Fitur COD Shopee untuk Penjual, Bagaimana Aktivasinya? – Shopee merupakan marketplace yang dikenal memiliki berbagai macam fitur untuk memudahkan pengguna.

Sebagai seorang penjual/seller, kamu harus mengenal semua fitur ini sehingga bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan performa penjualan toko di Shopee.

Salah satu fitur menarik yang dapat kamu manfaatkan untuk menarik pelanggan adalah sistem Cash on Delivery Shopee atau disingkat sistem COD Shopee.

Sistem COD Shopee merupakan salah satu metode pembayaran dimana pelanggan toko kamu dapat melakukan pembayaran secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima.

Sehingga mengaktifkan sistem COD Shopee pada toko kamu bisa menarik calon pembeli yang masih ragu untuk berbelanja online.

Metode COD Shopee juga disukai oleh pelanggan yang belum  familiar dengan metode pembayaran melalui transfer  bank.

Baca Juga: Cara Krim Paket Ke Luar Negeri

Mengaktifkan sistem COD Shopee untuk penjual juga sangat mudah. Syarat COD Shopee juga mudah dipenuhi oleh para seller di Shopee.  Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai cara mengaktifkan sistem COD Shopee untuk penjual dapat kamu simak di bawah ini.


Cara Mengaktifkan Fitur COD Shopee Via Aplikasi

Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan sistem COD Shopee untuk penjual adalah sebagai berikut.

  1. Klik ‘Saya’ di pojok kanan bawah lalu pilih ‘Toko Saya’ di pojok kiri atas.
  2. Klik “Jasa Kirim Saya’

Kredit: Shopee.co.id
  1. Aktifkan jasa kirim yang mendukung metode pembayaran COD Shopee

Kamu harus mengaktifkan jasa kirim yang mendukung metode pembayaran COD Shopee. Jasa kirim yang yang mendukung sistem COD yaitu J&T Express, Shopee Express, dan Standar Ekspress untuk pengiriman dari luar negeri.

FItur COD Shopee
Kredit: Shopee.co.id
  1. Aktifkan metode pembayaran COD, lalu klik ‘Simpan’
FItur COD Shopee
Kredit: Shopee.co.id


Cara Mengaktifkan COD Shopee Via Seller Centre

Selain melalui aplikasi di Shopee, kamu juga dapat mengaktifkan COD Shopee melalui Shopee Seller Centre. Cara mengaktifkan COD Shopee di Seller Centre juga sangat mudah yaitu:

  1. Klik ‘Pengaturan Toko’ pada halaman Utama Seller Centre.
  2. Klik ‘Jasa Kirim Saya’. Aktifkan COD  jasa kirim J&T Express dan Shopee Express.
Kredit: Shopee.co.id
  1. Aktifkan sistem COD Shopee pada jasa kirim (J&T Express dan Shopee Express) lalu ‘Simpan’.
Kredit: Shopee.co.id
Baca juga : GRATIS! Ini 6 Channel untuk Belajar Bisnis

Demikian cara mengaktifkan sistem COD Shopee melalui aplikasi dan Shopee Seller Centre. Adapun jika posisi kamu sebagai pembeli, cara COD di Shopee dapat kamu lakukan dengan tiga cara, yaitu:

  1. Pada saat mencari produk yang mendukung metode COD Shopee, kamu bisa menggunakan filter dengan cara klik ‘Filter’ lalu pilih ‘COD (Bayar di Tempat)’ pada ‘Opsi Pembayaran’. Melalui cara ini maka produk yang ditampilkan pada hasil pencarian hanya produk dari toko yang mengaktifkan fitur COD di Shopee.
Kredit: Shopee.co.id
  1. Jika produk dan jasa kirim yang kamu pilih mendukung sistem COD Shopee, maka cara COD di Shopee saat check out kamu bisa memilih COD sebagai metode pembayaran.
Kredit: Shopee.co.id
  1. Memilih Tab ‘COD’ di ‘Hasil Pencarian’. Cara lain untuk memfilter produk yang muncul hanya yang mendukung COD Shopee adalah klik ‘COD’ di ‘Hasil Pencarian.’
Kredit: Shopee.co.id


Syarat Sebelum Aktivasi

Ada beberapa hal yang yang harus kamu pahami sebagai penjual maupun pembeli terkait syarat COD Shopee serta ketentuan yang harus diikuti saat menggunakan fitur ini.

  1. Area Jangkauan COD Shopee

Jasa kirim yang mendukung COD Shopee tidak semua menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Jika ingin menjangkau konsumen di luar pulau Jawa, kamu harus mengaktifkan J&T sebagai jasa kirim yang digunakan toko. Adapun COD menggunakan Shopee Express maupun Standar Ekspres hanya menjangkau sebagian wilayah pulau Jawa. Informasi area jangkauan selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

  1. Pastikan Mengaktifkan Fitur COD Shopee di Tokomu

Meskipun kamu sudah memiliki toko di Shopee, fitur COD Shopee tidak otomatis aktif. Pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur ini dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga : Omset 10 Juta Pertama Tokopedia

  1. Pembeli Harus Membayar Sebelum Menerima Barang

Sebelum menerima dan membuka barang, pembeli barang harus membayar terlebih dahulu barang yang telah dipesan. Jadi kamu sebagai pembeli tidak boleh mengecek barang terlebih dahulu sebelum membayar.

  1. Pemblokiran Pengguna dari Layanan COD Shopee

Apabila kamu sebagai pembeli tidak membayar dalam 2x kirim (jangka waktu 60 hari), maka secara otomatis kamu akan diblokir dari layanan COD di Shopee.

Baca juga: Cara Jemput Paket J&T Tanpa Harus Keluar Rumah

  1. Biaya Penanganan

Sejak 25 November 2020 metode pembayaran COD berlaku biaya penanganan untuk seluruh pengguna. Untuk pesanan pertama sampai keenam biaya penanganan COD Shopee 0%. Untuk pesanan ketujuh dan seterusnya kamu dikenakan biaya penanganan sebesar 3%. Jika kamu dropshipper dikenakan biaya penanganan sebesar 8%.

  1. Harga Minimal dan Maksimal Produk COD di Shopee

Metode pembayaran di tempat hanya berlaku jika total pembayaran sebesar Rp50.000,00 dan maksimal Rp3.000.000,00. Pembeli harus membayar senilai total pembayaran pada saat check out.

  1. Asuransi COD Shopee

Pengiriman dengan jasa kirim J&T dan Shopee Express memberikan asuransi tanpa tambahan biaya. Kamu juga akan mendapatkan garansi 100% sesuai harga barang jika terdapat  masalah pada barang yang kamu pesan.

Syarat COD Shopee tidak sulit untuk diikuti seller, kan? Fitur ini bisa mendukung kamu mendapatkan lebih banyak pelanggan. Saat ini mendapatkan bantuan pinjaman modal usaha juga sudah mudah kamu dapatkan dimana-mana. Jika kamu mencari pinjaman modal tanpa agunan kamu bisa melihat tawaran menarik KoinBisnis dari KoinWorks. KoinBisnis menawarkan pinjaman modal hingga maksimal 2 milyar rupiah dengan bunga cicilan rendah hanya 0,75-1,67% perbulan. Kamu juga bisa memilih tenor pinjaman 6-12 bulan sesuai kondisi finansialmu dengan masa pencairan dana hanya 1-3 hari. Pembayaran biaya cicilan juga tidak repot, kamu cukup transfer dan pantau melalui rekening virtual.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.