HomeMarketingDigital MarketingCara Memperbesar Ukuran File JPG di Android dengan Mudah

Cara Memperbesar Ukuran File JPG di Android dengan Mudah

Mengambil foto melalui handphone atau android merupakan hal yang sangat praktis untuk dilakukan. Namun, kadang kala hal ini memiliki berbagai kelemahan, salah satunya adalah ukuran file yang dihasilkan tergolong kecil, sehingga diperlukan cara tersendiri untuk memperbesar ukuran file jpg di android.

Ukuran file jpg perlu diperbesar, karena beberapa hal tertentu. Misalnya, untuk dicetak, diunggah ke media sosial, atau sebagai lampiran sebuah laporan. Apabila ukuran file terlalu kecil, maka hasil cetak dan unggahan akan pecah serta menyebabkan kualitas gambar yang buruk atau buram.

Cara Memperbesar Ukuran File JPG di Android

Ukuran file yang kecil tersebut ternyata bisa diubah dengan beberapa cara. Tidak perlu menggunakan aplikasi yang berat atau menggunakan perangkat komputer, cukup gunakan android untuk memperbesar resolusi file yang kamu miliki. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbesar file:

1. Menggunakan Aplikasi Photo Resizer

photoresizer

Photo Resizer merupakan salah satu aplikasi unggulan yang banyak digunakan orang untuk mengubah dimensi atau ukuran foto secara mudah dan gratis. Aplikasi ini dapat kamu unduh melalui Play Store yang sudah pasti ada di setiap perangkat android yang kamu miliki.

Setelah melakukan pengunduhan dan melakukan instalasi, kamu dapat mulai menggunakan aplikasi Photo Resizer. Kamu dapat memilih tombol ‘pilih foto’ yang tersedia. Selanjutnya, klik gambar dari perangkat mu yang ingin diubah ukurannya. Kamu dapat memilih ukuran atau dimensi gambar sesuai keinginan. 

2. Menggunakan Situs Resizeimage.net

resizeimage

Salah satu situs yang menyediakan layanan untuk memperbesar ukuran file gambar dalam jpg adalah resizeimage.net. Situs ini dapat kamu akses melalui ponsel atau android yang kamu miliki dengan cara menuliskan resizeimage.net di aplikasi pencarian, seperti Google Chrome atau Internet Explorer

Setelah masuk ke dalam laman resizeimage.net, maka kamu dapat mengunggah gambar atau foto yang ingin kamu ubah ukurannya. Pastikan foto atau gambar tersebut sudah berada di perangkat android mu. Selanjutnya, kamu dapat memilih opsi resize your image yang tertera. 

Lalu, kamu dapat mengatur sendiri resolusi atau ukuran gambar yang kamu inginkan. Setelah itu, klik resize image untuk memulai proses. Selain dapat mengubah ukuran gambar, situs ini juga dapat melakukan pemotongan gambar, memutar gambar, dan memilih format output yang diinginkan.

3. Menggunakan Situs Letsenhance.io

letsenhance

Situs lain yang banyak digunakan orang untuk memperbesar ukuran file jpg mereka adalah letsenhance.io. Situs ini bisa diakses di berbagai negara. Untuk memulai dan menjalankan situs ini, kamu perlu login menggunakan email yang kamu miliki. Namun, hal tersebut tidaklah sulit dan memakan waktu.

Setelah berhasil untuk login, kamu dapat langsung mengunggah gambar yang ingin kamu perbesar ukurannya dengan menekan tombol upload. Setelah berhasil, kamu dapat  melanjutkan proses dengan menekan tombol start processing yang tertera pada situ tersebut. File gambar mu akan otomatis menjadi lebih besar ukurannya.

4. Menggunakan Situs Waifu2x

waifu2x

Cara memperbesar ukuran file JPG di Android lainnya adalah melalui situs Waifu2x. Situs ini juga banyak orang gunakan untuk memperbesar ukuran gambar yang mereka miliki. Untuk melakukannya, kamu cukup mengetikkan Waifu2x pada aplikasi pencarian, seperti Google Chrome atau Internet Explorer.

Selanjutnya, kamu dapat mengunggah gambar yang kamu inginkan. Lalu, kamu dapat menekan tombol upscaling 2x. Namun, sebelum melanjutkan prosesnya, Waifu2x menyediakan fitur unggulan, yaitu noise reduction yang berguna untuk mengurangi gambar yang pecah dan buram.

Setelah mengatur resolusi dan noise reduction. Kamu dapat melanjutkan proses dengan menekan tombol convert, lalu akan muncul preview gambar yang telah berubah ukurannya. Selanjutnya, kamu dapat mengunduh gambar tersebut ke perangkat mu untuk dapat kamu gunakan.

5. Menggunakan Aplikasi Lit Photo

litphoto

Berbeda dengan cara memperbesar ukuran file JPG di android lainnya yang mana menggunakan situs website. Lit Photo merupakan sebuah aplikasi yang dapat kamu unduh dan install secara gratis melalui Play Store atau Apple Store yang tersedia di perangkat android mu. 

Karena bentuknya yang berupa aplikasi, Lit Photo memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan situs merubah dimensi foto lainnya. Lit Photo dapat mengubah resolusi gambar dengan teknik lossy yang cerdas, sehingga efek perubahan gambar tidak terlihat secara nyata perbedaannya.

Lit Photo juga memungkinkan kamu untuk melakukan compress batch atau mengubah ukuran banyak gambar secara bersamaan. Tentunya, hal ini akan lebih efisien terhadap waktu. Selain itu, Lit Photo juga memiliki fitur editing lainnya, seperti fitur rotasi dan pemotongan gambar yang akan sangat berguna. 

6. Menggunakan Situs Pic Resize

picresize

Pic Resize merupakan situs lainnya yang menyediakan fitur atau layanan untuk memperbesar ukuran gambar yang dapat kamu gunakan melalui perangkat android yang kamu miliki. Situs ini cukup mudah untuk digunakan, karena tidak perlu melakukan login terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu dapat mengunggah gambar yang ada di perangkat mu. Selanjutnya, atur dimensi foto yang kamu inginkan. Semakin tinggi dimensi, maka akan semakin besar ukuran file yang dirubah. Setelah itu, kamu dapat memprosesnya dan mengunduh hasilnya.

7. Menggunakan Situs Imageoptimizer.net

imageoptimizer

Image Optimizer juga merupakan salah satu situs yang banyak digunakan orang untuk mengubah ukuran foto. Seperti halnya situs lainnya, kamu dapat membuka situs imageoptimizer.net melalui peramban pencarian yang ada di handphone atau android yang kamu miliki seperti Google Chrome

Setelah itu, pilih opsi ‘choose file’ untuk memilih foto yang ingin kamu ubah ukurannya. Lalu, lakukan pengaturan ukuran gambar dengan memilih opsi ‘best quality’ untuk hasil konversi terbaik. Setelah itu, klik tombol ‘optimize now’ untuk memulai proses konversi dan unduh hasil konversi tersebut.

Situs imageoptimizer.net mampu memperbesar ukuran foto hingga ukurannya bertambah 1 MB. Ukuran yang cukup besar untuk memperbaiki kualitas foto yang awalnya rendah.

8. Menggunakan Situs ILoveIMG

iloveimg

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengubah ukuran foto di ponsel Android adalah dengan memanfaatkan situs ILoveIMG. Situs yang satu ini tak hanya mampu mengubah ukuran file foto, namun juga bisa edit dokumen, convert file ke format JPG, compress ukuran file, memotong gambar, dan lainnya.

Kamu bisa mengatur ukuran foto secara manual sesuai kebutuhan pada situs ILoveIMG. Sehingga, kamu bisa mendapatkan file foto dengan ukuran yang kamu inginkan.

Caranya adalah dengan mengunjungi situs ILoveIMG terlebih dahulu, kemudian tap button Select Image untuk mengunggah foto yang kamu ingin perbesar ukurannya. Lalu, atur tinggi dan lebar foto sesuai kebutuhan, berikutnya klik Resize Image

Tunggu sampai proses pengubahan ukuran foto selesai dan klik opsi Download Resize Image

Sudah Memahami Cara Memperbesar Ukuran File JPG di Android?

Berikut tadi adalah 8 cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbesar ukuran file jpg dengan mudah di android. Bisa melalui aplikasi Photo Resizer, situs resizeimage.net, letsenhance.io, Waifu2x, aplikasi Lit Photo, situs Pic Resize, imageoptimizer.net, atau ILoveIMG. Selamat mencoba!

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

Apa saja pentingnya manajemen sumber daya manusia yang baik bagi sebuah perusahaan? Menjadi seorang pebisnis yang sukses dan handal tidak hanya berfokus pada satu titik...

JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

JNE Trucking adalah salah satu layanan express dari jasa ekspedisi JNE untuk memudahkan pengiriman barang yang beratnya minimal 10 kg. Lantas, apa saja kelebihan,...

9 Perbedaan Marketplace dan E-Commerce yang Kamu Perlu Tahu

Faktanya, ada perbedaan loh antara marketplace dan e-commerce yang selama ini kamu sering gunakan. Jika kamu masih menganggap marketplace dan e-commerce sama, sekarang saatnya untuk mengubah pemahaman tersebut. Marketplace dan...

JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

JNE YES adalah layanan Yakin Esok Sampai dari JNE. Sebagaimana banyak orang ketahui, nama ekspedisi JNE sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi. Nah, kira-kira...

Contoh CSR Perusahaan: Inspiratif & Menarik untuk Dicoba

Contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik sangat banyak. Seperti namanya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk kegiatan yang berhubungan sosial atau gerakan lingkungan yang...