HomeManajemen BisnisKepemimpinanTips Menambah Relasi Bisnis Agar Lebih Sukses

Tips Menambah Relasi Bisnis Agar Lebih Sukses

Menambah Relasi Bisnis – Sejatinya, ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk membangun bisnis. Salah satunya adalah dengan membangun relasi bisnis. Membangun bisnis memang tidak semudah membalikan telapak tangan.

Tentu saja berbagai aspek perlu dijaga untuk membuat fondasi bisnis tetap kuat. Terutama jika ingin membuat bisnis berjalan stabil dan berkembang pesat. Itu mengapa relasi dalam bisnis dinilai sebagai bagian yang penting dan harus dimiliki saat menjalankan sebuah usaha.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis

Relasi bisnis dinilai sangat penting ini seharusnya bisa membantu bisnis untuk berjalan lebih mudah di kemudian hari. Apalagi jika dijaga dengan baik, tidak jarang relasi bisnis dapat membuka peluang baru untuk kemajuan yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Namun, bagaimana caranya memiliki relasi bisnis yang banyak tapi juga berkualitas? Di bawah ini kamu punya tips menambah relasi bisnis yang bisa kamu coba. Apalagi jika baru saja merintis sebuah usaha, mungkin cara ini bisa kamu adaptasikan. Yuk, simak bersama!


Tips Menambah Relasi Bisnis

Ketahui Kebutuhan Bisnismu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin menambah relasi bisnis adalah dengan mengetahui kebutuhan bisnismu. Dalam hal ini, kamu perlua melihat secara keseluruhan hal apa saja yang sudah ada pada bisnismu dan yang masih kurang.

Selain itu, kamu perlu memahami betul apakah kekurangan tersebut dapat diisi atau hal yang sudah ada dapat dikemabangkan lebih jauh lagi. Dengan begitu kamu akan tahu kira-kira relasi bisnis seperti apa yang akan kamu jalin dan bisa membawa bisnismu untuk berkembang.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Saat Pertama Kali Bertemu Kenalan Bisnis

Jaga Hubungan Relasi Bisnis Dengan Baik

Setelah itu untuk menambah relasi bisnis kamu perlu menjaga hubungan dengan relasi bisnis yang kamu dapatkan dengan baik. Sebagai contoh, kamu bisa menjaga komunikasi yang baik dengan mereka. Dalam artian, pastikan saat berdiskusi untuk tetap terlihat ramah, arif dan sopan sehingga akan tumbuh rasa kepercayaan padamu.

Selain itu, kamu juga bisa membina hubungan dengan relasi bisnismu melalui bentuk kerjasama yang berjalan dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa mengadakan pertemuan santai sesekali dengan relasi bisnismu agar hubungan semakin erat dan nyaman.

Baca juga: 4 Alasan Anda Perlu Membuat Kartu Nama Bisnis

Ciptakan Branding dan Identitas

Dalam menambah relasi bisnis, branding dan identitas juga menjadi dua hal penting. Alasannya, tanpa keduanya kamu dan perusahaanmu tidak akan lebih sulit untuk menarik perhatian para relasi diluar sana. Tentu sangat disayangkan bukan, jika melewatkan relasi yang berpeluang? Itu sebabnya kamu perlu menciptakannya branding dan identitas dengan baik, dimulai dari membuat kartu nama terlebih dahulu agar kamu dapat memberikannya dengan relasi yang baru saja kamu temui.

Selain itu, kamu juga bisa menciptakan branding dengan memperbanyak protfolio perusahaan dengan achievement atau visi misi sehingga terlihat lebih kredibel pada saat relasimu mempertimbangkan untuk bekerjasama.

Baca juga: 5 Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Relasi Bisnis

Tetap Low Profile Namun Berisi

Tidak hanya dalam menambah relasi bisnis saja, tetapi seharusnya sikap low profile dimiliki oleh semua pengusaha. Tujuannya tentu saja agar tidak cepat merasa puas dan terus berusaha agar bisnis terus berkembang lebih tinggi lagi. Tidak hanya itu, sikap low profile juga dapat menjauhkanmu dari kesan arogan yang bisa saja muncul di kalangan para relasi.

Pastikan juga kamu tetap berisi, misalnya dengan terus memperkaya pengetahuan seputar strategi bisnis dan juga bidang yang kamu jalankan. Kedua paket lengkap ini tentunya akan memberikan kesan terbaik pada dirimu sebagai seorang pengusaha. Maka, tidak menutup kemungkinan jika jalan menuju relasi bisnis yang lebih banyak akan terbuka lebih besar.

Baca juga: 10 Keuntungan Saat Memulai Bisnis di Usia Muda

Itulah beberapa tips menambah relasi bisnis yang bisa kamu coba. Pastikan juga untuk mengembangkan bisnismu dengan KoinWorks. Melalui super financial apps ini kamu dapat menikmati beragam kemudahan untuk mendukung tumbuh kembang bisnismu.


Misalnya, melalui KoinBisnis yang dapat memberikanmu akses kepada pendanaan aset, yaitu pinjaman dana usaha. Selain mudah digunakan karena cukup dengan mendaftarkan lewat aplikasi secara online, solusi finansial ini juga memiliki jumlah bunga cicilan yang rendah yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan. Yang lebih menguntungkan lagi, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman hingga Rp 2 miliar untuk meningkatkan penjualanmu. Yuk, berkembang bersama!

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!