HomeMarketingContent MarketingApa Itu Backlink? Ini Cara Mengoptimalkannya untuk Content Marketing!

Apa Itu Backlink? Ini Cara Mengoptimalkannya untuk Content Marketing!

Apakah kamu pernah membangun backlink atau tautan balik? Backlink adalah salah satu taktik content marketing yang paling kontradiktif dan sulit. Itu karena tanpa dukungan tautan balik, konten kamu akan sulit naik peringkat di mesin pencarian. 

Agar backlink benar-benar sukses, tim digital marketer dan copywriter perlu teliti dan berhati-hati dalam menyusun strategi, supaya menghasilkan backlink yang berkualitas. Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan backlink? Apa saja kriteria backlink yang berkualitas dan bagaimana cara mengoptimalkannya? 

Apa Itu Backlink?

Tautan balik terjadi ketika situs web menautkan ke situs lainnya. Jadi, backlink adalah tautan masuk yang mengarahkan pengguna dari satu website ke website lainnya. Dianggap sebagai suara atau simbol kepercayaan yang menunjukkan otoritas website.

Jenis Backlink

Backlink terdiri dari dua jenis utama, yakni do-follow links dan no-follow links. Tautan do-follow adalah tenis tautan yang tidak mengandung atribut apa pun. 

Jenis backlink ini berdampak positif pada peringkat website kamu dan membantu mendapatkan posisi yang lebih tinggi di SERP. Karena do-follow links merupakan tautan yang meneruskan juice link (nilai dari sebuah tautan) ke website kamu.

Sementara itu, tautan no-follow adalah jenis tautan yang diperlukan agar website kamu terlihat alami dengan mengkombinasikan antara tautan do-follow dan no-follow. Jenis tautan ini juga dapat membantu kamu dalam mengarahkan traffic dan mendapatkan eksposur.

Berbeda dengan do-follow links, no-follow links menyertakan atribut khusus dalam kodenya yang mengirimkan sinyal ke mesin pencari tentang jenis tautan. Untuk membuat strategi tautan do-follow dan no-follow, ada beberapa faktor-faktor yang harus kamu pertimbangkan, di antaranya:

  • Cari tahu di situs mana kamu ingin konten kamu disebutkan.
  • Tautan harus relevan dengan postingan kamu dan tidak asal kamu cantumkan. Karena, jika demikian, mesin pencari mungkin menganggap postingan kamu sebagai spam.
  • Jika informasi tidak relevan, tetapi kamu merasa membutuhkan backlink, lebih baik memilih tautan no-follow.
  • Pastikan tidak memasukkan tautan iklan, afiliasi, dan yang terkait ke dalam tautan do-follow.

Saat ini, banyak orang yang meremehkan backlink dalam membangun website. Padahal, Google, Bing, dan Co. menggunakan profil backlink dari setiap website sebagai indikator untuk mengklasifikasikan situs ke dalam peringkat.

Dengan kata lain, semakin banyak backlink berkualitas tinggi ke website kamu, maka semakin tinggi pula peringkat website kamu di mesin pencari. Dengan begitu, peluang keberhasilan strategi content marketing kamu juga akan semakin besar.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Backlink?

Telah disinggung sebelumnya bahwa backlink sangat penting untuk membuat website kamu berada di peringkat teratas mesin pencari.

Dengan begitu, orang-orang akan lebih mudah dan cepat dalam menemukan website kamu beserta konten-konten yang berada di dalamnya.

Berikut kami rangkum cara mengoptimalkan backlink untuk segera kamu coba.

1. Posting Konten yang Unik

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan backlink adalah dengan memposting konten yang unik dan relevan dengan niche kamu. Pasalnya, relevansi dan keunikan merupakan salah satu kriteria backlink yang berkualitas. Jadi, bagaimana cara menemukan konten yang unik tapi tetap relevan? 

Cukup mudah, kok. Cari di Google untuk kata kunci apa pun yang ingin kamu targetkan dan lihat hasil halaman pertama. Temukan konten yang saat ini menghasilkan jumlah backlink maksimum.

Pelajari konten tersebut dan temukan celah yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten versi kamu yang lebih unggul. Jika kamu ingin cara lebih akurat, gunakan Ahrefs Site Explorer atau Ahrefs Keyword Explorer. 

Tujuannya adalah untuk menganalisis website pesaing dan mengurutkan topik blog atau kata kunci mereka berdasarkan jumlah total domain perujuk. 

Setelah mempublikasikan konten tersebut, kamu harus mempromosikannya untuk meningkatkan jangkauan. Mulailah dengan menampilkannya di platform medsos kamu. Dengan begitu, orang-orang akan tahu bahwa konten kamu lebih unik dan tertarik untuk menanamkan link ke website atau blog kamu.

2. Bangun Backlink dengan Infografis

Selama beberapa tahun terakhir, infografis sudah menjadi salah satu metode link building paling populer. Terbukti sejak tahun 2009, permintaan akan infografis terus meroket. Infografis merupakan sarana untuk menyampaikan data yang dikombinasikan dengan beragam objek visual.

Tidak hanya bagus untuk membangun tautan balik, tetapi juga untuk mengarahkan trafik dari medsos. Jika tidak ahli dalam desain grafis, kamu bisa merekrut seseorang untuk membuat infografis di Fiverr atau Dribble. 

Setelah membuat infografis, selanjutnya kamu bisa mempublikasikannya di website atau blog kamu. Jika ada yang menyukainya, mereka mungkin membagikannya di media sosial dan juga menautkannya.

3. Guest Blogging

Cara lain yang ampuh untuk mengoptimalkan backlink adalah dengan guest blogging. Kamu bisa memanfaatkan audiens yang sudah mapan dan berinteraksi dengan orang lain dari niche kamu. 

Ini adalah teknik yang bagus untuk membangun lebih banyak followers di medsos dan mengarahkan trafik yang merupakan kriteria backlink berkualitas.

Jadi, bagaimana cara melakukan guest blogging yang efektif? Coba temukan peluang guest blogging dengan cara berikut:

  • Kata kunci kamu+inurl: write-for-us
  • Keyword+judul kamu: write for us
  • Kata kunci kamu+posting tamu
  • Keyword kamu+become a contributor
  • Kata kunci kamu+inurl: contribute

4. Bangun Struktur Internal Link dan Anchor Text  yang Solid

Meskipun tautan internal tidak begitu berpengaruh pada SEO, tautan tersebut akan membantu kamu meningkatkan fungsionalitas keseluruhan website kamu. Cara ini juga bagus untuk membangun tautan menggunakan anchor text pilihan kamu. 

Namun, jangan sampai kamu berlebihan dalam menambahkan anchor text saat mengatur tautan balik, karena salah satu kriteria backlink yang berkualitas adalah natural. Tautan URL langsung seperti www.websiteku.id sebaiknya kamu hindari. Lebih baik gunakan kata yang lebih alami, seperti “bisnis rumahan” sebagai anchor text.

5. Terbitkan Riset Original

Menerbitkan penelitian original dapat menarik banyak backlink berkualitas tinggi. Mengapa demikian? Karena sangat sedikit orang yang berusaha keras untuk meneliti dengan baik dan menuliskannya secara komprehensif. 

Melakukan riset original memang memakan waktu hingga berbulan-bulan untuk mengumpulkan data, melakukan survei, menghasilkan studi kasus, dan mengumpulkan statistik yang belum ditemukan dalam penelitian atau riset lain. Kamu juga perlu mem-backup data penelitian kamu untuk membuktikan keasliannya. 

Namun, semua jerih payah itu sepadan dengan hasilnya. Setelah kamu menerbitkannya, website lain kemudian akan tertarik untuk menautkannya setiap kali mereka menulis tentang topik serupa.

6. Posting Testimonial

Memposting testimoni untuk produk yang kamu sukai atau gunakan adalah salah satu cara terampuh untuk mengoptimalkan backlink. Hampir semua brand senang jika mendapatkan testimonial.

Jadi, pastikan kamu menulis testimonial terperinci dan mengirimkannya ke website brand favorit kamu, supaya mereka mempublikasikannya di halaman atau beranda testimonial mereka. Jangan lupa untuk mencantumkan website kamu saat membuat testimoni! 

Yuk, Optimalkan Backlink untuk Content Marketing Kamu!

Dari penjelasan di atas, kamu dapat menyimpulkan bahwa ternyata backlink adalah elemen penting dalam membangun website.

Nah, untuk mengoptimalkannya, kamu bisa gunakan cara-cara di atas.  

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis, content marketing dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...