HomeMarketingContent MarketingCara Membuat Diskon di Tokopedia untuk Menarik Minat Konsumen!

Cara Membuat Diskon di Tokopedia untuk Menarik Minat Konsumen!

Bagi yang sedang mengelola bisnis online di Tokopedia, kamu wajib tahu cara membuat diskon di Tokopedia untuk menarik minat konsumen. Melalui diskon, daya beli konsumen tentu akan semakin tinggi, karena melihat potongan harga yang menarik dalam produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, mengetahui cara memberikan diskon di Tokopedia juga bermanfaat jika saat ini bisnis online yang kamu kelola sedang mengalami stuck dan sepi pelanggan. Lantas, bagaimana cara membuat harga coret di Tokopedia? Daripada penasaran, mari simak artikel ini selengkapnya!

Syarat dan Ketentuan Membuat Diskon di Tokopedia

Pada dasarnya, untuk dapat memberikan potongan harga, Tokopedia mempunyai syarat dan ketentuan khusus bagi setiap seller. Tujuannya adalah agar toko atau seller tersebut telah melewati verifikasi data, serta ketentuan akun sebagai penjual yang masuk dalam kategori star rating

Selain itu, syarat dan ketentuan ini juga berfungsi untuk melindungi konsumen dari terjadinya hal-hal yang di luar kendali platform. Seperti tipu-menipu dan pemalsuan produk. Berikut adalah syarat dan ketentuan untuk memberikan diskon di Tokopedia:

  • Toko sudah upgrade menjadi Star Rating atau Official Store.
  • Memiliki penilaian toko mencapai bintang 5.
  • Memiliki penilain chat dibalas mencapai bintang 5.
  • Minimal penjualan per harinya sekitar 20 sampai 30 produk. 

Baca Juga: Cara Membuat Diskon Shopee, Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Diskon di Tokopedia

Langsung saja, ini dia langkah dan cara membuat harga coret di Tokopedia:

1. Buka Situs Seller Tokopedia

Situs Seller Tokopedia

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memberikan potongan harga di marketplace Tokopedia, yaitu dengan masuk ke situs Seller Tokopedia. Setelah itu, silahkan login ke situs tersebut, sebagai penjual atau seller untuk bisa memberikan fitur diskon. Namun, pastikan kamu telah memenuhi syarat Seller Official Store, ya.

2. Pilih Menu Diskon dan Atur Ketentuan Diskon

Menu Diskon dan Atur Ketentuan Diskon

Setelah login, cara memberikan diskon di Tokopedia selanjutnya, yaitu dengan memilih menu diskon dan mengatur ketentuan potongan harga yang ingin kamu berikan. Selain itu, kamu juga perlu mengatur produk mana saja yang ingin kamu berikan promo diskon.

Kemudian, kamu juga perlu mengatur ketentuan dan syarat lain seperti persentase potongan harga, syarat member, dan juga minimal belanja. Lalu, kamu juga dapat memberikan promo lain seperti beli dua gratis satu dan fitur gratis ongkos kirim. Setelah mengatur syarat dan ketentuan, silahkan aktifkan fitur diskon tersebut.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memberikan Diskon Saat Menjual Produk Anda

Cara Mengaktifkan Diskon untuk Banyak Produk Sekaligus

Tentunya kamu ingin memberikan potongan harga dan promosi dengan praktis untuk berbagai jenis produk. Nah, agar fitur tersebut aktif, berikut adalah cara membuat diskon di Tokopedia untuk banyak produk sekaligus:

1. Masuk Situs Seller Tokopedia

Situs Seller Tokopedia 2

Sama seperti cara membuat diskon di Tokopedia dengan kategori produk satuan. Kamu harus masuk ke situs Seller Tokopedia. Setelah itu, silahkan login seperti sebelumnya.

2. Unduh Template Diskon

Template Diskon

Kedua, silahkan unduh template diskon agar bisa mengaktifkan fitur potongan harga di berbagai jenis produk sekaligus. Caranya, kamu bisa mendownload file template diskon yang tersedia di situs Seller Tokopedia. 

Selain itu, kamu dapat melengkapi dan mengubah template tersebut sesuai dengan keinginan. Dalam template ini, kamu bisa mengaktifkan berbagai fitur potongan harga, serta memberikan tambahan promosi lain jika merasa perlu. 

Kemudian, kamu juga dapat mengatur persentase diskon dan menerapkannya untuk berbagai macam produk yang kamu jual di tokomu. Setelah itu, klik simpan, untuk menyimpan pengaturan template tersebut, lalu unduh file ke perangkat.

3. Import Diskon 

impor diskon

Setelah berhasil mengunduh file template potongan harga. Cara memberikan diskon di Tokopedia untuk banyak produk selanjutnya adalah dengan mengimpor template tersebut ke akun Seller Tokopedia milikmu. 

Silahkan import file template potongan harga tersebut dengan cara klik import diskon yang berada di bagian atas sebelah kanan situs Seller Tokopedia. Setelah itu, aktifkan fitur tersebut agar potongan harga untuk banyak produk bisa dinikmati konsumen. Mudah, bukan?

Baca Juga: Cara Hapus Toko di Tokopedia dengan Mudah Beserta Gambar

Keuntungan Mengaktifkan Fitur Diskon bagi Seller

Setelah mengetahui cara membuat harga coret di Tokopedia, tentu kamu penasaran apa keuntungan yang akan kamu dapat dengan mengaktifkan fitur tersebut? Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Daya Beli Konsumen

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mengaktifkan fitur diskon dapat meningkatkan daya beli dan menarik minat konsumen. Melalui diskon, konsumen tentu akan tertarik dan penasaran untuk membeli produk yang kamu jual. Faktanya, memberikan potongan harga adalah salah satu media promosi online paling efektif.

2. Bebas Menentukan Periode Diskon

Manfaat jika kamu mengetahui cara membuat diskon di Tokopedia selanjutnya, yaitu kamu bebas menentukan periode diskon di platform marketplace tersebut. Hal tersebut akan sangat bermanfaat sebagai media promosi jangka panjang, terutama jika kamu adalah pemula dalam bisnis online di marketplace.

Selain itu, kamu juga dapat mengaktifkan serta menjadwalkan fitur diskon ini kapanpun sesuai dengan jadwal promosi yang telah kamu rancang. Bahkan, kamu juga bisa melakukan kustomisasi diskon untuk menetapkan produk mana yang ingin kamu promosikan agar laku keras di pasaran.

3. Bebas Memperpanjang Masa Aktif Diskon

Berbeda dengan faktur potongan harga bulanan yang telah ditetapkan pihak Tokopedia, fitur diskon yang kamu kelola sendiri jauh lebih fleksibel dan efektif untuk mempromosikan produk.

Bahkan, kamu juga dapat dengan bebas mengatur perpanjangan masa aktif diskon tersebut. Kamu bisa menentukan sendiri kapan target promosi dan penjualan toko belum terpenuhi. Sehingga, pencapaian omset bulanan juga bisa meningkat dan sesuai dengan target.

4. Tidak Perlu Mengatur Alokasi dan Etalase Stok Produk

Manfaat keempat jika kamu mengetahui cara membuat diskon di Tokopedia, yaitu kamu tidak perlu lagi mengatur alokasi dan etalase stok produk. Jadi, seluruh alokasi pada fitur diskon tersebut akan secara otomatis terpotong dari stok produk utama, ketika ada konsumen yang membelinya.

Sehingga, stok produk dalam etalase bisa lebih aman dan terstruktur. Selain itu, sistem Tokopedia nantinya akan secara otomatis memberitahu konsumen dan penjual jika stok produk di etalase utama telah menipis atau bahkan habis.

5. Menjaring Konsumen Baru

Terakhir, diskon ternyata sangat bermanfaat untuk menjaring konsumen baru. Terlebih lagi, jika kamu mengaktifkan diskon tersebut dalam iklan yang dikelola secara langsung oleh Tokopedia. 

Hasilnya, konsumen baru akan tertarik dengan produk yang kamu jual dan secara otomatis akan mengikuti Toko untuk mendapat notifikasi produk baru. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk proses branding, terutama bagi pemula yang ingin sukses dalam dunia bisnis marketplace.

Baca Juga: Official Store Tokopedia: Pengertian, Syarat, dan Cara Daftarnya

Sudah Paham Cara Membuat Diskon di Tokopedia?

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang cara membuat diskon di Tokopedia beserta manfaat fitur diskon bagi seller. Dikson merupakan sebuah metode terbaik untuk menarik hati konsumen. Selain itu, diskon juga sangat efektif sebagai media promosi guna meningkatkan omset dan target penjualan. Selamat mencoba!

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Launching Produk Lebih Sukses, Terapkan 11 Tips ini!

Launching produk adalah proses penting untuk mengenalkan dan memasarkan sebuah produk secara sukses. Oleh karena itu, proses peluncuran produk ini harus benar-benar kamu siapkan sedemikian...

Cara Cetak Resi Shopee dengan Mudah di HP dan PC

Shopee merupakan salah satu platform belanja online paling terkenal di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Pengguna Shopee yang mencapai puluhan juta membuat banyak orang...

9 Jenis Pemasaran Online yang Efektif untuk Bisnismu

Di era digital seperti sekarang ini, jenis-jenis pemasaran online semakin canggih dan beragam. Mulai dari memanfaatkan website, media sosial, hingga optimasi Search Engine Optimization (SEO). Selain...

Apa Itu Mitra Shopee dan Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Era digital memudahkan siapa pun yang ingin membuka usaha dengan modal ringan. Nah, kamu bisa menggunakan platform Mitra Shopee untuk menjual produk non fisik...

Pentingnya Paham Market Insight untuk Perkembangan Bisnis

Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang target pasar atau market insight merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam strategi pemasaran. Lalu, apa itu market insight? Bagaimana cara mengetahui...