HomeIde BisnisApa Itu TIKI? Mengapa Kamu Harus Menggunakan TIKI?

Apa Itu TIKI? Mengapa Kamu Harus Menggunakan TIKI?

TIKI adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang. Berdiri sejak 1 September 1970 hingga kini telah memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia dan melayani segala kebutuhan pelanggan dengan profesional.

Barangkali kamu masih penasaran apa kelebihan TIKI dan apa saja layanan yang tersedia. Nah, artikel ini akan menjawab semua rasa penasaran kamu. Yuk, simak!

Apa Itu TIKI?

Bagi kamu yang masih baru dengan istilah TIKI, tentu bertanya-tanya apa itu TIKI? Singkatnya, TIKI adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang ekspedisi barang yang menawarkan berbagai layanan kirim. 

Dewasa ini, TIKI sudah mempunyai lebih dari 500 kantor cabang dan 3.700 outlet serta 6.000 karyawan lebih yang tersebar di 65 kota seluruh wilayah Indonesia.

Di samping layanan kirim dalam negeri, juga melayani pengiriman barang ke luar negeri dengan menggunakan international service. Sehingga, pelanggan dapat mengirim barang kemana saja dengan mudah. 

Sejarah Singkat TIKI

TIKI pertama kali berdiri pada 1 September 1970 oleh Soeprapto dan Ny Nuraini Soeprapto. Kemudian, pada tahun 1972, perusahaan tersebut bekerja sama dengan Gideon Wiraseputra, Alm Irawan Saputra, dan Raphael Rusmadi.

Pada 1972, bisnis TIKI hanya mampu menjangkau Semarang (Jawa Tengah), Pangkal Pinang (Sumatera), dan Surabaya (Jawa Timur). Selain itu, armada dan karyawan yang dimiliki masih sangat terbatas.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan tersebut mampu membuktikan diri dan semakin kuat serta membangun banyak cabang di seluruh kota yang ada di Indonesia. Sehingga, dapat melayani berbagai kebutuhan pengantaran barang para pelanggannya. 

Baca Juga: Apa itu JNT? Kelebihan, Layanan, dan Tokoh di Balik Kesuksesannya

Kelebihan TIKI

Berikut adalah 7 kelebihan TIKI sebagai bahan pertimbangan kamu saat ingin menggunakannya, yaitu

1. Tarif Pengiriman Terjangkau

Dibanding ekspedisi yang lainnya, TIKI tergolong memiliki tarif pengiriman yang terjangkau. Bahkan, bisa dikatakan lebih murah. Apalagi kalau kamu menggunakan layanan ekonomi dan reguler.

2. Real Time Tracking

Dengan adanya fitur real time tracking, kamu bisa melakukan pengecekan barang yang dikirim melalui hotline di nomor 1500251 maupun website resminya. Sehingga, kamu bisa memantau barang milikmu.

3. Layanan Asuransi

Adanya layanan asuransi merupakan upaya untuk menjaga keamanan dan keselamatan barang kamu saat dalam proses pengiriman. Dengan demikian, ketika terjadi kerusakan barang selama perjalanan proses pengiriman, kamu bisa mengklaim ganti rugi. 

4. Menjangkau Banyak Wilayah

Kelebihan TIKI yang berikutnya adalah mampu menjangkau banyak wilayah, terutama kota-kota besar. Di samping itu, adanya fasilitas seperti kantor cabang dan outlet dapat memudahkan pelanggan saat melakukan pengiriman barang. 

5. Sales Counter 24 Jam

Untuk mendukung pengiriman barang yang terus berjalan tanpa mengenal waktu, perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak 1970 tersebut memiliki gerai yang buka 24 jam di kota-kota besar.

Tujuannya supaya dapat memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan selama proses pengiriman barang.

6. Tersedia Banyak Layanan

Kelebihan lainnya adalah TIKI menyediakan berbagai layanan, mulai dari same day service, one night service, hingga international service. Maka dari itu, kamu bisa memilih layanan sesuai kebutuhan. Sehingga, barang bisa sampai tujuan dengan selamat sesuai estimasi waktu yang ada.

7. Berpengalaman

Berdiri sejak tahun 1970, pastinya perusahaan ini sudah memiliki pengalaman di bidang ekspedisi. Dengan demikian, pantas saja semua prosedur pengiriman sudah tertata baik dan terstruktur. 

Kelemahan TIKI

Selain kelebihan, TIKI juga memiliki kelemahan, yaitu: 

1. CS Tidak Responsif

Kelemahan TIKI yang pertama adalah CS (customer service) yang susah dihubungi dan kurang responsif. Padahal, dalam situasi tertentu, pelanggan membutuhkan bantuan dari CS untuk mendapatkan informasi. Misalnya, saat terjadi keterlambatan pengiriman atau yang lainnya.

2. Keterlambatan Pengiriman

Di samping CS yang kurang responsif, ternyata juga memiliki kelemahan yang berkaitan dengan proses pengiriman, yaitu adanya keterlambatan. Contohnya saja, untuk layanan ONS (one night service) barang yang seharusnya sampai dalam 1 hari nyatanya lebih dari yang dijanjikan.

3. Tidak Ada Konfirmasi Status Barang

Meskipun memiliki fitur real time tracking, ternyata pelanggan tidak bisa mengetahui lokasi paketnya dengan jelas, karena tidak ada konfirmasi status paket.

Produk dan Layanan TIKI

Berikut adalah 15 produk dan layanan yang disediakan oleh TIKI, yaitu:

1. SDS (Same Day Service)

TIKI menyediakan layanan SDS khusus untuk kamu yang membutuhkan pengantaran barang dengan cepat. Sehingga, tidak perlu menunggu berhari-hari, agar barang sampai tempat tujuan dengan aman.

2. ONS (One Night Service)

Jika dengan layanan SDS barang akan sampai hari itu juga, layanan ONS membutuhkan waktu 1 hari agar barang sampai ke penerima. Meski demikian, layanan ini juga cocok untuk kamu yang mengutamakan kecepatan. 

3. TDS (Two Day Service)

Layanan yang lainnya, yaitu TDS atau two days service. Sesuai namanya, layanan ini membutuhkan waktu dua hari saja agar barang sampai ke alamat tujuan

4. Regular Service

Kalau kamu tidak terburu-buru agar barang segera sampai, bisa gunakan layanan reguler service. Layanan tersebut membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari.

5. Economy Service

Jika kamu ingin menghemat biaya ongkos kirim, bisa gunakan economy service. Kamu harus rela menunggu sekitar 4-5 hari agar barang sampai.

6. Trucking Service

Layanan TIKI berikutnya adalah trucking service. Apabila kamu ingin mengirim barang dengan berat lebih dari 10 kg, cobalah menggunakan layanan ini. Sehingga, kamu tetap bisa mengirim barang dengan jumlah yang besar.

7. International Service

Nah, kalau kamu ingin mengirim barang ke luar negeri, pilihlah layanan international service. Namun, tenang saja, karena ongkos kirimnya masih terjangkau.

8. Pick Up Delivery

TIKI juga menyediakan layanan pick up delivery untuk pelanggan yang khawatir barangnya akan rusak atau lecet di jalan. Jika kamu menggunakan layanan ini, barang akan dijemput dengan mini bus van, sehingga akan tetap aman. 

9. PUTAR (Layanan Jemput Antar)

PUTAR adalah layanan jemput antar berbasis aplikasi yang memudahkan kamu dalam proses pengiriman paket dengan estimasi waktu maksimal 3 jam.

10. JEMPOL GRATIS

Kalau kamu tidak bisa datang ke kantor atau outlet, coba gunakan layanan JEMPOL (jemput online). Kurir akan datang untuk mengambil barang. Selain itu, kamu bisa membayar ongkos pengiriman saat itu juga tanpa biaya tambahan.

11. Email dan SMS Notification

Produk dan layanan TIKI berikutnya adalah adanya email dan SMS notification, yaitu pemberitahuan bahwa barang sudah sampai tujuan.

12. SOBATIKI

Selain itu, ada juga layanan keanggotaan atau membership yang disebut SOBATIKI. Dengan menjadi SOBATIKI, maka pelanggan akan mendapat berbagai penawaran atau benefit yang menguntungkan.

13. Drive Thru 24 Jam

TIKI mempelopori layanan drive thru yang buka selama 24 jam. Layanan tersebut memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang atau dokumen tanpa harus turun dari kendaraan. Sehingga, dapat memudahkan pelanggan.

14. Mobile Apps

Seiring perkembangan teknologi yang terus meningkat, perusahaan ekspedisi ini tidak ingin ketinggalan zaman. Maka, hanya dengan satu genggaman kamu sudah bisa menikmati semua layanan dan produk yang tersedia melalui aplikasi di telepon pintar.

Baca Juga: Apa itu JNE? Ini Dia Pengertian dan Macam-Macam Layanannya

Tertarik Menggunakan TIKI?

Demikian informasi mengenai apa itu TIKI, kelebihan, kekurangan, hingga produk dan layanan yang tersedia. TIKI adalah perusahaan ekspedisi yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun. 

Maka dari itu, TIKI sudah berpengalaman dalam mengelola bisnis serta menerapkan strategi yang tepat, agar terus bertahan seiring bertambahnya kompetitor. Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, kamu ingin menggunakan TIKI?

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Launching Produk Lebih Sukses, Terapkan 11 Tips ini!

Launching produk adalah proses penting untuk mengenalkan dan memasarkan sebuah produk secara sukses. Oleh karena itu, proses peluncuran produk ini harus benar-benar kamu siapkan sedemikian...

Cara Cetak Resi Shopee dengan Mudah di HP dan PC

Shopee merupakan salah satu platform belanja online paling terkenal di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Pengguna Shopee yang mencapai puluhan juta membuat banyak orang...

9 Jenis Pemasaran Online yang Efektif untuk Bisnismu

Di era digital seperti sekarang ini, jenis-jenis pemasaran online semakin canggih dan beragam. Mulai dari memanfaatkan website, media sosial, hingga optimasi Search Engine Optimization (SEO). Selain...

Apa Itu Mitra Shopee dan Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Era digital memudahkan siapa pun yang ingin membuka usaha dengan modal ringan. Nah, kamu bisa menggunakan platform Mitra Shopee untuk menjual produk non fisik...

Pentingnya Paham Market Insight untuk Perkembangan Bisnis

Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang target pasar atau market insight merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam strategi pemasaran. Lalu, apa itu market insight? Bagaimana cara mengetahui...