HomeMarketingSEOCara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix – Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing. Tak hanya itu, kebutuhan akan website juga sering dipakai untuk membangun portofolio dari berbagai publikasi hasil karya.

Sayangnya banyak orang mengira bahwa membuat website adalah perkara sulit dan hanya bisa dilakukan oleh seorang profesional saja. Padahal semua kalangan kini sudah mulai bisa membuat website dengan Wix tanpa harus menguasai ilmu coding dan web development.

Baca juga: Perbedaan Website Dan Blog Yang Perlu Kamu Ketahui


Apa Itu Wix?

Wix adalah platform website builder (pembuatan situs) baru yang kini sudah semakin banyak digandrungi oleh kalangan pengguna web. Pada dasarnya, Wix merupakan basis cloud yang bisa dimanfaatkan untuk membuat situs dengan mudah. 

Wix bahkan juga mengklaim diri mereka mempunyai layanan teknologi yang sangat canggih untuk membantu seluruh pengguna dalam menciptakan website idaman yang profesional serta fungsional.

Konsep utama yang diusung oleh platform ini adalah simpel, mudah, dan ramah untuk pemula. Berkat keunggulan dan serangkaian pengembangan yang telah pihaknya upayakan, Wix berhasil memperoleh lebih dari 150 juta pengguna setelah beroperasi selama 13 tahun sejak perintisannya.

Baca juga: Cara Membuat Website Menggunakan Joomla


Fitur Apa Saja yang Ada di Wix?

Setiap platform website builder tentu memiliki layanan fitur yang beragam untuk membantu setiap pengguna dalam membangun website mereka, begitu juga dengan Wix. 

Membuat website dengan Wix terbilang seru dan mudah karena kamu akan terbantu dengan kelebihan layanan dari Wix berikut ini.

1. Banyak Koleksi Template

Wix menyediakan banyak koleksi template apik yang bisa kamu pilih untuk keperluan membuat website dengan menarik. Tak tanggung-tanggung, jumlah template yang ada di Wix bisa mencapai lebih dari 500 koleksi dengan pilihan konsep, nuansa, dan tema yang variatif.

Beberapa contoh kategori tema yang tersedia adalah travel, kesehatan, kecantikan, portofolio, online store, dan masih banyak lagi.

2. Drag and Drop

Faktor yang membuat Wix menjadi salah satu platform pembuat website yang paling mudah digunakan adalah berkat adanya fitur Drag and Drop ini. Bahkan layanan ini merupakan fitur andalan yang telah berhasil menarik banyak pengguna agar mau membuat website dengan Wix.

3. Tools SEO

SEO adalah salah komponen yang sangat penting untuk menunjang keberlangsungan suatu website agar bisa tampil di halaman utama mesin pencari. Maka dari itu, website builder yang memiliki layanan tools SEO perlu kamu pertimbangkan untuk jadi pilihan dalam pembangunan web.

Wix merupakan salah satu platform pembuat web yang mampu melakukan optimasi SEO melalui konten karena telah dilengkapi dengan beragam tools SEO yang berguna untuk menaikkan performa suatu website.

Baca juga: Artikel SEO Friendly, Begini Cara Tepat Membuatnya!

4. Fitur dalam Bentuk Apps

Selain fitur-fitur di atas, Wix juga memiliki beberapa fitur tambahan berupa apps. Meski tak banyak, fitur tambahan dalam Wix ini tersebut tergolong penting seperti chat, blog, member’s area, online store, paid plans, events, forum, dan masih banyak lagi.


Cara Membuat Website dengan Wix

Membangun website sendiri adalah suatu hal yang menyenangkan karena bisa menjadi wadah untuk mengekspresikan diri, mengasah kreativitas, membangun usaha, portofolio, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Cara membuat website dengan Wix juga sangat mudah khususnya bagi kamu yang masih awam dengan dunia website building. Kamu sudah tak perlu pusing lagi memikirkan masalah koding atau desain tampilan website agar menarik. 

Di Wix kamu akan mendapat banyak pilihan template desain web secara gratis dan bisa kamu atur sesuka hati. Untuk tutorial pembuatan websitenya dapat kamu ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Situs Wix

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam membuat website Wix adalah dengan membuka halaman resminya di www.wix.com. Selanjutnya kamu klik ikon ‘Get Started’ untuk memulai tutorial pembuatan akun website baru.

membuat website dengan wix

2. Buat Akun Baru

Selanjutnya kamu akan diminta memilih dua cara sign up yakni dengan mendaftarkan alamat email secara manual (kotak a) atau menggunakan cara registrasi otomatis dengan akun Facebook atau Google (kotak b).

cara membuat website dengan wix

Kamu dapat dengan bebas memilih kedua cara membuat website dengan Wix sesuai keinginan.

3. Pilih Jenis Website

Setelah mendaftarkan akun baru, kamu bisa memilih jenis website sesuai kebutuhan seperti blog pribadi, toko online, portofolio, situs perusahaan, dan lain sebagainya.

cara membuat website di wix

Misalnya jika kamu ingin membuat blog pribadi, silakan klik opsi ‘blog’ pada kategori yang tersedia.

4. Buat Tampilan Website

Setelah memilih jenis website yang diinginkan, kamu akan menerima dua opsi pembuatan desain web pada halaman selanjutnya. Kedua opsi tersebut yakni memilih desain web langsung dari Wix (kotak a) atau membuat tampilan web sendiri menggunakan pilihan template yang tersedia (kotak b).

cara membuat website gratis dengan wix

Jika kamu ingin memilih jalan cepat, silakan klik ‘Start Now’ seperti yang ditunjuk oleh kotak a. Namun jika tertarik membuat tampilan website versi sendiri, kamu dapat langsung meng-klik ‘Choose a Template’ untuk mengatur beberapa layout secara mandiri.

Baca juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik

5. Pilih Template

Langkah membuat website dengan Wix berikutnya adalah memilih template web yang sudah Wix sediakan. Pilihan template yang tersedia terbilang cukup beragam sehingga kamu bebas menentukan tampilan yang paling cocok dengan selera masing-masing.

Ketika sudah mendapatkan desain yang diinginkan, silakan klik ‘Edit’ di bagian template tersebut untuk melanjutkan proses editing. Namun jika ingin menilik tampilan template dengan lebih jelas, silakan klik ‘View’ terlebih dahulu sebelum masuk ke proses sunting.

cara membuat website menggunakan wix

6. Kostumisasi Tampilan Website

Setelah memilih ‘Edit’, maka Wix akan mengarahkan kamu ke dasbor editing untuk mengatur tampilan web sesuai template yang kamu pilih. Cara menyunting desain web disini terbilang sangat mudah karena terbantu dengan fitur unggulan dari Wix yakni drag and drop.

Fitur tersebut dapat memungkinkan pengguna untuk memindahkan, mengatur posisi kerangka web, menambahkan elemen, mengganti copy atau teks, dan lain sebagainya.

cara buat website dengan wix

Sebelumnya, kamu perlu klik dropdown ‘Page’ pada bagian pojok atas kiri untuk memilih halaman tertentu yang ingin kamu sunting. Selanjutnya, kamu akan melihat beberapa jenis halaman web yang perlu untuk disunting seperti Home, About, My Blog, dan lain sebagainya.

Gambar berikut adalah contoh tampilan membuat website dengan Wix untuk mengedit page bagian ‘Home’.

Cara membuat web dengan wix

Seperti yang kamu lihat, pada bagian kiri dasbor terdapat beberapa pilihan menu edit yang diperlukan untuk mengatur tampilan web seperti Add, Pages, Theme Manager, Background, dan seterusnya. Adapun fungsi dari masing-masing menu tersebut antara lain:

  • Add

Fitur menu ini bertujuan untuk menambahkan elemen pendukung dalam tampilan halaman.

  • Pages

Berfungsi untuk mengelola blog pages, page transition, lightboxes, dan lain sebagainya.

  • Theme Manager

Fungsi menu yang satu ini adalah untuk mengatur tema, komposisi warna, dan tipografi pada tampilan web.

  • Background

Pada bagian ini, kamu dapat menentukan latar belakang web sesuai keinginan dengan menambahkan gambar, video, atau mengubah warna background solid dari template semula.

  • Add Apps

Menu ini bertujuan untuk menambahkan dan mengatur integrasi aplikasi yang tersedia dalam layanan website builder Wix seperti chat column, forum, search box, maps, fitur marketing, dan lain-lain.

  • Media

Fungsinya adalah untuk menambahkan media seperti foto, video, atau audio ke dalam website.

7. Publish

Setelah seluruh proses editing antarmuka web sudah selesai (kotak a), langkah membuat website dengan Wix yang terakhir adalah menyimpan, memastikan, dan mem-publish website (kotak b).

cara menggunakan wix editor

Selama melakukan proses sunting tampilan web, jangan lupa untuk menyimpan hasil edit secara berkala dengan meng-klik tombol ‘Save’ pada bagian pojok kanan atas. Jika ingin mengecek hasil editingnya, kamu dapat memilih tombol ‘Preview’ untuk melihat apakah desain kamu sudah sesuai atau belum.

Selanjutnya, kamu dapat meng-klik ‘Publish’ jika semua komponen websitenya sudah lengkap dan pas dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: Mudah Banget, Cara Membuat Website dengan WordPress


Kesimpulan Cara Membuat Website dengan Wix

Demikian uraian singkat serta tutorial cara membuat website dengan Wix yang dapat kamu coba. Wix merupakan salah satu website builder yang menyediakan layanannya secara gratis serta ramah bagi pemula. 

Selain itu, fitur pendukungnya juga sangat membantu setiap pengguna untuk membuat website tanpa harus paham ilmu koding. Jadi, apakah kamu masih ragu untuk mencoba membuat website dengan Wix

Baca juga: Cara Membuat Toko Online dengan Shopify



Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pengertian Produk Digital dan Cara Menjualnya

Sejak pandemi, bisnis online semakin marak bermunculan dengan produk yang semakin variatif. Hal ini juga membuat kita menyadari bahwa tingginya peluang bisnis di ranah...

Jenis-Jenis Pembayaran Online yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Pembayaran Online - Sebagai seorang shoppaholic rasanya tidak afdol kalau belum pernah mencoba belanja online. Selain mudah untuk dilakukan, belanja online juga lebih...

Apa itu COD? Bagaimana sistem COD bekerja dan manfaatnya?

Apa itu COD? - Pasti kamu pernah mendengar soal pemberitaan mengenai pembeli yang bersitegang dengan kurir saat menerima paket. Diketahui pembeli tersebut menggunakan sistem...

Mini Survey
Dapatkan ebook untuk meningkatkan performa toko onlinemu dengan cara isi survey ini