HomeManajemen BisnisKeuanganCara Menjual NFT di OpenSea dan Tips Suksesnya

Cara Menjual NFT di OpenSea dan Tips Suksesnya

Dalam beberapa bulan belakangan ini NFT atau Non Fungible Token menjadi salah satu perbincangan yang cukup hangat. Hal tersebut tidak terlepas dari kisah seorang pemuda yang berhasil meraih keuntungan yang tidak sedikit di salah satu marketplace NFT yang bernama OpenSea. Berdasarkan kisah tersebut mungkin kamu terpikirkan bagaimana cara menjual NFT di OpenSea

Untuk lebih mengenal mengenai NFT atau Non Fungible Token sampai dengan bagaimana cara menjual NFT di OpenSea yang merupakan salah satu marketplace NFT terbesar saat ini, mari kita bahas dan mengenali lebih lanjut mengenai NFT atau Non fungible Token ini.


Apa Itu Marketplace OpenSea

Setelah mengetahui sedikit tentang pengertian dari NFT, barang atau aset apa saja yang bisa ada di marketplace NFT, beberapa marketplace NFT selain OpenSea sampai dengan kenapa NFT bisa menjadi salah satu hal yang cukup menjanjikan, kini saatnya kamu lebih mengetahui tentang OpenSea sampai bagaimana cara menjual NFT di OpenSea.

Umumnya marketplace NFT memiliki skema penjualan seperti lelang, termasuk NFT. Hampir sama seperti marketplace pada umumnya, marketplace NFT adalah sebuah tempat dimana penjual dan juga pembeli aset NFT dapat bertemu dan bertransaksi satu sama lainnya.

OpenSea sendiri merupakan salah satu marketplace NFT terbesar saat ini. Dengan total 300.000 pengguna, OpenSea memiliki lebih dari 34 juta aset yang terdiri dari berbagai macam aset. Berbagai macam aset tersebut bisa seperti foto, video, dan masih banyak lagi. 

Untuk mulai melakukan transaksi di OpenSea, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Beberapa hal tersebut adalah seperti bahwa marketplace OpenSea menggunakan mata uang kripto berjenis Ethereum. Karena menggunakan mata uang kripto, maka kamu juga perlu mempersiapkan dompet digital yang nantinya akan kamu gunakan bertransaksi di marketplace NFT seperti OpenSea.


Cara Menjual NFT di OpenSea

Sebelum kalian mencoba menjual NFT lewat OpenSea pastikan kalian sudah membuat akunnya terlebih dahulu ya. Langkah pemnbuatan akun OpenSea bisa dilihat disini.

Untuk mulai menjual barang atau aset di OpenSea, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Hal tersebut adalah bagaimana cara memasang atau menempatkan barang atau aset kamu ke dalam OpenSea. Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Pada halaman utama OpenSea, pilih “Create”
  2. Masukan atau unggah file yang ingin kamu jual seperti foto, video, dan yang lainnya
  3. Masukan nama barang atau aset tersebut
  4. Klik “Create”
  5. Barang atau aset NFT kamu telah siap dijual

Setelah barang kamu siap untuk dijual, kini saatnya kamu mengetahui langkah-langkah cara menjual NFT di OpenSea. Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah urutan beberapa langkah tersebut:

  1. Buka menu “My Collection” yang ada pada bagian “Profile” di bagian pojok kanan atas
  2. Pilih barang atau aset NFT yang ingin kamu jual
  3. Klik “Sell”
  4. Pilih skema penjualan yang ingin kamu gunakan untuk barang atau aset NFT tersebut, “Fixed Price” untuk langsung menjual, atau “Time Auction” untuk skema lelang
  5. Masukan harga barang atau aset NFT tersebut dengan menggunakan mata uang Ethereum
  6. Kamu juga bisa mengatur berapa lama kamu akan mengatur barang tersebut bisa terus terlihat sebagai barang yang siap dijual dengan cara melakukan pengaturan pada bagian “Duration”
  7. Setelah selesai, klik “Complete Listing”
  8. Kemudian OpenSea akan memastikan barang tersebut

Sebagai informasi tambahan, untuk dapat melakukan konfirmasi penjualan, kamu setidaknya harus memiliki 0,05 Ethereum di dompet digital kamu. Lalu ada juga biaya yang akan dibebankan ke kamu. Besar biaya tersebut adalah sebesar 2,5 persen dari hasil penjualan barang atau aset NFT kamu.


Tips Sukses Menjual NFT di OpenSea

Setelah mengetahui berbagai hal tentang NFT, OpenSea sampai dengan cara menjual NFT di OpenSea, ada juga informasi tambahan menarik yang perlu kamu ketahui. Informasi tersebut adalah tips menjual NFT di OpenSea. Berikut ini adalah beberapa tips penting yang harus kamu ketahui.

1. Origanilitas

Tips sukses menjual NFT yang pertama adalah barang atau aset NFT kamu haruslah original hasil dari kamu sendiri. Originalitas menjadi salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan ketika menjual sebuah barang atau aset NFT.

Hal tersebut tentunya akan bisa menjadi sebuah masalah di kemudian hari apabila kamu menjual karya, barang atau aset milik orang tanpa sepengetahuan pemilik asli karya, barang atau aset tersebut. Jadi tentunya akan lebih baik jika kamu menjual karya, barang, atau aset yang original atau asli dari kamu sendiri.

2. Memiliki ciri khas

Tips sukses menjual NFT di OpenSea yang kedua adalah menjual sebuah karya, barang, atau aset di OpenSea adalah memiliki ciri khas. Barang, karya, atau NFT di OpenSea kamu haruslah memiliki keunikan tersendiri.

Salah seorang yang bekerja sebagai COO di Tokocrypto yang bernama Teguh K Hermanda sendiri menjelaskan bahwa barang yang atau aset NFT yang dijual haruslah memiliki unsur kelangkaan. Ketika sebuah barang tersebut menjadi langka atau unik, tentunya akan semakin banyak orang yang meminatinya.

3. Bergabung Dalam Komunitas

Tips sukses menjual NFT yang selanjutnya adalah bergabung dalam sebuah komunitas. Bergabung dalam sebuah komunitas merupakan salah satu faktor yang cukup penting apabila kamu ingin sukses dalam bisnis NFT. Masuklah ke dalam sebuah komunitas yang dapat memberikan kamu berbagai macam info mengenai bisnis NFT.

Berbagai macam info tersebut bisa sepert informasi, tips, bahkan sampai dengan kisah sukses terbaru dari orang-orang yang memiliki bisnis di NFT. Selain sebagai tempat untuk berbagi bermacam hal dalam sebuah komunitas juga tentunya sering akan ada edukasi atau pelatihan yang dapat meningkatkan wawasan kamu dalam bisnis NFT.

4. Personal Branding

Personal branding menjadi salah satu hal penting bagi sebuah bisnis tak terkecuali bisnis NFT. Semakin kamu dikenal dan memiliki personal branding yang baik, tentunya karya, barang, atau NFT kamu akan semakin laris terjual.

Kamu harus bisa meningkatkan kepercayaan para pembeli aset NFT kamu melalui personal branding yang baik. Untuk mendapatkan personal branding yang baik memang tidaklah mudah, butuh waktu yang juga tidaklah singkat. Setelah kamu memiliki personal branding yang baik, tentunya kamu akan lebih mengetahui bagaimana cara menjual NFT di OpenSea yang paling tepat. Kamu juga dapat memanfaatkan sosial media untuk meningkatkan personal branding kamu. 

5. Memahami Pembeli

Tips sukses menjual NFT yang terakhir tentunya adalah sebuah tips dasar yang cukup penting bagi sebuah bisnis termasuk bisnis NFT. Tips tersebut adalah memahami pembeli. Pada umumnya para pembeli aset NFT terbagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah tipe yang membeli sebuah aset NFT karena merupakan seorang kolektor, dan tipe kedua adalah tipe yang membeli sebuah aset NFT untuk mendapatkan keuntungan karena dia adalah seorang investor.

Tipe pertama umumnya akan mencari barang atau NFT yang bernilai seni. Barang-barang tersebut bisa seperti karya seni gambar dalam bentuk foto, lukisan atau yang lainnya. Tujuan pembeli dengan tipe ini adalah memang untuk mengoleksi barang atau aset NFT tersebut untuk kepuasan pribadi dan tidak akan dijual kembali.

Tipe yang kedua adalah orang-orang membeli sebuah aset NFT karena pembeli tersebut melihat potensi untuk mendapatkan keuntungan ketika menjual kembali aset NFT tersebut. Pembeli dengan tipe ini biasanya akan melihat dalam skala jangka waktu yang panjang tentang tingkat seberapa berharganya barang atau aset NFT yang dia beli.


Sumber Keuntungan dari OpenSea

Ketika menggunakan platform marketplace OpenSea, kamu dapat membuat berbagai konten menarik seperti gambar, video, musik, dan konten lainnya yang bisa kamu jual.

Harga jual konten yang telah kamu buat bisa kamu tentukan sendiri. Nantinya, kamu akan menerima keuntungan yang berasal dari aktivitas penjualan konten tersebut. Nilai keuntungan dinyatakan dalam mata uang kripto yang dipakai.

Namun, jangan khawatir! Nilai tersebut nantinya bisa kamu tukarkan dengan mata uang legal, seperti mata uang rupiah dan lainnya.

OpenSea mendapatkan keuntungan sebagai tempat aktivitas jual beli konten yang kamu lakukan dengan pengguna platform lainnya. Setiap kamu berhasil menjual konten, maka OpenSea akan menerima keuntungan senilai 2,5% dari nilai penjualan tersebut.

Keuntungan itu adalah suatu bentuk kompensasi terhadap layanan yang diberikan oleh OpenSea terhadap penjual yang telah berhasil melakukan cara membuat akun OpenSea. Semakin banyak aktivitas jual beli yang terjadi di dalam platform OpenSea, maka semakin banyak juga keuntungan yang mereka dapatkan.

Contohnya, kamu sukses menjual konten dengan nilai 100 ETH, maka kamu akan menerima keuntungan sebesar 97,5 ETH. Sisa hasil penjualan yang sebesar 2,5 ETH menjadi hak dari pengelola OpenSea.

Menariknya, bila kamu sebagai pihak pembeli di platform OpenSea kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan maupun biaya administrasi pembelian. Kamu akan langsung menerima NFT sebagai sertifikat kepemilikan berbentuk digital untuk konten yang kamu beli.

Pastinya sertifikat tersebut bersifat unik atau tidak bisa kamu gandakan. Sifatnya yang unik tersebut membuat NFT dapat kamu jual dengan nilai yang tinggi. Kemudian, nantinya kamu dapat menjual kembali NFT dengan nilai yang lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan.


Risiko Investasi NFT pada Platform OpenSea

Setelah mendulang kesuksesan dalam beberapa bulan belakangan, OpenSea juga memiliki risiko tinggi yang beragam. Misalnya, seperti tindakan penipuan, persaingan baru, atau kegagalan dari pasar NFT. Sehingga, Anda perlu berhati-hati setelah berhasil melakukan cara membuat akun OpenSea.

Coinbase di bulan Oktober 2021 sebagai alat tukar mata uang kripto paling besar di negara asalnya dan sebagai investor asli pada platform OpenSea. Coinbase mengumumkan akan merilis pasar NFT peer-to-peer sendiri.

Setelah beberapa minggu, Coinbase mempunyai 2,5 juta akun yang mendaftar dan CEO Brian Armstrong menduga bisnis baru ini bisa berkembang lebih besar daripada bisnis jual beli kripto intinya.

Pendekatan pasar terbuka OpenSea ternyata meningkatkan risiko penipuan dan juga pemalsuan. Contohnya, scammers bisa menyalin konten milik orang lain dan kemudian menjualnya menjadi NFT pada platform OpenSea.

Finzer menyatakan bahwa website tersebut bekerja secara otomatis dalam menemukan pemalsu serta meminta moderator untuk memeriksa penawaran yang tampak mencurigakan.


Tertarik dengan Bisnis NFT?

Itulah beberapa informasi penting dan lengkap mengenai NFT dan juga OpenSea. Mulai dari pengertian NFT, OpenSea, cara membuat akun dan cara menjual NFT di OpenSea sampai dengan tips menjual NFT di OpenSea. Berdasarkan informasi-informasi tersebut, apakah kamu tertarik dengan bisnis NFT? Jika kamu tertarik semoga kamu mendapatkan hasil yang positif dari bisnis NFT kamu. Selamat mencoba.


Temukan berbagai tips manajemen bisnis dan keuangan yang bisa membantu dalam kembang bisnis usaha anda hanya di entrepreneurcamp.id.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Fenomena Ghozali yang menjual foto selfienya dengan harga fantastis melalui platform marketplace OpenSea membuat gempar publik di Indonesia. Sehingga, banyak orang ingin mengetahui cara...

Apa Itu NFT (Non Fungible Token) Beserta Cara Kerjanya?

Dalam beberapa waktu terdekat ini ada salah satu pembahasan yang cukup sering orang bicarakan. Pembahasan tersebut adalah mengenai Non Fungible Token atau NFT. Bagi...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!