HomeMarketing7 Manfaat Google Form untuk Bisnis online

7 Manfaat Google Form untuk Bisnis online

7 Manfaat Google Form untuk Bisnis Online – Proses pengembangan bisnis online harus dilakukan secara kreatif dan berkesinambungan agar bisa mengungguli kompetisi pasar yang ketat.

Salah satu hal sederhana yang patut dilakukan pebisnis online modern adalah membuat Google Form.

Ternyata kegunaan Google Form bukan sekadar menunjang aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Manfaat Google Form juga dapat mendukung kelancaran bisnis online.


Apa Yang Dimaksud Dengan Google Form?

Google Form adalah aplikasi administrasi Google yang dapat digunakan untuk mengumpulkan survei, membuat tabel pengamatan dan evaluasi online, serta mendokumentasikan data-data penting secara sistematis.

Google Form merupakan salah satu rangkaian aplikasi kantor Google yang tergabung dengan sejumlah aplikasi penting lainnya, yaitu Google Docs, Google Sheet, Google Slides, Google Drive, dan Gmail.

Cara membuat Google Form ternyata sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah praktis berikut ini jika ingin membuat survei dengan Google Form:

• Proses membuka halaman Google Form bisa dilakukan melalui URL browser atau Google Drive dengan cara sebagai berikut:

Ketiklah form.google.com pada address bar lalu klik blank atau pilih template.

Masuk ke Google Drive lalu klik new dan pilih opsi lainnya. Arahkan kursor ke kanan lalu klik blank form atau from a template.

• Untuk mengganti nama formulir, klik Untitled Form pada bagian kiri atas lalu mulailah mengetik nama baru yang kamu inginkan.

• Kamu juga bisa mengganti warna tema formulir dengan meng-klik palet kemudian memilih warna.

• Selanjutnya, kamu juga dapat mengatur pilihan pertanyaan dan jawaban dengan memilih salah satu opsi, antara lain pilihan ganda, checklist, jawaban singkat, dan lainnya.

• Jika ingin menambahkan pertanyaan baru, kamu tinggal mengklik add question.

• Kamu juga bisa menambahkan foto dan video untuk memperjelas pertanyaan pada Google Form.

• Saat kamu sudah selesai membuat daftar pertanyaan, klik kirim untuk mengirim Google Form tersebut. Kamu bisa mengirim Google Form via email atau membagikannya di akun media sosialmu.

Baca juga : Manfaat Hashtag Instagram Dalam Bisnis


Mengenal Manfaat Google Form Untuk Mendukung Bisnis online

Beberapa manfaat Google Form untuk mendukung bisnis online berikut ini pasti membuatmu tak ragu memanfaatkannya:

1. Merapikan Sistem Dokumentasi Bisnis Secara Gratis

Kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika menggunakan Google Form untuk merapikan sistem dokumentasi bisnis online.

Sama seperti aplikasi Google lainnya, Google Form bisa digunakan secara gratis. Data-data yang diperoleh dari pengisian Google Form dapat dikelompokkan secara sistematis tanpa butuh waktu lama atau keterampilan khusus.

2. Mengumpulkan Data ketika Mengadakan Giveaway

Berbicara tentang promosi bisnis online memang belum lengkap tanpa membahas giveaway. Momen giveaway harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengumpulkan data-data para peserta.

Sebaiknya kamu meminta peserta giveaway mengisi Google Form sebagai salah satu syarat utama. Sehingga kamu bisa memperoleh informasi kontak para peserta giveaway secara mudah untuk mendukung upaya promosi bisnis selanjutnya.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis, Mudah Dan Cepat

3. Menyempurnakan Sistem Pendaftaran Event

Sistem pendaftaran event kini bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan Google Form. Kamu bisa mengandalkan kegunaan Google Form untuk mengumpulkan data-data peserta event, mulai dari nama, nomor kontak, alamat email, pekerjaan atau profesi, hingga motivasi mengikuti event. Semua data tersebut nantinya bisa dicetak agar hardcopy-nya dapat dijadikan lembar konfirmasi ketika acara berlangsung.

4. Mendapatkan Kritik dan Saran Secara Praktis

Kegunaan Google Form juga dapat membantumu mengumpulkan kritik dan saran untuk bisnis online secara praktis.

Para pelanggan yang berasal dari berbagai daerah bisa menyampaikan kritik dan saran secara mudah hanya dengan mengisi Google Form yang telah kamu siapkan. Selanjutnya, kamu patut memanfaatkan kritik dan saran tersebut untuk memperbaiki bisnis online agar sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Baca Juga: Cara Dapatkan Banyak Followers Di Tokopedia

5. Merangkum Data-Data Influencer

Suatu bisnis online wajib memanfaatkan jasa influencer (misalnya blogger, vlogger, selebgram, atau seleb Tiktok) agar bisnisnya lekas populer. Salah satu cara paling mudah untuk merangkum data-data influencer yang akan diajak bekerja sama yaitu dengan mewajibkan pengisian Google Form.

Melalui data-data Google Form tersebut, kamu dapat menyeleksi influencer sebelum mengajukan penawaran kerja sama.

6. Mewujudkan Konsep Bisnis Go Green

Membuat Google Form dan mempublikasikannya merupakan salah satu upaya konkret menjalankan bisnis online dengan konsep go green. Pemanfaatan Google Form membuatmu tak perlu repot mencetak hard copy kemudian menyebarkannya kepada pelanggan atau pengguna internet.

Proses pengumpulan data bisa dilakukan secara paperless sehingga lebih praktis dan hemat biaya.

7. Membuat Proses Pengisian Formulir Jadi Lebih Fleksibel

Kegunaan Google Form membuat proses pengisian formulir jadi lebih fleksibel tanpa dibatasi ruang dan waktu. Pelanggan atau pengguna internet yang menjadi target survei bisa mengisi Google Form kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet. Fleksibilitas tersebut juga membuatmu tak perlu khawatir dengan risiko lembar formulir hilang atau rusak.


Setelah memahami manfaat dan cara membuat Google Form, pasti kamu tak ragu lagi menggunakannya untuk mendukung bisnis online. Kini, masalah modal bisnis online juga tak akan menyulitkanmu. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas KoinBisnis dari KoinWork. KoinBisnis adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk bisnis dengan limit mencapai 2 miliar rupiah dan bunga sangat rendah.

KoinBisnis memfasilitasi pinjaman modal bisnis dengan bunga berkisar antara 0,75% hingga 1,67% per bulan. Proses persetujuan dan pencairannya bisa langsung disalurkan ke rekening bank hanya dalam waktu satu sampai tiga hari. Soal urusan pembayaran cicilan, kamu tinggal melakukan transfer via rekening virtual secara cepat dan praktis. Kamu juga tak perlu khawatir dengan biaya penalti jika ingin melunasi pinjaman lebih awal.

Persiapan modal yang memadai dan dukungan kecanggihan teknologi merupakan kunci kesuksesan suatu bisnis online. Yuk, pelajari teknologi canggih dan segera manfaatkan KoinBisnis untuk mendukung kemajuan bisnis online-mu.


Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Apa Itu Valuasi: Cara Menghitung, Manfaat, dan Faktornya

Ketika mendengar berita, membaca artikel, ataupun melakukan diskusi seputar ekonomi dan investasi, kamu akan sering menemukan suatu istilah penting yakni valuasi. Istilah ini memang...

Apa itu Newsletter? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Mungkin kamu belum memahami betul apa itu newsletter? Namun, tanpa sadar kamu bisa saja sudah menemukannya jika sering memeriksa email. Email yang berisikan promosi...

Apa itu Profit? Berikut Jenis dan Cara Menghitungnya

Melakukan bisnis harus melalui berbagai riset dan strategi, terutama dalam pengembangan produk dan pemasaran. Apabila kamu telah melakukan pemasaran dengan baik, maka kamu akan...

Ketahui Apa Itu ROI dan Cara Penghitungannya!

Setiap investasi pasti memiliki resiko keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu, kedua aspek untung dan rugi tersebut perlu dilakukan perhitungan dan proyeksi terhadap investasi...

Apa Itu Seed Funding? Begini Cara Mendapatkannya

Apa itu seed funding? Seed funding adalah pendanaan tahap awal berbasis ekuitas yang dilakukan secara resmi. Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal awal untuk bisa...
Berlangganan Email

Berlangganan Email

Dapatkan panduan mengembangkan bisnis gratis lewat email. Masukkan email Anda dan dapatkan panduannya!

You have Successfully Subscribed!