Reach dan Impression Instagram; Pengertian serta Manfaat untuk Bisnis – Instagram merupakan sosial media yang efektif untuk digital marketing.

Hal ini karena Instagram memiliki pengguna yang besar.

Instagram juga memiliki fitur untuk mengetahui efektivitas konten atau iklan marketing yaitu Instagram Insights.

Ada dua metrik Insights yang penting untuk analisis konten yaitu reach dan impresi Instagram.

Reach instagram dan impresi instagram adalah dua hal yang sangat berbeda namun masih banyak orang yang belum bisa membedakan keduanya.

Padahal dua metrik ini dapat kamu jadikan sebagai tolak ukur kesuksesan marketing kamu di Instagram.

Bukan hanya itu, mengetahui perbedaan impression dan reach di Instagram akan sangat membantu kamu dalam menyusun strategi sosial media marketing di Instagram.


Perbedaan Impression dan Reach di Instagram

Reach Instagram mengacu pada akun unik yang melihat konten kamu. Apabila konten kamu dilihat oleh 200 akun, maka reach konten kamu adalah 200. Sedangkan impresi Instagram adalah jumlah berapa kali konten kamu tampil di layar pengguna. Sebuah konten akan memiliki jumlah impresi yang sama atau lebih dari reach Instagram karena satu akun bisa saja mengklik konten kamu lebih dari satu kali.

Baca juga: Cara Upload IGTV dan Manfaatnya Bagi Bisnis


Manfaatnya untuk Bisnis

Informasi mengenai impresi dan reach Instagram sangat berguna untuk menyusun strategi pemasaran produk kamu di Instagram. Konten maupun iklan yang kamu pasang di Instagram dapat kamu analisis menggunakan reach dan impresi Instagram. Kamu dapat memanfaatkan data reach dan impresi Instagram untuk merencanakan promosi bisnis kamu. Adapun manfaat reach dan impresi Instagram adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Strategi Pemasaran
  • Brand Awareness

Jangkauan atau reach Instagram mencerminkan brand awareness bisnis kamu. Jika reach Instagram konten mencapai angka yang signifikan, artinya kesadaran masyarakat terhadap keberadaan brand bisnis kamu sudah semakin besar. Jangkauan bisnis kamu semakin luas sehingga semakin banyak orang yang mengenal produk atau brand jualan kamu.

  • Penambahan Audiens

Konten yang bagus akan menarik hati audiens. Apabila kamu berhasil menarik hati audiens, hal ini membuka peluang semakin banyak yang menjadi audiens akun kamu dan menjadi follower.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis, Mudah Dan Cepat

  • Ikatan Audiens dengan Brand

Followers yang banyak belum cukup untuk menggambarkan adanya ikatan antara audiens dengan brand bisnis kamu. Impresi Instagram yang semakin meningkat dapat menggambarkan adanya ikatan antara audiens dengan brand bisnismu.

2.  Mengetahui Efektivitas Konten

Instagram memberikan kamu laporan tentang efektivitas konten sehingga membantu dalam proses optimasi. Kamu bisa mendapatkan data aktivitas seperti likes, comment, saved. Bisa juga dibagi antara foto, video, dan carousel post. Rentang waktu data yang ditampilkan pun mencapai 2 tahun terakhir. Melalui Insights di setiap konten kamu dapat melihat reach dan impresi Instagram sehingga membantu kamu menganalisis efektivitas konten marketing kamu selama ini.

Baca juga: Endorse dan Paid Promote Instagram, Apa Bedanya?

Misalnya jumlah impresi konten kamu besar tetapi konversinya (likes, komentar, share) sangat kecil, artinya ada yang salah dengan materi konten kamu. Reach Instagram dari tiap konten yang cenderung stagnan atau tidak bertambah bisa berarti kamu harus memperbaiki strategi konten, apakah konten sudah diterbitkan di waktu yang tepat, hashtag yang bagus, dan sebagainya.

Cara Meningkatkan Reach dan Impresi Instagram

Untuk meningkatkan impresi dan reach Instagram ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  1. Kenali dengan baik profil audiens

Buatlah materi konten yang sesuai dengan usia audiens atau followermu. Hal ini juga berarti kamu membuat konten yang cocok dengan usia target pasar.

  1. Gambar atau video  yang menarik

Gunakan gambar atau video beresolusi tinggi agar enak dipandang mata. Pastikan kamu menggunakan gambar yang tidak memiliki hak cipta atau gunakan gambar kamu sendiri.

  1. Font yang mudah dibaca

Pilihlah font dan ukuran font yang mudah dibaca agar audiens betah melihat konten yang kamu buat. Pastikan juga font yang kamu pilih tidak memiliki hak cipta dari pembuatnya.

  1. Warna solid dan kuat

Sebaiknya jangan gunakan lebih dari satu warna primer. Gunakan kombinasi warna yang menarik agar audiens tertarik melihat konten kamu.

Baca juga: 7 Cara Membuat Linktree di Instagram dan Manfaatnya

  1. Caption yang menarik

Buatlah caption yang menarik dan tidak membosankan. Metode story telling bagus kamu gunakan. Jangan lupa untuk sesuaikan gaya bahasa dengan profil audiens.

  1. Tambahkan CTA

Tambahkan kalimat Call To Action yang mengajak audiens kamu tertarik melakukan tindakan.

  1. Gunakan hashtag yang tepat

Hashtag adalah salah satu cara termudah untuk menemukan postingan sesuai yang dicari di Instagram. Untuk hal ini kamu perlu riset dulu untuk tahu apa yang sedang trend. Gunakan hashtag secukupnya saja sesuai konten.

  1. Mengajak follower untuk like, komentar, dan share

Kamu juga bisa mengadakan giveaway untuk menarik audiens melakukan reaksi di konten bisnismu.

9. Waktu yang tepat untuk posting

Perhatikan analytics akun kamu untuk melihat waktu dimana konten dilihat lebih banyak audiens.

10. Gunakan fitur story

Fitur story Instagram memiliki reach dan impresi yang lebih baik dari post. Kamu bisa memaksimalkan story untuk mengarahkan pengunjung menuju ke post.

11.  Lakukan promosi

Terakhir, kamu bisa melakukan promosi ewat kolom komentar, bertukar post dengan akun lain atau dengan memanfaatkan sosial media.

Setelah kamu dapat membedakan kedua metrik reach dan impression, kamu bisa  mulai membangun social media engagement. Secara garis besar kampanye sosial media bertujuan meningkatkan engagement, sehingga jika konten kamu memiliki sedikit atau bahkan tidak ada like, comment, itu artinya ada yang salah dengan konten.

Baca juga: Raih Omset 10 Juta Pertama di Shopee


Jika kamu butuh tambahan modal untuk meningkatkan marketing, KoinBisnis dari KoinWorks dapat memberikan pinjaman modal bisnis untuk kamu.

Pinjaman tanpa agunan dari KoinBisnis hingga 2 milyar rupiah dengan bunga sangat rendah hanya 0,75-1,67% per bulan.

Tenor pembayaran dapat kamu sesuaikan dengan keadaan bisnismu mulai dari 6-12 bulan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.