HomeMarketingMedia SosialUkuran Cover Facebook dan Foto Profil FB di Tahun 2022

Ukuran Cover Facebook dan Foto Profil FB di Tahun 2022

Kita tahu media sosial sekarang ini sudah banyak orang menggunakan. Mereka biasanya memanfaatkannya sebagai hiburan, berkomunikasi, promosi, dan lainnya. Namun setiap akun pribadi harus memiliki foto agar mudah orang lain mengetahui Anda. Maka dari itu penting juga mengetahui ukuran cover Facebook dan foto profil. 

Bayangkan saja jika foto yang Anda jadikan foto profil atau cover tidak sesuai dengan ukurannya maka akan terlihat aneh. Bisa saja bentuk wajah yang terpotong atau bahkan tidak menggunakan foto yang Anda pilih. Sehingga Anda bisa menyimak penjelasan ukuran yang tepat seperti apa berikut ini.

Ukuran Cover Facebook

Pertama membahas mengenai ukuran yang tepat pada cover Facebook Anda nantinya. Mungkin beberapa orang merasa bingung kenapa foto yang menurut mereka tidak besar tetapi dijadikan cover atau foto profil tidak bisa. Tentunya mengenai hal tersebut pastinya ada ketentuan ukuran yang perlu Anda pahami. 

Nah Anda pasti memiliki sebuah device untuk mengakses media sosial Facebook seperti handphone atau komputer. Bagi Anda yang belum tahu, bahwa tampilan setiap device tersebut memiliki resolusi yang berbeda sehingga harus bisa menyesuaikannya. 

Biasanya ketika Anda mengupload sebuah foto untuk cover tetapi tidak sesuai dengan ketentuan ukurannya maka akan ter crop. Sehingga nantinya pada tampilan akan terlihat tidak pas dan aneh. 

Handphone

Anda yang memakai handphone karena praktis untuk pemakaiannya akan memerlukan resolusi lebar 640 pixel x tinggi 360 pixel. Jika Anda konversi dalam satuan centimeter maka 16,9 cm x 5,9 cm. Memang resolusi tersebut terbilang tidak besar namun untuk ukuran cover Facebook di sebuah handphone sudah pas sekali. 

Komputer

Selanjutnya yang memakai komputer untuk mengakses media sosial Facebook. Dengan device komputer memang sangat nyaman puas bagi setiap orang karena melihat dari layar yang besar. Dengan begitu nantinya resolusi yang terbentuk akan semakin besar yaitu lebar 851 pixel x tinggi 315 pixel (22,5 cm x 8,3 cm).

Ukuran Foto Profil FB

Setelah Anda paham dengan ukuran cover Facebook yang tepat maka selanjutnya yaitu ukuran untuk foto profil Facebook nantinya. Ketika Anda melihat perbandingan ukuran antara cover dan foto profil akan sangat berbeda. Dari situ pastinya Anda sudah paham bahwa ukuran foto profil akan jauh lebih kecil dari foto profil.

Kemudian hal ini juga berlaku untuk Anda yang memakai handphone atau komputer. Meskipun foto profil tersebut ukuran resolusinya tidak akan besar tetapi kembali lagi bahwa selisih kedua device cukup banyak. Hal tersebut nantinya akan memberikan hasil yang maksimal walaupun foto profil Facebook terlihat lumayan kecil. 

Handphone

Pertama untuk Anda yang memakai handphone ketika mengaksesnya. Ukuran resolusinya akan cukup kecil jika Anda bandingan dengan di komputer. Dengan resolusi lebar 128 pixel x tinggi 128 pixel, jika Anda konversi dalam centimeter yaitu lebar 3,9 cm x tinggi 3,9 cm. 

Handphone Keluaran Lama

Anda yang sudah lama memakai Facebook tentunya pertama kali mungkin mengaksesnya menggunakan handphone jadul. Kemudian layar HP tersebut memiliki ukuran dan resolusi yang kecil, terutama untuk HP yang belum touchscreen. Untuk resolusinya dengan lebar 50 pixel x tinggi 50 pixel, dan jika konversi dalam centimeter yaitu lebar 1,3 cm x tinggi 1,3 cm. 

Komputer

Berikutnya yaitu Anda yang mengakses dan mengupload foto profil Facebook dengan komputer. Ukuran untuk yang dari komputer ini lebih besar dari handphone apapun. Dengan resolusi tinggi 170 pixel x lebar 170 pixel, jika Anda konversi dalam centimeter yaitu tinggi 4,5 cm x lebar 4,5 cm. 

Bagaimana Jika Ingin Menentukan Ukuran Untuk Bagian Lain?

Tentunya selain ukuran cover Facebook dan foto profil, masih ada yang lainnya. Anda juga bisa memahami ukuran foto yang akan diupload seperti status, story, cover grup, dan foto link artikel di Facebook. Ukuran – ukuran tersebut, antara lain :

1. Ukuran Foto Status

Anda yang masih aktif di Facebook pasti sering mengupload foto – fotonya agar bisa muncul di beranda dan profil. Setiap foto status yang Anda unggah tentunya memiliki resolusi tertentu agar hasilnya maksimal. Terdapat tiga ukuran yang bisa Anda pahami berikut ini. 

  • Ukuran foto dengan resolusi lebar 1200 pixel x tinggi 630 pixel. Jika Anda konversi menjadi centimeter yaitu lebar 31,7 cm x tinggi 16,6 cm.
  • Ukuran foto dengan resolusi lebar 1200 pixel x tinggi 504 pixel. Kemudian jika Anda konversi menjadi centimeter yaitu lebar 31,7 cm x tinggi 13,3 cm/
  • Ukuran foto paling kecil ini beresolusi lebar 1200 pixel x tinggi 470 pixel. Lalu jika Anda konversi ke centimeter yaitu lebar 31,7 cm x tinggi 12,4 cm.

2. Ukuran Foto Story

Kemudian selain ukuran cover Facebook, ada juga ukuran foto story yang bisa Anda sesuaikan nanti. Memiliki akun media sosial dan sering aktif pastinya tidak lengkap jika belum mengupload story. Namun tidak sedikit yang merasa kesal karena ketika mengunggah foto sebagai story sering mengalami crop dan tidak pas posisinya.

Pengguna Facebook mungkin lebih banyak mengaksesnya menggunakan handphone sehingga akan mudah mengedit foto nya. Nah untuk ukurannya sendiri yaitu lebar 1080 pixel x tinggi 1920 pixel. Nantinya jika Anda konversi dalam centimeter adalah lebar 28,6 cm x tinggi 50,8 cm. 

3. Ukuran Cover Grup 

Berikutnya yaitu menentukan ukuran foto atau cover grup Facebook. Tidak heran bagi kebanyakan orang yang memiliki akun Facebook bergabung ke dalam grup yang ada di dalamnya. Biasanya cover grup yang terpasang akan menjadikannya terlihat mencolok dan menarik banyak orang untuk bergabung. 

Untuk ukurannya sendiri adalah lebar 1640 pixel x tinggi 856 pixel, dengan ukuran ini hasil foto cover grup akan bagus. Namun jika Anda rasa terlalu besar ukuran tersebut maka bisa resize ke resolusi lebar 1200 pixel x tinggi 626 pixel. 

Selanjutnya selain ukuran cover Facebook, terdapat ukuran foto link artikel. Ketika Anda membagikan artikel ke Facebook maka bisa juga memberikan foto untuk menarik pengguna lain membaca. Ukuran foto sendiri beresolusi lebar 1200 pixel x tinggi 630 pixel.  

Sudah Paham Cara Menentukan Ukuran Cover Facebook?

Dengan demikian, Facebook merupakan platform media sosial yang sekarang ini masih banyak penggunanya. Kemudian masih saja menemukan orang – orang yang merasa tidak puas karena foto mereka upload tidak sesuai ukurannya. Maka dari itu pentingnya memahami ukuran cover Facebook, foto profil, dan lainnya itu penting.Selain itu, juga bisa menjadi penanda untuk orang – orang yang ingin berkomunikasi dengan Anda apakah akun tersebut asli. Banyak pengguna Facebook yang membuat akun fake tanpa adanya foto apapun dan mereka gunakan untuk tindakan cyber crime. Yuk, jadi netizen yang smart di media sosial!

Temukan berbagai informasi marketing dan media sosial lainnya hanya diĀ entrepreneurcamp.id.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Cara Membuat Akun OpenSea dengan Mudah dan Cepat

Fenomena Ghozali yang menjual foto selfienya dengan harga fantastis melalui platform marketplace OpenSea membuat gempar publik di Indonesia. Sehingga, banyak orang ingin mengetahui cara...

Apa Itu NFT (Non Fungible Token) Beserta Cara Kerjanya?

Dalam beberapa waktu terdekat ini ada salah satu pembahasan yang cukup sering orang bicarakan. Pembahasan tersebut adalah mengenai Non Fungible Token atau NFT. Bagi...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!