HomeMemulai BisnisTiktok Shop: Cara Membuat dan Berbelanja dengan mudah

Tiktok Shop: Cara Membuat dan Berbelanja dengan mudah

Apa itu Tiktok Shop? – Sebagai salah satu media sosial yang tengah naik daon, TikTok begitu familiar dengan konten video pendeknya. Tren ini bahkan ikut mempengaruhi media sosial lain yang juga mempopulerkan konten video pendek sebagai salah satu fitur andalannya. Tapi, jika dilihat dari sisi lain TikTok pun memiliki andil yang cukup besar dalam dunia bisnis. Sebut saja TikTok Shop, sebuah fitur yang baru saja hadir pada April 2021 lalu.


Apa itu Tiktok Shop?

Singkatnya, sebagai platform yang mempopulerkan konten video pendek ini TikTok juga memfasilitasi penggunanya untuk berjualan secara online. Melalui TikTok shop, berbagai macam usaha pun bisa ikut serta memasarkan produk di dalam platform ini.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Jika kamu baru saja ingin memulai TikTok Shop, di bawah ini kami berikan langkah mudah untuk menggunakannya. Yuk, kita simak caranya!


Cara Membuat TikTok Shop dan Menjadi Penjual

Setelah mengetahui apa itu TikTok Shop, pastinya tidak sedikit yang tertarik untuk mencobanya. Khususnya bagi mereka yang menjadi pelaku usaha, sayang rasanya tidak mengambil kesempatan di dalam tren ini. Untuk menjadi penjual di TikTok Shop, berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba:

  1. Pastikan kamu mendaftar ke akun TikTok terlebih dahulu. Kamu bisa mengunjungi TikTok Shop Seller Center dan melakukan Sign Up.
  2. Isi beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti nomor ponsel atau email. Jika sudah memiliki akun TikTok, kamu juga bisa langsung Sign Up menggunakan akunmu yang sudah ada.
  3. Setelah berhasil masuk, kamu perlu mengisi formulir pendaftaran untuk TikTok Shop. Pada tahap ini kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi seputar kepemilikan toko, meliputi nama toko alamat toko, jenis bisnis, keterangan produk.
  4. Lengkapi  juga keterangan registrasi bisnis yang nantinya akan mengarahkanmu pada proses verifikasi.
  5. Setelah itu, kamu akan melalui proses verifikasi yang nantinya akan dikonfirmasi oleh pihak TikTok.

Baca juga: Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis Online


Cara Berbelanja Di TikTok Shop dengan Mudah

Jika sebelumnya kami memberikan langkah untuk menjadi penjual di TikTok Shop, ini saatnya bagi kamu yang shopaholic untuk ikut meramaikan dengan belanja! Apalagi jika sudah bosan scrolling FYP, mungkin window shopping bisa menyegarkan sejenak.

Berbelanja di TikTok Shop tidak sulit, bahkan cukup mudah. Terlebih bagi kamu yang sudah familiar dengan belanja online. Namun, jika penasaran bagaimana cara berbelanja di TikTok Shop, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi TikTok yang ada di smartphone-mu.
  2. Buka halaman akun TikTok yang ingin kamu kunjungi.
  3. Untuk berbelanja, kamu bisa memilih ikon tas yang berada di bar tengah halaman akun TikTok tersebut. Ikon tersebut akan mengarahkanmu ke halaman etalase yang menampilkan beberapa produk dari TikTok Shop akun tersebut.
  4. Saatnya memilih barang yang ingin kamu beli di akun TikTok Shop Tersebut.
  5. Jika sudah, kamu bisa klik foto produk yang kamu inginkan kemudian pilih opsi Buy Now.
  6. Setelah itu kamu akan diarahkan kepada halaman Order Summary untuk menentukan Payment Method dan juga Shipping. Sebelum mengkonfirmasi, pastikan pesananmu sudah sesuai terlebih dahulu.
  7. Jika sudah yakin, kamu bisa menentukan pembayaran order yang ingin kamu buat. TikTok Shop melayani beberapa opsi pembayaran, yaitu OVO, GoPay, Dana, Bank Transfer, Credit Card, Indomaret dan Alfamart. Lakukan proses transaksi dan kemudian proses belanjamu sudah selesai.

Selain itu, para penjual di TikTok Shop juga bisa melakukan promosi pada saat melakukan Live Streaming. Di lain sisi, kita juga dapat berbelanja sambil menyaksikan proses tersebut. Jika kamu tertarik untuk berbelanja saat penjual TikTok Shop sedang melakukan Live Streaming, kamu bisa membeli produk yang sedang mereka tawarkan. Jadi, rasanya sudah seperti belanja langsung ke toko!

Baca juga: TikTok Untuk Bisnis, Apa Saja Kelebihannya?


Itulah beberapa penjelasan kami mengenai TikTok Shop. Sekarang, pasti kamu sudah lebih familiar dengan apa itu TikTok Shop. Jika kamu baru saja ingin membuka toko di TikTok Shop dan membutuhkan modal, KoinWorks adalah pilihan tepat.

Kamu bisa melakukan pinjaman modal usaha online di KoinBisnis dengan limit hingga Rp 2 miliar dan bunga cicilan rendah, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan. Dengan integrasi otomatis, kamu dapat bertransaksi cepat dan mudah. Prosesnya pun aman, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, sudah siap untuk menjalankan bisnismu?


Temukan berbagai informasi dan inspirasi dalam memulai bisnis lainnya hanya di Entrepreneurcamp.id.

Baca juga: 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Cara Belanja di Shopee dengan Lengkap!

Cara Belanja di Shopee - Siapa yang tidak kenal Shopee? Marketplace yang tengah naik daun beberapa tahun terakhir ini menghiasi dunia belanja online. Bagaimana...

Cara Menjadi Agen Sicepat, Mudah dan Tanpa Ribet!

Cara menjadi agen sicepat cukuplah mudah. Bahkan, siapa saja bisa menjadi agen Sicepat dengan syarat dan ketentuan yang sudah berlaku.  SiCepat merupakan penyedia layanan jasa...

Profesional adalah: Kompetensi, Pengertian dan cara mencapainya

Profesional adalah sebuah bekal yang seharusnya dimiliki oleh para pelaku bisnis. Bagaimana tidak? Tanpa menjadi profesional tentu saja akan sulit untuk mencapai target yang...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!