Ide Konten TikTok untuk Promo Bisnis Online – Kamu sedang menjalankan sebuah bisnis online dan menggunakan TikTok sebagai salah satu platform promosi kamu? Jika iya, tandanya kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Sebagai sebuah platform dengan jutaan pengguna di Indonesia, rasanya akan sangat menguntungkan jika kamu membagikan konten yang sesuai untuk bisnis online kamu.

Nah, di sini akan kita ulas apa saja ide konten TikTok yang tepat untuk promosi bisnis online agar penjualan kamu bisa lebih maksimal.

Baca juga: Seller, Aktifkan Bebas Ongkir Tokopedia Sekarang!


6 Ide Konten TikTok untuk Promosikan Bisnis Online

Edukasi

Jika kamu membuka Tiktok sekarang juga akan besar kemungkinan kamu akan menemukan konten edukasi di FYP (For You Page) kamu.

Memang, ide konten Tiktok edukasi adalah salah satu tema yang mesti dicoba setidaknya sekali dan lihatlah perbandingan engagementnya dengan tema konten TikTok kamu yang lain.

Coba buatlah konten video edukasi yang berhubungan dengan bisnis yang sedang kamu jalani.

Sebagai contoh, jika bisnis kamu adalah kuliner pasta, kamu bisa memberikan konten edukasi tentang “berbagai jenis pasta yang ada di dunia“. Buatlah dengan menggunakan lagu latar yang sedang tren dan jangan lupa gunakan hashtag #samasamabelajar dan #FYP.

Baca juga : Reach dan Impression Instagram; Pengertian serta Manfaatnya untuk Bisnis

Tutorial

Jika produk yang kamu jual adalah sesuatu yang sudah lumrah digunakan banyak orang seperti skincare atau make up, tentu kamu harus atur strategi konten apa lagi yang harus dibuat.

Nah, kamu bisa membuat variasi ide konten TikTok kamu dengan memasukkan konten tutorial.

Cari hal yang sedang tren di dunia skincare dan make up. Misalnya, “tutorial skincare routine wajah glowing artis korea“.

Dari situ, kamu bisa meniru step skincare apa saja yang digunakan artis Korea tersebut.

Karena sepopuler apapun itu, pasti di luar sana ada banyak orang yang penasaran dan belum tahu cara melakukannya.

Jangan lupa gunakan teks pendukung, ya.

Baca juga : Fitur COD untuk Penjual, Bagaimana Cara Aktivasinya?

@alessa.miki

#greenscreen Korean glass skin, celebrity tips #koreanskincare #glassskin #SummerVlog #koreanskincareroutine

♬ Rendezvous – Sik-K

Produk

Setelah membuat ide konten TikTok yang menyinggung edukasi dan tutorial, jangan ketinggalan untuk membuat konten tentang produk itu sendiri.

Kamu pasti sering lihat kan video tutorial untuk membuat foto produk yang menarik dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti cermin, gambar awan di layar laptop, bahkan wadah transparan yang diisi air.

Nah, kamu bisa mempraktekkan ide konten TikTok tersebut untuk kebutuhan konten kamu sendiri.

@goldenbees.id

Aku emang ga jago foto… tpi ku coba apapun yg ‘memungkinkan’ demi @goldenbees.id 😌 #productphotography #fotoprodukkatalog #fotoproduk #madumurni

♬ alors on danse remix – hazellclouds

Behind the scene

Setelah kamu membuat konten produk yang ciamik, kamu juga bisa lho menarik engagement followers kamu dengan menggunakan ide konten TikTok behind the scene.

Tidak perlu membuat video yang sulit, cukup buat video sederhana di bawah satu menit dan tunjukkan bahwa bahan-bahan yang kamu gunakan semuanya berkualitas dan terjamin keamanannya, jika produk yang kamu jual adalah berupa makanan atau skincare misalnya.

Bahkan jika yang kamu jual adalah jasa fotografi, kamu bisa lho membuka sedikit “rahasia dapur” kamu seperti video di bawah ini dan jadikan kontenmu bisa membuat kagum para audiens dan mengalami mindblowing.

Packaging

Ide konten TikTok yang satu ini selain menarik perhatian followers kamu, akan besar kemungkinannya masuk FYP mereka yang memiliki small business juga.

Seperti yang kita ketahui saat ini rasanya banyak sekali yang berusaha membuat usaha kecil-kecilan dan membuka online shop untuk menambah kegiatan selama di rumah aja.

Bisa dibilang, membagikan konten saat melakukan packing atau bahkan memberikan tips packaging di TikTok akan menambah rasa percaya konsumen atau target market kamu di luar sana.

Selain itu juga, banyak yang mengakui kalau jenis konten ini termasuk oddly satisfying untuk ditonton bagi mereka yang bahkan tidak memiliki bisnis online juga.

Testimoni

Sudah tidak perlu diragukan lagi kalau konten testimoni adalah salah satu ide konten Tiktok yang mesti kamu realisasikan.

Rasanya, dimana pun platformnya, konten testimoni dari sebuah produk yang dijual akan selalu dicari oleh mereka para calon pembeli.

Selain menggunakan konten yang menampilkan testimoni secara biasa, kamu juga bisa membuat konten testimoni dengan melakukan duet atau stitch.

Baca juga: 7 Manfaat Google Form untuk Bisnis Online


Itu tadi enam ide konten TikTok yang bisa jadi inspirasi untuk promosi bisnis online kamu.

Namun, hal yang terpenting adalah lakukan secara konsisten dan dengan keinginan kuat disertai dengan plan yang jelas dan matang.

Sementara itu, untuk urusan tambahan modal, kamu bisa menggunakan produk KoinBisnis yang diluncurkan oleh KoinWorks.

Baca juga : Shopee Live Streaming, Apa dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Produk pinjaman ini diciptakan dengan tujuan untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan bunga pinjaman rendah yang berada di kisaran 0,75% hingga 1,67% per bulannya.

Satu hal yang tidak perlu kamu khawatirkan adalah tidak adanya biaya tersembunyi yang akan dikenakan karena semua dijalankan secara transparan.

Produk pinjaman tanpa agunan ini memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan pinjaman hingga 2 milyar rupiah. Selain itu prosesnya juga cukup mudah.

Karena itu, apapun bisnis online yang sedang kamu kembangkan bisa mendapat tambahan modal dalam waktu singkat. Sudah siap untuk mengajukan KoinBisnis sekarang?


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.