Pentingnya Paham Market Insight untuk Perkembangan Bisnis

315

Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang target pasar atau market insight merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam strategi pemasaran.

Lalu, apa itu market insight?

Bagaimana cara mengetahui market insight agar bisa membuat strategi pemasaran yang tepat?

Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Market Insight?

Tahukah kamu apa itu market insight?

Market insight berasal dari kata “market” yang artinya “pasar” dan “insight” yang artinya “wawasan”.

Jadi, secara harfiah market insight disebut juga dengan wawasan tentang pasar.

Market insight atau wawasan tentang pasar adalah kumpulan informasi atau fakta-fakta yang relevan tentang pasar.

Wawasan tentang pasar ini bisa kamu jadikan sebagai panduan untuk melakukan inovasi dan menyusun strategi pemasaran untuk bisnis kamu.

Karena memiliki dampak yang besar, wawasan pasar juga berpengaruh dalam menentukan perkembangan suatu bisnis.

Oleh karena itu, dalam mengumpulkan informasi tentang pasar, kamu harus melakukannya melalui riset yang matang, sehingga dapat menghasilkan data yang relevan dan objektif.

Ada berbagai macam data atau informasi pasar yang bisa kamu kumpulkan. Beberapa data tersebut, antara lain nilai pendapatan, jumlah produk terjual, market share, platform pemasaran, dan masih banyak lagi.

Manfaat Market Insight

Dengan memiliki wawasan yang baik dan komprehensif tentang pasar, akan memberikan manfaat yang besar untuk pertumbuhan bisnis kamu.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari wawasan pasar yang baik:

1. Bantu penuhi kebutuhan konsumen

Wawasan pasar mencakup beberapa hal, salah satunya yaitu pengetahuan tentang kebutuhan konsumen.

Kamu bisa mendapatkan gambaran tentang kebiasaan dan perilaku berbelanja konsumen terhadap suatu merek atau brand.

Dengan mengetahui sikap dan perilaku konsumen, maka kamu akan menemukan apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

Jika kamu bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen, maka kamu akan mampu menghasilkan produk atau jasa yang tepat untuk kebutuhan konsumen.

2. Modal untuk menyusun strategi pemasaran

Manfaat market insight selanjutnya adalah bisa membantu kamu dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Dengan melakukan riset pada konsumen, maka kamu juga akan mengetahui model iklan atau promosi seperti apa yang lebih disukai oleh para konsumen.

Informasi tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan jenis produk, demografi konsumen, dan target pasar yang ingin kamu jangkau.

3. Indikator untuk menentukan harga produk

Selain biaya produksi dan biaya pemasaran, harga produk juga bisa ditentukan melalui market insight.

Kamu bisa mencari tahu berapa harga pasaran produk atau jasa yang akan kamu pasarkan melalui riset informasi tentang pasar.

Lakukan analisis dengan membandingkan harga produk serupa dari beberapa kompetitor.

Dengan memiliki pengetahuan tentang berapa harga pasaran suatu produk, maka kamu bisa memberikan harga yang tepat untuk produk yang akan kamu pasarkan.

4. Bantu antisipasi dinamika permintaan pasar

Wawasan tentang pasar juga akan membantu kamu untuk mendapatkan gambaran tentang dinamika atau perubahan pasar.

Kamu bisa mendapatkan gambaran tentang perubahan perilaku belanja konsumen, perubahan minat konsumen, serta tren apa yang mungkin populer di masa mendatang.

Dengan begitu, maka kamu bisa meramalkan keadaan apa saja yang mungkin terjadi di masa mendatang melalui data riset yang telah kamu dapatkan.

Selain itu, kamu juga bisa menyusun langkah-langkah antisipasi, jika suatu saat terjadi hal yang tidak terduga dalam perubahan pasar.

5. Sarana monitoring bisnis antar kompetitor

Dengan melakukan riset pasar secara rutin dan periodik, juga bisa membantu kamu dalam memperoleh data tentang kompetitor bisnis.

Informasi tentang kompetitor tersebut bisa kamu gunakan untuk memantau pergerakan bisnis di antara para kompetitor kamu.

Wawasan tentang pasar juga bisa memberikan gambaran tentang sektor apa saja yang saat ini dikuasai oleh para kompetitor kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan data lain, seperti siapa target pasar kompetitor, strategi pemasaran apa yang digunakan, dan masih banyak lagi.

Cara Mengetahui Market Insight

Untuk mendapatkan market insight yang tepat, kamu harus melakukan beberapa cara.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan wawasan pasar yang tepat:

1. Gunakan analisis dengan media sosial

Media sosial merupakan platform pemasaran yang memberikan manfaat dan dampak yang signifikan bagi perkembangan suatu bisnis saat ini.

Hampir semua bisnis menggunakan media sosial sebagai tools pemasaran.

Selain sebagai tools pemasaran, media sosial juga digunakan oleh banyak bisnis untuk berinteraksi dengan para konsumen.

Hal ini karena interaksi dengan konsumen melalui media sosial dapat memberikan banyak insight bagi suatu bisnis.

Kamu bisa mempelajari perilaku konsumen dari produk yang kamu jual dan cara promosi yang kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan data review konsumen tentang produk atau jasa yang kamu pasarkan dengan mudah melalui media sosial.

2. Lakukan survei

Salah satu cara untuk mendapatkan insight atau feedback dari para konsumen adalah melalui survei atau penyebaran kuesioner kepada para konsumen.

Beberapa bisnis akan meminta feedback dari para konsumen setelah mereka membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis tersebut.

Beberapa bisnis bahkan melakukan survei lanjutan kepada para konsumen dengan pendekatan yang lebih personal, seperti melalui komunikasi seluler dan lain sebagainya.

Hal ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan data yang lebih relevan dari hasil feedback para konsumen.

3. Promosi dengan pemberian produk gratis

Semua konsumen pasti akan menyukai jika diberikan produk secara gratis.

Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini untuk mengetahui market insight dari para konsumen.

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan cara ini untuk mendapatkan insight dari konsumen, yaitu waktu pemberian produk.

Kamu bisa memberikan produk gratis kepada para konsumen saat akan merilis produk baru tersebut.

Berikan produk gratis tersebut kepada beberapa konsumen loyal, untuk meningkatkan impresi dan kepercayaan mereka pada brand kamu.

Setelah itu, kamu bisa meminta feedback dari para konsumen tentang produk baru tersebut.

Feedback dari para konsumen tersebut bisa kamu gunakan sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas produk yang akan kamu jual.

4. Riset pasar secara ekspansif

Riset pasar merupakan cara paling umum yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui market insight.

Kamu bisa turun ke lapangan secara langsung untuk melakukan riset pasar atau mengumpulkan beberapa konsumen yang merupakan target pasar kamu, untuk melakukan product testing pada produk yang akan kamu jual.

Setiap konsumen kemudian akan memberikan opini mereka tentang produk yang telah mereka coba.

Opini dan masukan dari konsumen tersebut juga bisa kamu jadikan sebagai masukan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas produk yang kamu jual.

5. Ulasan dan analisis produk kompetitor

Selain beberapa cara sebelumnya, kamu juga bisa melakukan review dan analisis produk yang dijual oleh para kompetitor untuk mengetahui market insight dari para konsumen.

Kamu bisa melakukan riset apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk-produk para kompetitor tersebut.

Kelebihan dari para kompetitor tersebut bisa kamu jadikan sebagai masukan dan peningkatan kualitas bisnis.

Sementara itu, kekurangan dari para kompetitor bisa kamu jadikan sebagai pelajaran tentang hal-hal apa saja yang perlu kamu hindari dalam menjalankan suatu bisnis.

Sudah Paham Mengenai Market Insight?

Setelah membaca ulasan tentang apa itu market insight, apakah kamu sudah memiliki wawasan pasar untuk bisnis kamu?

Wawasan bisnis memberikan banyak manfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan suatu bisnis.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk lakukan riset untuk perluas wawasan tentang pasar sekarang juga!