HomeMarketingDigital MarketingApa Itu Social Signal? Ketahui Apa Manfaatnya untuk Bisnis

Apa Itu Social Signal? Ketahui Apa Manfaatnya untuk Bisnis

Apa itu social signal?

Kamu mungkin tidak mengetahui bahwa semua likes, retweet, dan pin di media sosial dapat membantu peringkat situs web lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Interaksi ini dikenal sebagai social signal atau sinyal sosial, dan mulai berdampak dalam kategorisasi konten di mesin pencari seperti Google. 

Social signal merupakan kriteria atau evaluasi sebuah website dengan brand media sosial. Wujud dari sinyal sosial, yakni berupa like, share, subscribe, vote, pin, atau followers secara keseluruhan yang diidentifikasi oleh search engine.

Dampak Baik Social Signal 

Sinyal sosial berkontribusi pada peringkat pencarian organik halaman dan dilihat sebagai bentuk kutipan lain, mirip dengan backlink.

Meskipun Google mengklaim bahwa media sosial tidak memiliki dampak langsung pada SEO, tetapi spesialis SEO telah menunjukkan bahwa media sosial memang memiliki dampak tidak langsung. 

Aktivitas pengguna media sosial (netizen) mempengaruhi hasil mesin pencari hingga meningkatkan social signal. Misalnya, kamu dapat melihat konten di Facebook fanpage yang sering muncul di hasil pencarian.

Nyatanya, media sosial lebih dari sekadar channel pengiriman pesan. Media sosial juga berdampak pada SEO toko online. Hal ini membuat operasi e-commerce menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk membangun strategi media sosial kohesif yang berfokus pada promosi kampanye, penjualan, dan produk bernilai tinggi.

Manfaat Social Signal pada Akun Bisnis

Berikut ini manfaat dari social signal bagi suatu website, bahkan untuk bisnis kamu.

1. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Manfaat sinyal sosial yang pertama adalah meningkatkan ranking SEO. Jika artikel kamu menerima banyak like dan share, itu berarti artikel berisi sesuatu yang berharga.

Ini menunjukkan bahwa konten memiliki efek yang menguntungkan pada pembaca dan berfungsi sebagai pengukur nilai konten kamu. Selain itu, artikel kamu adalah sesuatu yang dicari oleh algoritma Google.

Hal tersebut masuk akal, mengingat social signal digunakan sebagai sebagai indikator langsung popularitas sebuah situs. Jumlah individu yang datang dan menyukai situs kamu akan terhitung dari jumlah likes, share, dan retweet.

2. Mengukur Popularitas

Social signal ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengukur popularitas dengan memindai statistik. Kamu dapat menggunakan Instagram untuk mengetahuinya. Sebab, Instagram memiliki fitur Insights, di mana kamu dapat memeriksa berapa banyak views, like, saved, dan shared.

Untuk mencapai popularitas tersebut, kamu dapat mencari topik yang sedang tren. Grup Reddit, Quora, dan Facebook hanyalah beberapa contoh forum media sosial tempat kamu dapat mengetahui topik apa yang sedang tren.

3. Berkontribusi untuk Meningkatkan Domain Authority

Social signal meningkatkan otoritas domain situs web kamu dan memberinya lebih banyak otoritas. Kamu harus sering memperbarui informasi baru ke situs web kamu, untuk membuatnya lebih baik, sertakan fitur seperti pin, bagikan, dan likes.

Kamu membangun domain authority lebih banyak ketika kamu menerima lebih banyak sinyal sosial. Sebagai hasilnya, orang akan lebih menghargai dan mempercayai situs web kamu, dan mereka ingin menautkan nya.

4. Audiens yang Lebih Besar

Melalui peringkat organik Google untuk situs web dengan social signal yang optimal, kamu dapat mengakses audiens yang jauh lebih luas daripada yang mungkin kamu lakukan sebelumnya. Platform media sosial sangat baik untuk mendapatkan pers gratis dengan menyebarkan materi yang menarik.

5. Meningkatkan Tautan Situs Kamu

Peringkat kamu akan sangat dipengaruhi oleh jenis tautan yang mengarah ke situs web kamu. Misalnya, jika kamu mendapatkan tautan untuk situs kamu, tetapi konten yang menautkan ke kamu berkualitas rendah dan tidak mendapat social share. Ini menunjukkan bahwa kekuatan yang menuju situs kamu sangat kecil.

Jika link tersebut berguna dengan banyak social signal, itu menunjukkan bahwa konten tersebut berharga dan dapat dipercaya.

6. Kepercayaan dan Keahlian

Social signal memberitahu mesin pencari tentang otoritas, dominasi, atau pengetahuan yang situs web kamu miliki di bidangnya. Contohnya, situs web populer pasti akan dibicarakan di media sosial, jika sedang dibahas di tempat lain di internet.

7. Traffic dari Pengunjung Meningkat

Manfaat social signal terakhir adalah manfaat yang datang dari peningkatan peringkat. Sebut saja, situs web kamu berada di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Dari hal tersebut, mayoritas orang yang melakukan pencarian tentang topik terkait dengan produk atau layanan kamu akan menemukan situs web kamu di sana.

Tiga situs web pertama yang muncul di halaman pertama hasil pencarian biasanya menerima klik paling banyak. Akibatnya, jika situs web kamu adalah salah satunya, kamu akan menerima pengunjung setiap kali seseorang melakukan pencarian untuk sesuatu yang berhubungan dengan topik konten kamu.

Cara Mengoptimalkan Social Signal

Karena sekarang banyak sekali aktivitas berbagi (sharing) terjadi di platform media sosial besar, social signal terbilang menjadi sama pentingnya dengan kualitas konten, linking, dan lainnya.

Ini menunjukkan bahwa selain teknik SEO standar, strategi media sosial yang komprehensif mungkin perlu bagi perusahaan yang mencoba meningkatkan peringkat pencarian mereka. 

Dengan kata lain, strategi yang terencana untuk meningkatkan keterlibatan media sosial juga dapat meningkatkan posisi mesin pencari situs web kamu.

Salah satu faktor penting adalah konten yang kuat. Konten yang berharga, menghibur, atau informatif selalu menghasilkan interaksi yang lebih positif daripada iklan yang terang-terangan atau berisi spam. Beberapa metode untuk memperkuat social signal kamu, khususnya dalam bisnis, meliputi:

  • Posting setiap hari: Pertahankan brand kamu di bagian atas news feed media sosial dengan sering memposting.
  • Gunakan foto: Semua tingkat interaksi platform media sosial meningkat secara signifikan dengan gambar.
  • Dengarkan: Dengarkan apa yang orang lain katakan tentang brand kamu, lalu tanggapi kritik dengan cara yang positif dan bermanfaat.
  • Kontes: Kontes atau hadiah, seperti giveaway adalah metode yang bagus untuk membuat lebih banyak orang tertarik pada brand kamu.
  • Partnership: Bagikan atau share link dan buat konten orisinil dengan brand populer lainnya.
  • Mencakup semua basis media sosial: Menghasilkan konten untuk semua platform media sosial teratas.
  • Kenali audiens kamu: Buat konten bermanfaat yang sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens kamu dengan mengenal mereka.
  • Sertakan tombol berbagi media sosial di halaman situs web kamu: Tujuannya, agar pengguna dapat dengan mudah membagikan konten kamu di media sosial dan membantu kamu mendapatkan social signal..
  • Ajakan untuk bertindak: Mintalah pembaca kamu untuk membagikan apakah artikel kamu bermanfaat.

Yuk, Tingkatkan Interaksi di Media Sosial Bisnismu!

Itulah penjelasan mengenai apa itu social signal dan manfaatnya untuk website dan bisnis kamu. Obrolan media sosial akan mempengaruhi seberapa populer suatu website.

Selain itu, memanfaatkan media sosial sebagai sumber daya bisnis adalah langkah terbaik yang dapat kamu lakukan.

Oleh karena itu, tingkatkan interaksi media sosial, agar situs web kamu dapat naik ke peringkat teratas!


Temukan inspirasi bisnis lainnya seputar teknologi, digital marketing, media sosial dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...