HomeManajemen BisnisKeuanganCara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Fenomena Ghozali yang menjual foto selfienya dengan harga fantastis melalui platform marketplace OpenSea membuat gempar publik di Indonesia. Sehingga, banyak orang ingin mengetahui cara membuat akun OpenSea.  

Buat akun OpenSea tidak sulit, tetapi langkah-langkahnya memang cukup panjang. OpenSea sendiri tak jauh beda dengan platform marketplace pada umumnya, yakni tempat transaksi jual beli. Tetapi, produk yang dijual adalah NFT. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini! 


Apa Itu OpenSea?

OpenSea adalah peer-to-peer marketplace yang bertujuan untuk menjual produk NFT. Di platform marketplace ini, kamu bisa menjual NFT yang sudah kamu buat sendiri. Apabila produk NFT yang kamu buat bagus, maka pasti akan laku.

Karena, sekarang ini OpenSea merupakan platform marketplace online NFT paling besar dan terpopuler di dunia. Jadi, kamu tak hanya memiliki target pasar masyarakat lokal di Indonesia, namun warga dunia.

Nah, sebelum melakukan transaksi jual beli, kamu perlu mengetahui cara membuat akun OpenSea terlebih dahulu. Supaya bisa membuat dan menjual produk NFT milikmu sendiri di OpenSea. 

Setiap kamu berhasil menjual NFT, OpenSea akan mengirimkan pemberitahuan bahwa pemiliknya sudah berpindah yang semula dari akun penjual menjadi milik akun pembeli dengan harga tertentu yang sudah disepakati.

Kemudian, OpenSea juga akan mencatat jika akun pembeli pertama melakukan penjualan NFT kepada akun pembeli kedua dan berikutnya.

Selain itu, Ethereum adalah mata uang kripto utama yang wajib kamu pakai dalam bertransaksi jual beli NFT pada platform OpenSea. Jika kamu hendak menjual NFT pada platform marketplace ini, maka harga minimal yang harus kamu tetapkan adalah 0.0006 Ethereum atau di atas US$ 2.

Tetapi, bila kamu tidak mempunyai karya sendiri, kamu juga dapat melakukan pembelian NFT orang lain untuk kamu jual kembali. Agar dapat mendaftar akun pada platform OpenSea, kamu wajib memiliki dompet kripto untuk memindahkan saldo.

Supaya nantinya dapat kamu tukar dengan mata uang sesungguhnya. Jenis dompet kripto yang ada di OpenSea adalah MetaMask, Trust Wallet, Formatic, Coinbase Wallet, SFP Wallet, dan lain-lain.


Pengertian NFT

Apa sih NFT itu? NFT merupakan singkatan dari non-fungible token yang berwujud karya seni. Misalnya, lukisan, item dalam gim, musik, dan jenis karya seni lainnya yang mempunyai nilai dan bisa kamu koleksi.

NFT bisa kamu jual belikan memakai mata uang kripto secara online ketika proses transaksinya. Adapun nilai NFT yang kamu jual belikan harganya ditentukan oleh jumlah permintaan yang ada dan kondisi pasar. Untuk detailnya apa itu NFT kalian bisa baca disini.


Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah

Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk buat akun OpenSea:

1. Tanpa Menghubungkan MetaMask

  • Buka aplikasi browser, kemudian kunjungi situs web OpenSea.
  • Klik icon dompet yang berada pada bagian kanan atas, kemudian pilih menu MetaMask.
    buka opensea
  • Berikutnya, kamu akan diminta untuk mendownload aplikasi browser extension MetaMask.
    download browser extension meta mask
  • Selanjutnya, kamu harus klik Create A Wallet.
    create a wallet
  • Kemudian, kamu akan diminta untuk membuat kata kunci yang bermanfaat dalam mengamankan dompet kripto yang sudah kamu buat.
    buat kata sandi
  • Klik kotak kecil bertuliskan I Have Read, kemudian klik tombol Create.
  • Berikutnya akan muncul halaman untuk memperkenalkan apa itu MetaMask, lalu klik Next jika kamu merasa sudah paham dan tidak begitu penting.
  • Selanjutnya akan tampil Secret Recovery Phase, lalu simpan data tersebut secara baik.
    secret recovery phrase
  • Setelah itu, kamu harus menginput urutan data tersebut dengan cara benar.
  • Klik Confirm, kemudian akan muncul notifikasi bila akun OpenSea kamu telah berhasil diaktivasi.
    akun opensea berhasil dibuat
  • Terakhir, klik All Done.

2. Membuat Akun Opensea dengan Menghubungkan MetaMask

  • Cara membuat akun OpenSea berikutnya adalah dengan membuka kembali aplikasi browser, kemudian kunjungi website OpenSea.
  • Klik icon dompet pada kanan atas laman website, kemudian klik pilihanmu atau MetaMask.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi yang berasal dari MetaMask, cek kembali dan pastikan semua data sudah benar, kemudian klik Next.
    hubungkan dengan akun meta mask
  • Berikutnya akan muncul notifikasi yang kedua, klik Next lagi.
    hubungkan dengan meta mask
  • Selanjutnya akan muncul sebuah ilustrasi yang menggambarkan tentang OpenSea terhubung langsung dengan MetaMask.
    tunggu proses menghubungkan
  • Selesai, kamu sudah mempunyai akun dan berhasil masuk pada platform marketplace OpenSea.
    akun berhasil dibuat

3. Langkah Ketiga  

Langkah ketiga ini pada proses cara membuat akun OpenSea ini adalah untuk verifikasi akun OpenSea milik kamu yang berfungsi untuk mengamankan dompet kripto yang sudah kamu buat sebelumnya.

Proses verifikasi ini tidak boleh kamu lewatkan supaya kamu dapat memulai aktivitas pembuatan dan penjualan NFT. Berikut sejumlah langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Buka aplikasi browser milikmu, kemudian kunjungi website OpenSea, lalu klik Profil.
  • Kamu masih belum dapat melakukan Create, maka dari itu klik icon gerigi atau pengaturan.
  • Berikutnya akan tampil notifikasi Signature Request yang berasal dari MetaMask, kemudian klik tombol Sign.
  • Selanjutnya isi kolom Email dan Username milik kamu, kemudian klik Save.
  • Akan tampil notifikasi Check Your Email, lalu kamu harus melakukan pengecekan inbox di email kamu.
  • Klik link verifikasi yang masuk ke email kamu.
  • Sekarang email kamu telah terhubung dengan marketplace OpenSea.
  • Proses verifikasi pun sudah selesai. 

Platform Marketplace NFT selain OpenSea

Meskipun sudah berhasil memiliki akun dengan cara membuat akun OpenSea, kamu juga perlu mengetahui sejumlah platform marketplace lain yang juga memperjualbelikan NFT. Simak ulasannya berikut ini:

1. Rarible  

Platform yang berbasis Ethereum ini menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk membuat, membeli, serta menjual hak kepemilikan atas konten digital dengan token NFT. 

Rarible memakai 2 standar token NFT, yakni ERC-1155 yang memungkinkan kamu untuk membuat beberapa edisi item dan ERC-721 untuk membuat item unik satu kali saja.

2. Mintable.app  

Kamu bisa menjual dan membeli produk digital pada blockchain melalui platform ini. Platform ini juga membantu kamu untuk mengonversi konten menjadi file, musik, gambar, karya seni, PDF, dan lainnya. Agar menjadi item yang hidup pada blockchain.

3. Nifty Gateway  

Pendiri platform marketplace NFT ini mempunyai misi untuk mempermudah kamu dalam membuat dan menjual NFT melalui Nifty Gateway. Selain itu, platform ini juga bisa diakses oleh semua orang.

4. Solana  

Kamu bisa mendapatkan dan menjual NFT berbasis Solana dengan platform marketplace terlengkap di sini. Tujuan dari platform ini adalah membantu mempromosikan pencipta karya seni atau seniman dengan cara menyediakan marketplace terpercaya bagi mereka.

5. Theta Drop  

Platform marketplace ini menjual NFT secara real-time, yakni NFT disiarkan langsung dan dilelang. Fitur unik tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan kamu sebagai pengguna pada platform Theta Drop. Sehingga membuat semua penjual bisa menawarkan NFT secara langsung dengan saluran tersebut.

6. SuperRare  

SuperRare merupakan marketplace yang menjual NFT untuk memperdagangkan dan mengoleksi konten digital dalam edisi tunggal yang unik. Setiap karya seni atau konten dibuat dengan cara otentik oleh seniman yang berada pada jaringan. Kemudian, kamu akan diberikan sebuah token sebagai barang digital yang menjadi koleksi kripto. Koleksi tersebut bisa kamu perdagangkan dan miliki secara pribadi.

Tertarik untuk Buat Akun OpenSea?

Setelah menyimak penjelasan lengkap tentang platform marketplace OpenSea diatas, apakah kamu tertarik untuk melakukan cara membuat akun OpenSea? Jangan lupa untuk mengisi data dengan benar, karena platform tersebut berhubungan dengan uang. Jangan sampai uang kamu salah masuk ke akun orang lain setelah terjadi penukaran uang.


Temukan berbagai tips manajemen bisnis dan keuangan yang bisa membantu dalam kembang bisnis usaha anda hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Aplikasi Gratis untuk Menaikkan Ukuran JPG via Smartphone

Tidak hanya diperkecil, terkadang beberapa gambar juga perlu diperbesar ukurannya agar lebih jelas. Namun biasanya, menaikkan ukuran jpg juga akan berpengaruh terhadap resolusi foto...

Contoh Konten Interaktif Instagram yang Cocok untuk Bisnis

Seperti apa contoh konten interaktif Instagram yang cocok untuk bisnis? Saat ini, semakin banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk menunjang bisnis. Jika kamu adalah salah...

Ini Keuntungan Berwirausaha bagi Sekitar dan Diri Sendiri

Berwirausaha adalah kegiatan membangun usaha yang membutuhkan kemampuan melihat kesempatan usaha yang mengatur, mengorganisir, mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Berwirausaha tidak hanya membawa bermanfaat...

Cara Memperbesar Ukuran JPG Menjadi 300kb, Simpel dan Mudah!

Memperbesar ukuran JPG menjadi 300kb dengan mempertahankan kualitasnya adalah pekerjaan yang cukup sulit. Padahal, memperbesar gambar penting untuk membantu bisnis kamu. Mengubah ukuran gambar...

Ketahui Cara Monetisasi Instagram Reels, Bisa Hasilkan Keuntungan!

Selain sebagai hiburan, kamu ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui monetisasi Instagram Reels. Hal ini bisa dilakukan asal pengguna melengkapi beberapa syarat tertentu. Lantas,...