Apa Itu Digital Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis?

162
digital marketing adalah

Digital marketing adalah skill penting yang sekarang ini dibutuhkan pada berbagai sektor bisnis. Makanya, tak heran jika banyak orang yang mulai belajar skill yang satu ini. Umumnya, teknik pemasaran yang satu ini digunakan untuk memasarkan produk atau layanan secara digital.

Meski istilah ini sudah tidak asing bagi mayoritas orang, namun ternyata masih ada beberapa orang yang belum paham apa itu digital marketing dan jenis-jenisnya. Nah, untuk kamu yang juga merasa penasaran, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Digital Marketing untuk Bisnis

Digital marketing adalah suatu upaya pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital dan juga jaringan internet dengan memanfaatkan berbagai platform digital, seperti WhatsApp Business, sosial media, Google Bisnisku, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengartikan digital marketing sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan jaringan serta teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran suatu bisnis.

Pengguna internet yang jumlahnya semakin bertambah membuat peluang dan keuntungan menerapkan teknik digital marketing ini menjadi semakin besar. Apalagi arus globalisasi juga sangat mendukung setiap bisnis untuk menggunakan teknik pemasaran ini.

Baca juga: 7 Skill Digital Marketing yang Wajib Kamu Punya

Manfaat Digital Marketing

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, berikut ini adalah berbagai manfaat digital yang bisa kamu rasakan jika menerapkannya pada bisnis yang tengah kamu jalani:

1. Target Pasar yang Lebih Sesuai

Manfaat digital marketing pertama adalah dapat menentukan target pasar yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Sebab, dalam tiap platform digital, terdapat fitur khusus yang memungkinkanmu untuk mendapat data akurat tentang target pasar yang ingin kamu tuju.

Misalnya, kebiasaan dan preferensi hingga segmentasi pasar tertentu apakah sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan atau tidak. Dari data tersebut, nantinya kamu bisa menyusun strategi yang menurutmu paling sesuai untuk target pasar tersebut.

2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Segala strategi pemasaran yang kamu lakukan melalui platform digital akan memudahkanmu dalam melakukan evaluasi dan juga analisis pemasaran. Karena berbagai data penting, seperti total penjualan, tingkat keberhasilan kampanye, hingga jumlah pengguna yang mengklik iklan bisa kamu ketahui dengan pasti.

Makanya, tak heran jika kini banyak perusahaan besar yang fokus pada pengembangan strategi pemasaran secara digital. Karena data yang tersedia sudah lengkap dan detail. Jadi, nantinya efektivitas penjualan maupun kampanye bisa lebih meningkat.

3. Menjangkau Hampir Semua Pasar

Jika bisnis milikmu sudah atau sedang menerapkan strategi marketing ini, tentunya kamu sudah paham bahwa pemasaran digital dapat menjangkau hampir semua pasar. Karena penerapannya yang tidak terbatas pada ruang dan waktu.

Jadi, digital marketing adalah metode yang paling tepat untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan agar bisa saling terhubung dengan pelanggan.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Dalam penerapannya, pemasaran digital terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah taktik agar website beserta kontennya bisa berada di halaman pertama pada hasil pencarian Google. Jadi, nantinya para pengguna internet bisa lebih mudah untuk menemukan web. Sehingga perusahaan mampu menjaring lebih banyak visitor.

Kemudian strategi SEO terbagi lagi ke dalam tiga kategori yang berbeda, yakni:

  • On page SEO, yaitu strategi yang fokus pada konten website. Seperti rutin mengunggah artikel yang SEO-Friendly.
  • Off page SEO, yaitu strategi yang bertujuan untuk mengoptimasi website dari luar agar dapat meningkatkan kredibilitas serta relevansi situs.
  • Technical SEO, yaitu strategi yang dapat mengoptimasi back-end website. Sehingga performanya menjadi lebih baik, mulai dari struktur website, kecepatan website, dan lainnya.

2. Social Media Marketing

Social media marketing menjadi salah satu jenis pemasaran digital yang sekarang ini diterapkan oleh hampir semua sektor bisnis. Apalagi kini sudah banyak pilihan platform media sosial yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bisnis.

Meski sekilas terlihat sederhana, nyatanya penerapan social media marketing ini membutuhkan strategi dan eksekusi yang matang. Hal tersebut dibutuhkan karena setiap sosial media cenderung memiliki karakteristik dan target audiens yang berbeda.

Jadi, kamu perlu mendalami setiap jenis media sosial yang ada agar bisa membangun taktik pemasaran yang pas dan jitu.

3. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) sekilas memang terlihat mirip dengan SEO. Hanya saja, fungsi utama SEM adalah untuk mengiklankan website di halaman pencarian pertama.

Sistemnya yang berbayar membuat penerapan SEM ini jauh lebih mudah dan instan daripada SEO. Artinya, halaman website milik bisnis bisa menduduki halaman pertama Google dengan lebih cepat dan akan muncul tanda ‘iklan’ di bagian atasnya.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika menggunakan SEM. Seperti dapat meningkatkan conversion rate, menentukan target audiens, serta biaya yang lebih minim daripada metode iklan tradisional.

4. Content Marketing

Jenis digital marketing yang cukup ampuh untuk kamu terapkan selanjutnya adalah content marketing. Secara umum, content marketing ini merupakan upaya untuk menghasilkan sekaligus mendistribusikan konten yang dapat memikat target pasar agar mereka bisa menjadi pelanggan bisnismu.

Sayangnya, tingkat kesuksesan content marketing ini tidak bisa instan dan memiliki progres yang cukup lama. Sebab, kamu harus konsisten dalam menyajikan berbagai konten yang relevan dengan bisnis dan mampu menjawab kebutuhan target pasar.

5. Email Marketing

Email marketing menjadi jenis pemasaran digital yang sangat cocok jika kamu ingin mengarah pada jenis pemasaran personal. Sebab, kamu perlu melakukan listing calon konsumen terlebih dulu untuk bisa menggunakan strategi pemasaran yang satu ini.

Artinya, email yang tidak masuk ke dalam listing tidak akan mendapat email yang berisi promosi dan sebagainya. Penerapan strategi pemasaran ini memang cukup praktis.

Karena kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya iklan yang relatif kecil, serta memiliki jangkauan yang luas. Bukan cuma itu saja, email juga dapat membantumu dalam menyampaikan pesan promosi atau pemasaran secara lebih efektif.

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing menjadi jenis pemasaran yang baru muncul beberapa tahun belakangan. Meski terbilang baru, nyatanya sudah banyak bisnis yang menerapkan strategi pemasaran yang satu ini. 

Sederhananya, affiliate marketing adalah strategi perusahaan dalam menjalin kemitraan dengan pihak lain yang menggunakan sistem komisi. Jadi, nantinya mitra afiliasi pada bisnis akan mendapat bayaran sesuai dengan jumlah produk yang terjual melalui link tertentu.

Affiliate marketing ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin memasarkan produk secara efektif dengan biaya yang terjangkau. Pemasaran ini juga cocok untuk memperluas jangkauan promosi, meminimalisir risiko bisnis, serta mendapatkan traffic yang lebih besar dari customer para affiliator.

Sudah Paham tentang Apa Itu Digital Marketing?

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu digital marketing lengkap dengan manfaat dan jenisnya yang menarik untuk kamu ketahui.

Dari banyaknya jenis pemasaran digital yang sudah disebutkan, manakah yang kira-kira paling tepat untuk diterapkan pada bisnis milikmu?