HomeMemulai BisnisJenis Jenis Badan Usaha di Indonesia, Wajib Tahu!

Jenis Jenis Badan Usaha di Indonesia, Wajib Tahu!

Jenis Jenis Badan Usaha di Indonesia – Sudah bukan rahasia lagi jika memahami tentang jenis-jenis badan usaha sangat penting sebagai bekal bagi pelaku usaha. Alasannya, memperkaya pengetahuan mengenai perusahaan baik dari segi hukum maupun strategi dan pemasaran sangatlah penting untuk mempermudah langkah para pelaku usaha kedepannya. Faktanya, legalitas dari badan usaha itu penting untuk bisnis yang sedang dijalankan. Dengan adanya payung hukum, makan usaha pun akan lebih diakui dan mempunyai batasan yang sah dalam masyarakat.

Lalu, sebenarnya apa badan usaha itu? Singkatnya, dilansir dari Wikipedia badan usaha merupakan kesatuan hukum, teknis dan ekonomi yang bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan. Definisi ini memang cukup menggambarkan latar belakang dan tujuan perusahaan, namun ternyata merupakan dua hal yang berbeda. Mudahnya, badan usaha merupakan sebuah lembaga di mana perusahaan bernaung untuk mengelola produknya. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa ragam yang bisa dikategorikan sebagai badan usaha. Agar lebih mengenal lagi soal jenis-jenis badan usaha di Indonesia, kami akan mengulasnya lewat pembahasan di bawah ini. Simak bersama, ya!


Jenis Jenis Badan Usaha di Indonesia

Koperasi

Koperasi adalah satah satu dari jenis-jenis badan usaha di Indonesia yang paling mudah ditemui. Dengan beroperasi secara kekeluargaan, koperasi mengedepankan kepentingan bersama. Secara hukum koperasi pun memiliki misi untuk menyejahterakan anggotanya. Itu sebabnya koperasi dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian baik anggotanya maupun masyarakat sekitar. Koperasi sendiri menjunjung ekonomi kerakyatan, di mana tercatat pada UU no. 25 tahun 1922 yakni koperasi bersifat terbuka, demokratis dan mandiri. Biasanya koperasi dijalankan oleh suatu organisasi atau lembaga yang anggotanya memiliki kekuasaan tertinggi karena merupakan asas demokrasi.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Sesuai dengan namanya, BUMN merupakan badan usaha yang dimiliki oleh negara di mana semua modal dimiliki oleh pemerintah. Selain itu, BUMN memiliki tiga cabang, yaitu:

  • Perusahaan Jawatan (Perjan) yang memiliki fokus untuk menyejahterakan masyarakat.
  • Perusahaan Perseroan (Persero) yang sahamnya minimum 51% adalah milik negara.
  • Perusahaan Umum (Perum) yang dimiliki oleh negara dan memiliki tujuan untuk umum baik dalam bentuk jasa maupun barang.

Hingga saat ini sudah tidak ada lagi BUMN dalam bentuk Perjan karena terus mengalami kerugian dan telah dialihkan baik ke Persero maupun Perum.

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

BUMS merupakan salah satu dari jenis-jenis badan usaha di Indonesia yang dimiliki oleh swasta. Kepemilikan modal usaha ini sendiri dibedakan lagi menjadi dua, yaitu dalam negeri dan juga asing. Selain itu, BUMS juga dibedakan menjadi dua bentuk yaitu:

  • Commainditaire Vennootschap (CV), BUMS dalam bentuk kemitraan yang dimiliki lebih dari dua orang dengan tanggung jawab terbatas dan tidak terbatas. Keduanya dibagi menjadi sekutu aktif (komplementer) yang dapat berperan untuk mengelola perusahaan, membuat kesepakatan untuk bekerjasama juga permodalan dan sekutu pasif (komanditer) yang hanya menanamkan modal.
  • Perusahaan Perseorangan (PO), di mana pemiliknya individu dengan modal kecil dan sumber daya terbatas.
  • Firma, dimiliki oleh lebih dari dua orang dengan tanggung jawab penuh dan keuntungan yang dibagi sama rata sesuai akta pendirian.
  • Perseroran Terbatas (PT), jenis BUMS yang dimiliki oleh seseorang dengan jumlah modal tertentu. Biasanya keuntungan dari saham sebuah PT dapat diperdagangkan dengan mudah.

 Itu dia jenis-jenis badan usaha di Indonesia yang umum untuk ditemui. Apakah sekarang kamu sudah cukup mengenalnya? Jika kamu menjadi tertarik untuk segera memulai usaha pertamamu namun belum memiliki modal, KoinWorks dapat menjadi solusimu.

Kamu dapat mengakses permodalan untuk usaha di KoinWorks, yaitu melalui KoinBisnis. Di sini kamu bisa melakukan pinjaman modal usaha dengan limit hingga Rp 2 miliar dan bunga cicilan rendah, yaitu 0.75% hingga 1.67% per bulan. Caranya juga mudah, kamu tidak perlu datang ke bank untuk bergabung.

Cukup download aplikasi KoinWorks ke dalam smartphone-mu kemudian daftarkan bisnismu, maka kamu akan terintegrasi secara otomatis.

Jadi, sudah siap untuk memulainya?



Temukan berbagai inspirasi tips memulai bisnis hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...