HomeMarketingContent MarketingCara Memperkecil Ukuran Gambar Online dan Offline

Cara Memperkecil Ukuran Gambar Online dan Offline

Pernahkah kamu merasa memori kamu penuh namun file yang ada cuma sedikit? Atau apakah kamu pernah mengamati beberapa hasil jepretan dari smartphone atau kamera kamu memiliki kapasitas yang besar?

Beberapa orang mungkin mengalami hal yang sama ketika sebuah gambar dalam format apapun disimpan ternyata 1 gambar memiliki ukuran sangat besar dan alhasil memori penyimpanan menjadi cepat penuh.

Hal ini pastinya berkaitan dengan kapasitas foto, kualitas, dan sebagainya sehingga membuat gambar sangat detail. Namun kamu tidak perlu risau karena ada cara memperkecil ukuran gambar jpeg secara online dan offline tanpa merusak atau mempengaruhi kualitas gambar.

Dengan perkembangan teknologi memperkecil ukuran gambar sangatlah mudah. Banyak aplikasi baik offline maupun online yang dapat mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil.

Beberapa aplikasi bahkan sudah support perangkat smartphone sebagai media untuk memperkecil gambar. Apalagi jika aplikasi perlu koneksi internet kamu tidak perlu buang waktu dan memori untuk melakukan instalasi aplikasi pada perangkat yang kamu gunakan.


Cara Memperkecil Ukuran Gambar Online

Sebenarnya internet telah menyediakan segudang informasi, fitur dan aplikasi yang dapat membantu kegiatan sehari-hari kamu. Salah satunya seperti cara memperkecil gambar JPG yang bisa kamu lakukan dalam berbagai perangkat.

Berikut beberapa aplikasi online yang dapat membantu kamu dalam urusan memperkecil gambar maupun foto dengan berbagai format seperti JPG, PNG, SVG maupun Pdf.

Compressjpeg.com

Jika kamu ingin memperkecil gambar dengan format JPEG, PNG, GIF, maupun PDF kamu dapat mencoba aplikasi online compressjpeg.com. aplikasi ini adalah tool compress gambar online yang dapat mengatur kualitas sesuai kebutuhan.

dengan aplikasi ini kamu bisa mengkompress banyak gambar sekaligus dalam sekali waktu melalui berbagai perangkat. Waktu compress, upload hinga download. gambar cukup cepat karena menggunakan server yang baik.

Aplikasi ini akan menganalisa dan mengatur kualitas gambar paling direkomendasikan. Bahkan aplikasi ini dapat memperkecilkan ukuran gambar hingga turun 90%.Cara penggunaannya cukup mudah kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka situs compressjpeg pada web browser kamu.
cara memperkecil ukuran gambar online dengan compress jpeg
  • Pada tampilan dashboard ini kamu akan langsung diarahkan pada tool upload, pada pojok kanan atas ada fitur pengubah bahasa. Kamu bisa memilih Indonesia jika kamu ingin mengubah bahasa ke bahasa Indonesia.
compress jpeg untuk memperkecil ukuran file gambar
  • Klik upload files untuk meng-upload dokumen yang ingin kamu ubah ukurannya, kamu juga dapat melakukan drag and drop pada form “Drop Your Files Here”. Ada 4 pilihan tab untuk upload format gambar JPG, PNG, GIF dan PDF. Kamu dapat mengupload banyak gambar sekaligus untuk proses pengecilan.
  • Setelah kamu berhasil mengupload, sistem akan secara otomatis memproses untuk memperkecil ukuran gambar. Hasil yang disarankan sistem adalah hasil analisa terbaik dalam perkecilan gambar yang kamu upload.
memperkecil gambar dengan compress jpeg
  • Klik unduh untuk mengunduh gambar yang sudah dikecilkan atau kamu bisa pilih unduh semua jika file lebih dari satu.
compress jpeg untuk memperkecil
  • Tunggu sampai proses selesai kamu unduh. Wala, gambar siap digunakan.

Iloveimg.com

memperkecil ukuran gambar online menggunakan iloveimg

Tool kedua yang dapat kamu gunakan untuk salah satu cara memperkecil ukuran gambar online adalah iloveimg.com. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan memperkecil gambar, mengubah ukuran gambar, memotong atau menyelaraskan gambar, bahakan mengedit gambar.

Bahkan aplikasi ini juga menyediakan fitur pengubah format pemberian watermark dan masih banyak lagi, untuk dapat menikmati aplikasi ini dengan nyaman kamu bisa melakukan pendaftaran akun, kamu dapat menghubungkannya dengan akun Google maupun akun Facebook kamu.

memperkecil ukuran gambar online dengan iloveimg

Untuk pengguna yang telah mendaftarkan diri akan ada kemudahan berupa save project. Dimana sistem akan menyimpan beberapa proses atau editing yang dulu pernah kamu kerjakan jadi semisal ingin edit lagi kamu hanya perlu login ke akun yang sama.

Namun jika kamu tidak ingin mendaftarkan diri kamu bisa melakukan memperkecil gambar sebagai guest atau pengunjung biasa. Jika kamu bingung untuk memulai memperkecil gambar dengan iloveimg maka kamu bisa mengikuti langkah dibawah ini.

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka tools iloveimg melalui web browser dari perangkat kamu. Hampir semua perangkat mulai dari komputer, laptop, dan smartphone yang terhubung dengan internet bisa mengakses tool ini.
  • Pilih tab compress image pada menu lalu akan muncul tab upload gambar. Pilih select image untuk mengupload gambar. Tool ini sudah supports dengan format JPG, PNG, SVG maupun GIV.
  • Selain memilih gambar dari storage device, kamu juga dapat memilih gambar dari google drive maupun dropbox yang kamu miliki.
  • Setelah gambar berhasil di upload kamu hanya perlu menekan compress image dan gambar akan diproses untuk memperkecil dengan rekomendasi ukuran terbaik untuk kamu.
  • Kamu juga dapat meng-upload gambar lain untuk melakukan proses memperkecil secara masal.
cara memperkecil ukuran gambar menggunakan ilove img
  • Tunggu beberapa saat hingga proses memperkecil ukuran gambar selesai. Setelah selesai kamu bisa mengunduh gambar dengan mengklik tombol “download compressed image”. Atau kamu dapat menyimpan ke google drive, dropbox atau membagikan gambar melalui link atau QR download-nya.
  • Kamu juga dapat melakukan retouch pada gambar melalui menu dibawahnya.
ilove img untuk memperkecil ukuran gambar
  • Tunggu sampai proses selesai diunduh dan gambar pun siap kamu gunakan dengan ukuran lebih kecil.

Cara Memperkecil Ukuran Gambar Offline dengan PC

Jika kamu terkendala terhadap jaringan internet, kamu juga dapat melakukan proses memperkecil ukuran gambar JPG secara offline. Ada beberapa cara memperkecil ukuran gambar jpeg yang bisa kamu lakukan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Microsoft Paint

Aplikasi pertama yang dapat membantu kamu memperkecil gambar secara offline adalah aplikasi bawaan microsoft yaitu Paint. Jika kamu terkendala internet dan tidak memiliki aplikasi pendukung lain. Maka paint sangat recomended untuk kamu gunakan.

Apalagi caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah ini.

  • Pertama kamu buka aplikasi Paint denga melakukan pencarian pada menu “Start” lalu cari kata paint dan buka aplikasi nya.
  • Untuk melakukan pengubahan gambar kamu harus membuka gambar yang ingin kamu ubah ukurannya.
  • Ada dua tahap untuk membuka gambar yang pertama adalah membuka file gambar dengan mengklik menu “File” dan pilih “Open” atau kamu dapat mengklik tombol Ctrl+O secara bersamaan dan pilih gambar yang ingin kamu ubah.
  • Setelah gambar terbuka pada menu home ada pilihan untuk resize ukuran.
  • Sesuaikan gambar sesuai kebutuhan, kamu dapat memperkecil ukuran gambar dari persentase maupun berdasarkan pixel.
  • Setelah kamu kecilkan gambarnya, langkah berikutnya untuk mendapatkan hasil gambar adalah melakukan simpan gambar dengan membuka menu file lalu pilih “Save” untuk merubah gambar asli dan pilih “Save As” untuk membuat file baru atau mengubah format gambarnya.
  • Pilih directory penyimpanan lalu tunggu beberapa saat hingga gambar berhasil masuk penyimpanan.

Adobe Photoshop

Untuk aplikasi kedua yang menjadi cara memperkecil ukuran gambar secara offline adalah Adobe Photoshop. Aplikasi ini sudah menjadi makanan wajib bagi seorang desainer dan editor gambar.

Aplikasi ini merupakan aplikasi editor gambar yang termasuk keluarga Adobe Family yang lebih canggih dari Microsoft Paint. Jika kamu masih awam dengan aplikasi ini kamu dapat mengikuti cara memperkecil ukuran gambar jpeg ini.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan pastinya harus memiliki aplikasi Adobe Photoshop. Kalau tidak kamu harus menginstal aplikasi ini terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka aplikasi seperti biasanya.
  • Klik menu ”File” lalu pilih “Open” untuk membuka gambar yang ingin di kecilkan ukurannya.
  • Untuk memperkecil ukuran gambar silahkan klik menu “File” dan pilih “Export” lalu pilih fitur “Save for Web”. Menu ini akan menyimpan gambar sesuai ukuran rekomendasi web.
  • Setelah itu akan ada pada pop up menu yang memiliki fungsi pengaturan export gambar.
  • Ada beberapa pengaturan yang bisa kamu lakukan seperti preset, quality, image size dan directory penyimpanan.
  • Untuk preset yang format paling umum adalah JPG Medium dengan medium quality dan ubah ukuran gambar dari menu image size.
  • Kamu bisa mengubah ukuran sesuai kebutuhan kamu. Jika pengaturan sudah selesai, lalu kamu klik tombol “Save” untuk menyimpan hasil editing.
  • Sebelum menyimpan kamu juga dapat melihat hasil ukuran gambar dari status pada bagian bawah kiri gambar dalam pop up menu.
  • Tunggu beberapa saat hingga file berhasil masuk ke penyimpanan.

Cara Memperkecil Ukuran Gambar Offline dengan Android

Jika kamu terkendala tidak memiliki laptop atau sedang tidak bersama perangkat komputer, kamu juga dapat melakukan proses memperkecil ukuran gambar melalui smartphone kamu.

Untuk beberapa aplikasi offline pengubah gambar pada android sudah banyak bertebaran aplikasi pendukung yang dapat membantu kamu bahkan beberapa fitur bawaan juga memungkinkan pengguna melakukan editing gambar tanpa aplikasi tambahan.

Edit Gambar Bawaan

Beberapa aplikasi pada android terbaru sudah memungkinkan pengguna melakukan editing gambar pada smartphone-nya. Jadi jika android kamu memiliki fitur ini kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi pendukung tambahan.

Caranya cukup mudah, kamu bisa mengikuti step by step ini untuk memperkecil ukuran gambar pada aplikasi bawaan.

  • Buka galeri pada android kamu.
  • Pilih file gambar atau foto yang akan diproses.
  • Pilih menu edit pada bagian bawah gambar.
  • Lalu kamu bisa memilih fitur resize gambar dan lakukan editing gambar sesuai kebutuhan kamu.
  • Setelah itu simpan gambar dengan menekan tombol “save”. Kebanyakan fitur save akan merubah gambar aslinya. Namun beberapa fitur ada yang membuat file baru secara otomatis atau memberikan opsi “Save As” untuk membuat file baru.
  • Tunggu hingga proses selsesai hingga gambar siap.

Kesimpulan

Ada banyak cara memperkecil ukuran gambar online dan offline yang bisa kamu lakukan dari beragam perangkat seperti laptop, komputer, maupun dari smartphone android kamu. Ada beberapa aplikasi pendukung seperti Compress.jpeg.com, Iloveimg.com, Microsoft Paint, Adobe Photoshop dan fitur bawaan android.

Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk memperkecil gambar dengan format, cara, dan ketentuan dari masing-masing tool dan perangkat. Dengan solusi yang ada kini kamu tidak perlu khawatir penyimpanan kamu penuh hanya dengan gambar yang berukuran besar.


Dapatkan berbagai macam tips content marketing, digital marketing dan ide bisnis lainnya hanya di entrepreneurcamp.id.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Fenomena Ghozali yang menjual foto selfienya dengan harga fantastis melalui platform marketplace OpenSea membuat gempar publik di Indonesia. Sehingga, banyak orang ingin mengetahui cara...

Apa Itu NFT (Non Fungible Token) Beserta Cara Kerjanya?

Dalam beberapa waktu terdekat ini ada salah satu pembahasan yang cukup sering orang bicarakan. Pembahasan tersebut adalah mengenai Non Fungible Token atau NFT. Bagi...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!