkat terbaik dalam mesin pencari. Sebab itu, jasa SEO cukup sering dicari saat ini karena banyak bisnis yang beralih secara digital. 

Dengan meningkatnya peringkat website mereka di mesin pencari makan akan menarik banyak pengunjung yang berpotensi meningkatkan penjualan produk.

Jasa SEO saat ini memiliki prospek bisnis online tanpa modal yang masih belum banyak ahlinya. Dengan begitu, jasa SEO memiliki potensi dalam menghasilkan uang cukup banyak. Pastikan untuk memiliki portfolio terlebih dahulu yang dapat menampilkan kemampuanmu.

14. Jasa Fotografi

Menyediakan jasa fotografi akan membantumu dalam mendapatkan uang tanpa modal yang cukup banyak. Keahlian fotografi cukup sering dicari saat ini untuk promosi produk. Alasannya karena visual kerap menjadi salah satu elemen yang menarik konsumen, terutama produk makanan dan minuman.

Selain untuk kebutuhan pemasaran, jasa fotografi juga biasa dibutuhkan untuk mengabadikan momen atau acara penting. Untuk mendapatkan proyek tersebut, kamu bisa mengikuti vendor fotografi atau membuat branding sendiri melalui media sosial.

15. Desain Grafis

Aspek visual memang cukup penting dalam dunia bisnis atau pemasaran. Bila kamu mahir dalam membuat desain grafis seperti membuat logo, kemasan produk, hingga kemasan produk, kamu bisa menjadikan desainer grafis sebagai prospek bisnis online yang cukup menjanjikan.

Banyak platform bagi para freelancer untuk desain grafis seperti Sribu.com untuk mengambil proyek desain grafis. Selain itu, kamu juga harus memiliki portfolio terlebih dahulu untuk menyakinkan calon klein akan kemampuan desainmu. Profit yang kamu dapatkan berasal dari upah jasa pembuatan karya desain.

Siap Melakukan Bisnis Online Tanpa Modal Sekarang Juga?

Itu dia 15 contoh cara bisnis online tanpa modal yang dapat kamu coba. Mayoritas semua bisnis tersebut sangat bergantung pada skill atau kemampuan yang kamu miliki. Sebab, hal yang kamu jual berupa jasa maka kamu harus meningkatkan skill-mu untuk hasil yang terbaik. Selamat mencoba!


Temukan berbagai inspirasi tips ide bisnis dan memulai bisnis lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Fenomena Ghozali yang menjual foto selfienya dengan harga fantastis melalui platform marketplace OpenSea membuat gempar publik di Indonesia. Sehingga, banyak orang ingin mengetahui cara...

Apa Itu NFT (Non Fungible Token) Beserta Cara Kerjanya?

Dalam beberapa waktu terdekat ini ada salah satu pembahasan yang cukup sering orang bicarakan. Pembahasan tersebut adalah mengenai Non Fungible Token atau NFT. Bagi...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!