HomeMarketingDigital MarketingCara Beriklan Di Instagram, Lengkap Dengan Ukuran Efektif Gambarnya!

Cara Beriklan Di Instagram, Lengkap Dengan Ukuran Efektif Gambarnya!

Cara Beriklan di Instagram – Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk beriklan. Sebagai media sosial yang cukup populer, pemasangan iklan pada instagram memiliki efek yang bagus terhadap penjualan bisnis kamu. Untuk melakukan pemasangan ini, kamu harus mengetahui bagaimana cara beriklan serta ukuran gambar iklan yang efektif dan juga tips sukses ketika beriklan di instagram.

Dengan mengetahuinya, tentunya kamu bisa lebih memahami bagaimana cara memasang iklan di instagram. Selain itu, kamu juga akan mengetahui apa saja hal yang harus kamu perhatikan ketika memasang iklan di instagram. Dengan begitu, iklan kamu akan menjadi sukses dan mampu menarik banyak pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk yang kamu tawarkan.

Nah, untuk mengetahuinya, langsung saja masuk ke pembahasan pertama mengenai bagaimana cara memasang iklan melalui instagram ads. Simak selengkapnya!


Cara Beriklan Di Instagram Ads dengan Mudah

Pertama, kamu bisa memanfaatkan fitur instagram ads untuk memasang iklan di instagram. Untuk menggunakannya, pastikan akun instagram milik kamu merupakan akun bisnis. Pastikan juga untuk menggunakan aplikasi Instagram untuk membuka akun tersebut. Dengan begitu, fitur promosi akan muncul dengan sendirinya. 

Nah, langsung saja simak caranya berikut ini.

1. Buka Akun Bisnis Kamu dan Pilih Menu Promosi

Cara beriklan yang pertama adalah dengan membuka akun bisnis kamu melalui aplikasi instagram. Carilah tombol promosi yang berada di bawah tombol edit profil. Langsung saja klik tombol tersebut.

Cara Beriklan di Instagram

2. Pilih Postingan yang Akan Kamu PromosikanCara Beriklan di Instagram

Cara beriklan berikutnya adalah memilih postingan yang ingin kamu promosikan. Setelah menekan tombol promosi, kamu akan menuju ke halaman seperti pada gambar di atas. Nah, tekan saja tombol pilih postingan.

Cara Beriklan di Instagram

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memilih postingan mana yang ingin kamu promosikan. Pilih saja postingan tersebut kemudian tekan tombol next di pojok kanan atas (perhatikan tombol di dalam kotak merah pada gambar).

3. Tentukan Target Promosi

Cara Beriklan di Instagram

Cara memasang iklan di instagram yang selanjutnya adalah menentukan target promosi. Perhatikan tombol di dalam kotak biru pada gambar. Jika kamu kebingungan ketika ingin memilih target, tekanlah tombol tersebut untuk mempelajari cara memilih target dengan benar. Kemudian jika kamu sudah menentukan target mu, tekan tombol next yang berada di dalam kotak merah di pojok kanan atas pada gambar.

Cara Beriklan di Instagram

Setelah itu, kamu akan diminta untuk menentukan target secara lebih rinci. Jika kamu ingin menargetkan secara otomatis, maka kamu bisa langsung saja menekan tombol next di pojok kanan atas di dalam kotak merah. Jika tidak, kamu bisa mempelajari cara menjangkau orang yang tepat dengan menekan tombol di dalam kotak biru pada gambar.

Baca juga: Menentukan Target Instagram Ads, Begini Cara Tepatnya

4. Menentukan Anggaran dan Durasi Promosi

Cara Beriklan di Instagram

Cara memasang iklan di instagram ads yang selanjutnya adalah menentukan anggaran dan juga durasi promosi. Perhatikan tombol pada kotak merah. Aturlah seberapa besar anggaran kamu dan seberapa lama durasi promosi kamu. Jika kesulitan, kamu bisa mempelajarinya dengan menekan tombol di dalam kotak biru. Setelah selesai mengaturnya, kamu bisa langsung menekan tombol next di dalam kotak hijau pada gambar di pojok kanan atas.

5. Menambahkan Metode Pembayaran

Selanjutnya, cara memasang iklan di instagram ads yang harus kamu lakukan adalah menambahkan metode pembayaran. Tekan saja pilihan di dalam kotak pada gambar di atas.

Setelah itu, kamu harus mengisi informasi mengenai negara, mata uang, dan juga zona waktu. Sesuaikan isinya kemudian tekan tombol simpan yang berada di dalam kotak merah pada gambar.

Kemudian kamu harus memilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Pilihlah sesuai dengan metode apa yang kamu miliki. Kemudian tekan tombol selanjutnya.

Setelah itu silahkan masukan informasi terkait pembayaran yang kamu pilih. Jika sudah, langsung saja menekan tombol simpan.

6. Menyetujui Ketentuan dan Persyaratan

Cara Beriklan di Instagram

 

Cara memasang iklan di instagram ads selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyetujui ketentuan dan persyaratan. Tekanlah tombol buat promosi di kotak merah.

Cara Beriklan di Instagram

Maka kamu akan diarahkan ke halaman persetujuan persyaratan. Nah, langsung saja tekan tombol Saya Setuju seperti di kotak merah pada gambar di atas.

7. Jalankan Iklan atau Promosi IG Ads

Cara Beriklan di Instagram

Terakhir, kamu hanya perlu menekan tombol buat promosi. Dengan begitu, pihak instagram ads akan meninjau promosi yang kamu ajukan.

Baca juga: Cara Memasang Iklan di Tiktok Ads dengan Mudah


Cara Beriklan Di Instagram Menggunakan Facebook Ads Manager

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan facebook ads manager untuk membuat iklan di instagram kamu.

1. Buka Akun Facebook Ads Manager

Cara beriklan di instagram yang pertama adalah mengunjungi Facebook Ads Manager. Kemudian pilihlah akun yang ingin kamu gunakan.

Setelah itu, klik tombol buat yang berwarna hijau. Tombol itu berada di sisi kiri terlihat di dalam kotak merah pada gambar di atas.

Pastikan kalian sudah mempunyai facebook fanpage terlebih dahulu sebelum menggunakan facebook ads manager ya.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Fanpage

2. Tentukan Objective Iklan

Cara beriklan di instagram dengan Facebook Ads Manager yang selanjutnya adalah memilih tujuan kampanye. Jika kesulitan, kamu bisa mengarahkan kursor ke logo i di sebelah kanan opsi. Dengan begitu, akan muncul penjelasan mengenai opsi tersebut. Jika sudah, tekan tombol lanjutkan.

3. Melengkapi Informasi Iklan yang Ingin Kamu Ajukan

Cara beriklan di instagram berikutnya adalah melengkapi seluruh informasi dari iklan kamu. Jika sudah, silahkan klik tombol selanjutnya.

4. Menentukan Anggaran, Waktu, dan Pemirsa

Cara beriklan di instagram selanjutnya adalah menentukan anggaran, waktu, dan pemirsa dari iklan kamu. Ketika sudah selesai, langsung saja menekan tombol selanjutnya.

Baca juga: Cara Membuat Facebook Bisnis dengan Mudah dan Gratis

5. Menerbitkan Iklan

Cara beriklan di instagram yang terakhir adalah menerbitkan iklan. Sebelum itu, pastikan kamu memilih halaman facebook yang kamu gunakan (Perhatikan kotak berwarna merah pada gambar). Jika sudah, tekan saja tombol terbitkan.

Nah, apabila belum ada sistem pembayaran pada akun facebook kamu, maka kamu akan diminta melengkapinya. Ikuti saja langkah langkah nya hingga selesai agar penambahan metode pembayaran bisa berhasil.

Baca juga: Cara Beriklan di Facebook dengan Mudah dan Efektif


Ukuran Gambar Iklan Instagram yang Efektif

Selain mengetahui cara beriklan di instagram, kamu juga harus mengetahui ukuran gambar iklan instagram yang efektif.

1. Single Image

Ukuran gambar iklan instagram untuk single image, memiliki ukuran 1200 x 628 piksel. Untuk FB dan IG story, ukurannya 1080 x 1920 piksel dengan rasio 9:16 to 16:9. 

2. Carousel 

Ukuran gambar iklan instagram untuk carousel adalah 1080 x 1080 piksel dengan rasio 1:1 dan ukuran maks 30 MB.

3. Slide Show

Selanjutnya untuk slide show, memiliki ukuran 1280 x 720 piksel dengan rasio 16:9, 1:1, atau 2:3.

4. Single Video

Sedangkan untuk single video, memiliki aspek rasio 9:16 to 16:9.

5. Instagram Story

Ukuran gambar iklan untuk instagram story adalah 1080 x 1920 piksel.

Baca juga: Cara Iklan di Shopee agar Jualan Laris Manis


Tips Sukses Cara Beriklan Di Instagram

Selain cara beriklan dan ukuran gambar di instagram, kamu juga harus mengetahui tips suksesnya. 

Kenali Behaviour Audiens

Tips sukses beriklan di instagram yang satu ini, berguna untuk memahami bagaimana perilaku dari audiens kamu.

Maksimalkan Instagram Story

Tips sukses beriklan di instagram kedua ini berguna untuk memanfaatkan instagram story semaksimal mungkin agar biaya yang kamu keluarkan bisa semakin kecil.

Buat Iklan Terlihat Natural

Tips sukses beriklan selanjutnya ini berguna untuk membuat audiens tetap merasa nyaman melihat iklan kamu yang terlihat sangat natural.

Pastikan Iklan Terlihat Menarik

Selain natural, kamu juga harus membuat iklan tetap terlihat menarik agar audiens tertarik dengan produk kamu.

Tambahkan Call To Action

Tips sukses beriklan di instagram yang terakhir adalah menambahkan call to action. Dengan adanya tombol call to action ini, akan sangat mempermudah audiens ketika merasa tertarik dan ingin menghubungi kamu. Hal ini bisa meningkatkan penjualan bisnis kamu.

Baca juga: 7 Tips Agar Laris Berjualan di Instagram


Kesimpulan

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa memanfaatkan instagram sebagai media promosi kamu. Untuk melakukannya, kamu harus mengetahui bagaimana cara beriklan di instagram. Dengan mengetahuinya, kamu bisa memasang iklan dengan mudah untuk tujuan promosi dari bisnis kamu.

Selain cara memasang iklan di instagram, kamu juga harus memperhatikan ukuran gambar iklan dan tips sukses beriklan di instagram. Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan agar promosi yang kamu lakukan bisa berjalan dengan maksimal. Dengan begitu, tujuan dari promos kamu akan tercapai sesuai dengan yang kamu harapkan.

Baca juga: Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Karakteristik Wirausahawan Sukses- Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan menghadapi segala tantangan dalam berbisnis yang penuh dengan...

Cara Membuat Website dengan Wix. Gratis, Mudah dan Cepat

Membuat Website Dengan Wix - Dewasa ini, website merupakan salah satu kebutuhan penting bagi suatu usaha bahkan untuk perorangan untuk keperluan branding maupun marketing....
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!