Pengertian Manajemen Operasional – Terpikir untuk memulai bisnis? Pada saat mengelola bisnis tentu saja dibutuhkan usaha yang menyeluruh. Tujuannya adalah agar dapat memaksimalkan performa bisnis agar lebih sempurna.

Salah satunya adalah dengan memperhatian aspek manajemen operasional. Bagi sebagian orang, khususnya pemula dalam bisnis mungkin istilah ini kurang familiar. Namun, manajemen operasional berperan cukup besar dalam perkembangan bisnis.

Jika dilihat lebih jauh, pengertian manajemen operasional sendiri tidak semata-mata menjadi sebuah proses pengelolaan operasional perusahaan.Dibalik itu ada beberapa hal lain yang berkaitan dengan sistem operasional itu sendiri, termasuk sumber daya manusia, teknologi dan bahkan keuangan.

Sehingga, jika dilihat lebih dalam makna dari manajemen operasional lebih menyeluruh daripada itu.Agar mengenal sistem ini, kami rangkum pengertian manajemen operasional secara singkat yang dapat membantu kamu agar lebih familiar lagi.

Pastinya, bukan tidak mungkin untuk kamu coba secara langsung demi menunjang bisnis yang sedang dijalankan. Simak ulasannya bersama, yuk!


Pengertian, Fungsi dan Strategi Manajemen Operasional

Pengertian Manajemen Operasional

Secara garis besar, manajemen operasional memiliki arti pengelolaan produksi dalam sebuah bisnis. Namun, ada beberapa pendapat ahli yang membuat definisi pengertian manajemen operasional lebih dalam lagi.

Salah satunya adalah William J. Stevenson yang mendefinisikan bahwa manajemen operasional adalah sistem manajemen maupun serangkaian proses dalam membuat produk maupun jasa.

Selain itu, Yohanes Yahya juga memberikan definisi untuk manajemen operasional sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan juga pengawasan pada usaha dan sumber daya manusia agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jadi, apakah sudah terbayang mengenai apa itu manajemen operasional?

Fungsi Manajemen Operasional

Selain pengertian manajemen operasional, fungsinya juga sangat penting untuk mendukung berjalannya bisnis. Salah satu fungsinya adalah untuk mendukung keuangan pada operasional perusahaan agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Tujuannya adalah untuk tetap berhemat dan membuat keuangan yang sudah ditetapkan terpakai dan tidak berlebihan. Selain itu, untuk mengoptimalkan keuangan dalam manajemen fungsi operasional adalah dalam membantu pengembangannya.

Hal ini tentu penting juga untuk merencanakan organisasi dan mengarahkan aktivitas perusahaan dengan perencanaan yang dapat dimanfaatkan dalam produksi bersama sumber daya manusianya. Dengan melakukan manajemen operasional sesuai dengan fungsinya, maka kualitas produk pun dapat dipertahankan.

Strategi Manajemen Operasional

Untuk mempertahankan kinjerjanya, manajemen operasional juga memerlukan strategi yang dapat menjadikan kualitasnya tetap maksimal. Misalnya adalah melalui pengembangan teknologi dalam perusahaan untuk tetap menyesuaikannya dengan era serba maju agar dapat memberikan yang terbaik.

Atau mengembangkan sumber daya manusia dengan pelatihan-pelatihan tertentu agar dapat menghasilkan tenaga kerja unggulan yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk kegiatan produksi.

Selain itu perusahaan juga bisa membuat strategi pengelolaan keuangan agar dapat meminimalisir anggaran dan juga meningkatkan keuntungan. Hal ini yang akan menunjang bisnis secara keseluruhan untuk dapat berkompetisi lebih handal lagi di pasar.

Itulah beberapa pengertian manajemen operasional yang perlu kamu pahami agar dapat mencapai tujuan bisnis yang maksimal. Dengan manajemen operasional yang baik kamu juga bisa membuat bisnis yang sedang dijalankan agar menerima keuntungan lebih banyak lagi. Temukan berbagai informasi bisnis lainnya dan juga ide bisnis hanya di EntrepreneurCamp.


Jika membutuhkan modal bisnis, kamu bisa langsung mengakses KoinBisnis untuk menikmati berbagai kemudahannya.

Melalui KoinBisnis kamu dapat melakukan pinjaman usaha online dengan limit hingga Rp 2 miliyar dan bunga cicilan terjangkau dari 0.75% – 1.67% per bulan.

Tidak perlu takut, karena KoinWorks telah tercatat dan diawasi oleh OJK sehingga pinjamannya terjamin keamanannya. Selamat mencoba!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.