HomeManajemen BisnisKepemimpinanApa Itu Stakeholder? Berikut Jenis dan Perannya Dalam Bisnis

Apa Itu Stakeholder? Berikut Jenis dan Perannya Dalam Bisnis

Apa itu stakeholder? Sebagai seorang pelaku bisnis, pasti kata stakeholder sudah sering terdengar di telinga. Namun, tak jarang yang masih belum familiar dengannya. Padahal, peran stakeholder cukup signifikan dalam dunia bisnis. Itu sebabnya perlu untuk terus memperkaya dan memahami istilah-istilah bisnis agar lebih mudah saat menjalankannya. Secara sederhana, stakeholder mempunyai arti pihak-pihak tertentu yang memiliki peran dalam bisnis.  Pelaku ini bisa merupakan investor, pegawai, konsumen bahkan pemerintah yang terlibat dalam bisnis itu sendiri. Karena banyaknya pihak yang memiliki peran ini menjadikan stakeholder sangatlah penting pada jalannya sebuah bisnis. Lalu, apa saja perannya? Di bawah ini kami rangkum beberapa peran stakeholder dalam bisnis yang bisa membantu kamu untuk lebih memahaminya lagi. Simak ulasannya bersama, yuk!

Peran Stakeholder

Sebagai Pembuat Keputusan

Peran stakeholder yang pertama dan cukup penting adalah sebagai pembuat keputusan. Dalam hal ini berbagai keputusan yang terkait kebijakan dan juga gagasan tertentu biasanya dibuat oleh para stakeholder yang memiliki wewenang penuh dalam bisnis tersebut. Untuk membuat keputusan ini biasanya para stakeholder melakukan pertemuan dan bermusyawarah dalam bentuk rapat.

Mengarahkan Manajemen Secara Langsung

Stakeholder juga memiliki peran untuk mengarahkan manajemen secara langsung. Misalnya mengarahkan sistem operasional dan juga sumber daya manusia pada bisnis seperti yang dilakukan oleh HRD. Selain itu, peran langsung stakeholder pada bisnis juga dapat mengarahkan suatu bisnis saat ingin mengembangkan layanannya atau melakukan penelitian tertentu.

Pendukung Keuangan Perusahaan

Beberapa posisi teratas stakeholder juga memiliki peran untuk mendukung penuh keuangan di perusahaan. Sebagai contoh para investor, sebagai bagian dari stakeholder mereka dapat menentukan berapa jumlah saham yang akan diinvestasikan dan juga kapan akan mengambil uang yang telah diinvestasikan pada perusahaan tersebut.

Menjalankan CSR

CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan juga merupakan salah satu peran yang dilakukan oleh stakeholder. Tujuannya adalah membuat bisnis dengan kemanusiaan dan lingkungan agar tetap memiliki hubungan yang seimbang. Biasanya tanggung jawab ini dilakukan kepada komunitas atau lingkungan tertentu oleh stakehoder yang berkepentingan.


Jenis Stakeholder

Stakeholder sendiri memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis ini dikelompokkan berdasarkan posisi dan pengaruhnya dalam melakukan peran. Diantaranya adalah:

Stakeholder Primer

Stakeholder primer sangat berpengaruh kuat dalam berbagai hal, misalnya dalam mengambil kebijakan dan juga mereka yang terlibat langsung dengan proyek dan program perusahaan tersebut. Sebagai contoh masyarakat yang langsung terimbas dari kebijakan perusahaan dan memiliki suara.

Stakeholder Sekunder

Stakeholder sekunder tidak langsung terlibat dalam menjalankan kebijakan perusahaan. Namun, stakeholder ini memiliki kekuatan untuk mengubah kebijakan perusahaan. Misalnya, pemerintah setempat, LSM, dan juga institusi tertentu yang memiliki pengaruh besar.

Stakeholder Kunci

Stakeholder kunci merupakan pihak yang memiliki wewenang legal dalam kebijakan perusahaan.  Pihak ini juga memiliki hubungan langsung dengan perusahaan yang bersangkutan. Misalnya DPR dan juga Dinas yang bersangkutan dengan perusahaan.

Itulah beberapa hal yang dapat menjelaskan padamu agar lebih familiar lagi dengan apa itu stakeholder. Jika kamu baru mau memulai bisnis dan membutuhkan solusi finansial, KoinWorks siap untuk membantumu.

Melalui KoinBisnis kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mudah dan aman. Limitnya hingga Rp 2 miliar dan bunga cicilan yang terjangkau, yaitu 0.75% – 1.67% per bulan. Cukup download aplikasi KoinWorks ke dalam smartphone-mu untuk merasakan segala kemudahannya. Selamat mencoba!

Temukan berbagai tips manajemen bisnis dan kepemimpinan untuk kembangkan bisnis anda hanya di entrepreneurcamp.id

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...