HomeMarketingDigital MarketingTips Jitu Mempromosikan Blog

Tips Jitu Mempromosikan Blog

Cara Mempromosikan Blog – Sekilas mempromosikan blog terdengar bukan tugas yang mudah. Apalagi ditengah persaingan dengan blog-blog berkualitas yang memiliki segudang pembaca diluar sana.

Rasanya blog yang baru kita buat terlihat seperti butiran debu. Padahal jika blog memiliki reputasi yang baik maka pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik pula hingga menjangkau lebih banyak orang. Termasuk saat digunakan sebagai wadah untuk berbisnis, produk-produkmu tentu akan lebih mudah untuk ditemukan oleh calon konsumen.

Baca juga: Mau Menghasilkan Uang Dari Blog? Begini Caranya

Nyatanya, jika tetap konsisten dan mau terus mencoba ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan blog. Tentu saja cara-cara ini tidak akan dengan ajaibnya membuat blog-mu terkenal secara instan, namun sangat mungkin untuk dilakukan walaupun harus melalui beberapa proses.

Jika kamu yang baru saja ingin mulai tetapi masih ragu bagaimana caranya, berikut kami rangkum beberapa trik jitu mempromosikan blog bisnismu yang bisa kamu coba.


Cara Ampuh Mempromosikan Blog

Buat Konten Yang Menarik

Pertama-tama untuk membuat blog-mu layak untuk dipromosikan, membuat konten yang menarik di dalamnya adalah sebuah langkah yang baik. Mempromosikan blog dengan konten menarik tentu akan lebih mudah, mengingat adanya audiens yang kemungkinan akan mencari konten tersebut.

Itu sebabnya kamu harus mengetahui karakter audiensmu terlebih dahulu dan apa yang mereka butuhkan. Kemudian, kamu bisa membuat konten untuk blog-mu.  Agar membuatnya semakin kredibel, jangan lupa untuk menyertai kontenmu dengan fakta dan data supaya lebih meyakinkan.

Penting juga untuk membuat konten yang lebih dekat secara emosional dengan audiens melalui solusi praktis dan relevan untuk audiensmu coba. Sebagai contoh, untuk mempromosikan blog dengan produk katering sehat, kamu bisa membuat konten mengenai rekomendasi olahraga dengan intensitas rendah agar tubuh tetap indah untuk dicoba di bulan puasa.

Baca juga: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Blog, Kamu Harus Tahu!

Promosikan Di Social Media

Memanfaatkan social media juga menjadi cara tepat yang bisa digunakan untuk mempromosikan blog. Apalagi melihat pengguna social media sekarang ini yang jumlahnya sangat banyak, tentu saja menjadikannya sebagai lahan empuk untuk melakukan promosi. Instagram, Twitter, Facebook, bahkan TikTok semuanya memiliki massanya masing-masing.

Kamu juga bisa menggunakan messenger seperti WhatsApp untuk membagikan konten blog-mu. Pastikan untuk membuat konten blog yang telah kamu post clickable agar lebih mudah untuk dibaca oleh pengikutmu di social media. Sertakan juga image yang menarik dengan resolusi baik saat memposting blog-mu di social media.

Selain itu, ini saatnya untuk menggunakan skill copywriting-mu untuk menyertakan caption menarik dan deskriptif yang juga sesuai dengan konten blog-mu.

Baca juga: Membuat Blog Gratis, Mudah dan Cepat

Gunakan E-mail Marketing

Selain mengandalkan social media, kamu juga bisa lho mempromosikan blog-mu melalui e-mail marketing. Tujuannya agar audiensmu dapat diingatkan ketika ada konten baru dengan mendapat notifikasi yang langsung dikirimkan ke e-mail mereka masing-masing. Memang caranya tidak sefamiliar membuat konten social media, tetap e-mail marketing dinilai efektif untuk melakukan promosi blog.

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan tools tertentu seperti Mailchimp agar lebih mudah. Di sini kamu juga dapat melakukan custom bagaimana bentuk e-mail marketing yang ingin disampaikan kepada audiens. Dengan melakukan e-mail marketing, kontenmu dapat lebih berpotensi lagi untuk dibaca oleh para audiens yang menerima notifikasi e-mail.

Baca juga: Membuat Newsletter untuk Email Marketing, Bagaimana Caranya?

Pelajari Teknik SEO

Satu lagi teknik digital marketing yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan blog, yaitu SEO. SEO dapat membantu mesin pencari agar lebih mudah untuk merekomendasikan kontenmu. Apalagi jika menggunakan kata kunci yang tepat, konten pada blog-mu bisa menjadi rekomendasi paling atas saat auidens melakukan pencarian.

Memang bukan proses yang instan, namun SEO yang merupakan strategi marketing organik ini dapat membuat blog-mu lebih berkualitas lagi dengan mendorong ke peringkat atas mesin pencari dan mendatangkan traffic. Pahami dulu bagaimana teknik SEO, dimulai dari membuat artikel. Selain itu kamu juga perlu mempelajari beberapa istilah-istilah penting dalam SEO. Untuk masalah teknis, kamu bisa mengajak temanmu yang mengerti hardcode untuk melakukan optimisasi.

Baca juga: Artikel SEO Friendly, Begini Cara Tepat Membuatnya!

Memang bukan proses mudah, namun jika menguasai trik-trik di atas maka kamu akan selangkah lebih maju untuk mempromosikan blog-mu. Tentu saja, nantinya produk bisnismu juga akan lebih dikenal lagi.


Jika kamu mau mengembangkan bisnismu lebih jauh lagi dari sisi finansial, KoinWorks siap untuk membantu. Melalui KoinBisnis, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga rendah, yaitu 0.75% hingga 1.67% per bulan dengan limit hingga Rp 2 miliar. Pastinya, solusi finansial ini juga aman karena telah terdaftar di OJK jadi kamu tidak perlu khawatir. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Mengelola Blog Agar Tetap Menarik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!