Affiliate Marketing Tokopedia – Cara menghasilkan uang dari internet kini tak cuma bisa dilakukan dengan merintis bisnis online. Bila kamu belum memiliki bisnis online, kamu dapat memanfaatkan konsep affiliate marketing Tokopedia untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah teknik pemasaran modern yang memungkinkan seseorang atau suatu pihak mendapatkan keuntungan berupa komisi dari hasil penjualan produk atau jasa brand tertentu. Cara affiliate marketing yang praktis dan efektif membuatnya menjadi salah satu strategi andalan berbagai situs e-commerce populer di Indonesia, termasuk Tokopedia.

Baca juga: Pengertian, Tips dan Contoh Affiliate Marketing

Mengenal Program Affiliate Marketing Tokopedia

cara menjadi affiliate marketing tokopedia
Sumber: Dailysocial.id

Program affiliate marketing Tokopedia diluncurkan secara resmi sejak April 2019. Tokopedia affiliate program diusung oleh fitur khusus bernama ByMe pada aplikasi Tokopedia. Kehadiran program tersebut diharapkan menjadi solusi bagi para pebisnis online yang bermitra dengan tokopedia dan pihak affiliate. Sehingga para pebisnis online tak perlu ragu menyiapkan stok barang dan pihak affiliate bisa memperoleh komisi dengan merekomendasikan produk tertentu.

Affiliate marketing Tokopedia juga berusaha mematahkan mitos bahwa keputusan membeli yang dilakukan masyarakat sangat dipengaruhi para influencer terkenal. Faktanya, banyak orang merasa yakin membeli suatu produk setelah menyimak testimoni dan rekomendasi dari orang-orang yang dikenalnya. Itulah sebabnya semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam program affiliate marketing yang digagas Tokopedia.

Baca juga: Cara dan Syarat mendaftar Program Shopee Affiliate


Cara Bergabung Program Affiliate Marketing Tokopedia

Jika kamu tertarik bergabung dalam Tokopedia affiliate program, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Kamu harus memiliki akun Tokopedia agar dapat bergabung dengan program affiliate marketing-nya.

cara menjadi affiliate marketing tokopedia
Sumber: tokopedia.com
  • Bila sudah memiliki akun di Tokopedia, kamu harus mengakses website Tokopedia lalu login dengan username dan password seperti biasa.
cara menjadi affiliate marketing tokopedia
  • Selanjutnya, klik fitur Afiliasi pada halaman utama Tokopedia.
  • Pada fitur afiliasi Tokopedia, kamu bisa mencari toko maupun produk tertentu yang bisa dipasarkan dengan sistem affiliate marketing. Setiap produk biasanya mencantumkan keterangan mengenai jumlah komisi yang bisa kamu dapatkan sehingga kamu berkesempatan memasarkan produk dengan komisi terbesar. Untuk mempermudah pencarian produk, kamu juga dapat menggunakan filter terbaru atau komisi terbesar. Sebaiknya kamu memasarkan produk yang sudah pernah kamu gunakan supaya kamu bisa memberikan rekomendasi yang jujur.

cara menjadi affiliate marketing tokopedia
Sumber: Makarame.com
  • Jika sudah menemukan produk yang ingin kamu pasarkan, klik opsi Kurasi Produk Ini lalu buatlah username by.me agar kamu bisa memasarkan produk tersebut secara mudah.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Affliate Marketing dalam Bisnis

Link produk afiliasi di By.Me bisa segera dibagikan melalui aplikasi chat maupun media sosial. Beberapa tips yang patut kamu perhatikan saat memasarkan produk di By.Me adalah sebagai berikut:

cara menjadi affiliate marketing tokopedia
Sumber: makarame.com
  • Satu pengguna By.Me hanya bisa memposting maksimal 20 konten per hari. Setiap konten dapat memuat maksimal 3 produk. Bila ada pelanggan Tokopedia yang membeli produk melalui link afiliasi milikmu, maka kamu akan mendapatkan komisi  yang dimasukkan ke saldo Tokopedia.
  • Semakin banyak followermu di media sosial, maka semakin besar pula kesempatan mendapatkan komisi dari Tokopedia affiliate program. Jadi, sebaiknya kamu juga gencar meningkatkan jumlah followers secara organik.
  • Selain melalui media sosial, kamu juga bisa mencantumkan link afiliasi pada postingan blog pribadi.

Tips untuk Seller dalam Program Affiliate Marketing Tokopedia

cara menjadi affiliate marketing tokopedia
Sumber: liputan6.com

Tak cuma menguntungkan bagi pihak affiliate, program affiliate marketing Tokopedia juga bermanfaat bagi seller karena dapat meningkatkan omzet toko online. Pihak seller Tokopedia yang ingin berpartisipasi dalam program affiliate marketing wajib memperhatikan hal-hal penting berikut ini:

  • Memasang komisi yang lebih besar dibandingkan toko online lainnya di Tokopedia sehingga lebih banyak pengguna Tokopedia yang tertarik memasarkan produkmu. Oleh sebab itu, seller harus berupaya menyediakan produk termurah untuk menarik perhatian pelanggan sekaligus memberikan kesempatan bagi para affiliate.
  • Mengunggah foto dan deskripsi produk yang berkualitas dan detail. Foto dan deskripsi produk sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Sehingga pihak affiliate tidak kesulitan memasarkan produk tersebut.
  • Mengajak para pelanggan setia untuk mempromosikan produk di toko online-mu. Jangan pernah bosan mengingatkan pelanggan setia tentang peluang mendapatkan komisi bila berkontribusi dalam program affiliate marketing Tokopedia.
  • Memperkenalkan produk yang sedang tren secara rutin. Biasanya produk terbaru yang dipasarkan dengan sistem affiliate sangat efektif meningkatkan omzet toko online.
  • Membangun personal branding toko online yang kuat dan memiliki ciri khas sehingga makin banyak pihak affiliate yang tertarik bekerja sama untuk mempromosikan produk.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Jika kamu telaten melakukan affiliate marketing hingga mendapatkan banyak komisi, kamu bisa memanfaatkan komisi tersebut untuk merintis bisnis online. Namun, kamu tak perlu khawatir bila belum punya modal memadai meskipun sudah mengumpulkan banyak komisi dari affiliate marketing karena sekarang ada KoinBisnis yang bisa menjadi solusi pembiayaan modal usaha.


KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan dari KoinWorks dengan bunga rendah (berkisar antara 0,75% hingga 1,67%) untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air. Kamu bebas menemukan tenor pinjaman sesuai kebutuhan dengan kisaran antara 6 hingga 24 bulan jika memanfaatkan KoinBisnis untuk memperoleh tambahan modal bisnis.

Besaran pinjaman yang dapat diajukan ke KoinBisnis bisa mencapai 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah (antara 0,75% hingga 1,67%). Fasilitas pembiayaan persembahan KoinWorks tersebut diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga legalitasnya terjamin.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.