HomeMarketingDigital MarketingInsight Instagram: Tools Analitik untuk Mengembangkan Bisnis

Insight Instagram: Tools Analitik untuk Mengembangkan Bisnis

Selain sebagai media komunikasi, saat ini media sosial merangkap fungsi sebagai media pemasaran yang bisa kamu sebut sebagai social media marketing. Seperti halnya media sosial lainnya, Instagram juga menghadirkan tools analitik yang sangat powerful dengan sebutan Insight Instagram.

Salah satu fitur hebat yang Instagram keluarkan ini berguna bagi sebuah brand atau bisnis untuk melacak sejauh mana keefektifan konten yang telah mereka buat. Meski demikian, masih banyak orang yang tidak tahu cara menganalisa data-data di sana, karena tidak mengerti fungsi fitur tersebut.

Apa itu Insight Instagram?

Insight Instagram adalah alat atau tools analitik yang menampilkan data demografi pengunjung atau pengikut, termasuk tindakan yang mereka lakukan pada konten yang kamu buat dan beragam informasi penting lainnya.

Cara Kerja Insight Instagram

Fitur ini memudahkan kamu dalam menganalisis efektivitas kampanye termasuk melihat seberapa baik kinerja konten antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, fitur ini hanya tersedia di akun mode bisnis. 

Sehingga, kamu harus merubah akun personal kamu untuk bisa menemukan dan memanfaatkannya.

Selain itu, kamu tidak bisa beralih dari akun personal ke akun bisnis sesuka hati. Sebagai konsekuensi bila kamu tetap ceroboh dengan melakukan pengubahan pengaturan akun personal-bisnis, maka data dari insight Instagram yang telah terkumpul akan hilang secara permanen.

Bagaimana Cara Melihat Insight Instagram?

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah akun Instagram kamu ke mode bisnis. Baru setelah itu, kamu bisa melihat insight Instagram dengan tiga cara berikut, yaitu melalui:

  • Beranda profil dengan mengklik ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Story dengan mengusap ke atas, lalu mengklik ikon grafik di sebelah kiri.
  • Postingan di feed Instagram, dengan cara mengklik “View Insight” di bagian bawah.

Cara Menggunakan Insight Instagram untuk Mengembangkan Bisnis

Setelah kamu berhasil membuka insight dengan tiga cara di atas, itu artinya kamu sudah bisa mulai menganalisis berdasarkan data yang telah ditampilkan. Ketiga cara tersebut akan menampilkan menu yang sedikit berbeda. Namun, pada intinya ada 3 menu yang terdapat dalam insight instagram, antara lain:

1. Content

content

Source: MacPac

Saat membuka insight instagram, tampilan pertama yang muncul adalah tab konten. Kamu bisa melihat semua analitik postingan akun kamu di bagian menu ini, mulai dari postingan di feed, story, maupun reels dan live.

Selain itu, kamu bisa melihat insight postingan yang sudah kamu promosikan tempo hari. Nah, menu content terbagi menjadi tiga bagian yang menyajikan metrik secara mendetail, yaitu:

  • Feed Postsfeed posts

Source: Socialyte

Metrik feeds menunjukkan semua aktivitas yang kamu lakukan selama dua tahun terakhir. Di samping itu, kamu bisa melihat peringkat konten unggahan kamu  dari yang terbaik sampai yang terburuk. 

Saat kamu mengklik salah satu postingan di feed instagram kamu, kamu bisa melihat jumlah komentar, like, orang yang menyimpan, dan lain-lain.

Hebatnya lagi, fitur discovery yang ada di insight feed bisa menunjukkan bagaimana cara audiens menemukan dan melihat postingan kamu. Apakah dari pencarian hashtag, postingan kamu muncul di beranda mereka, atau mereka sengaja mengunjungi profil kamu.

Sehingga, kamu bisa mengetahui jenis konten apa yang mampu menarik perhatian followers dan hashtag apa yang paling tepat untuk promosi konten kepada target audiens kamu.

  • Storiesstories

Source: Later Blog

Ada banyak metrik turunan dalam insight Instagram stories, yang mana data yang terkumpul bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kinerja stories kamu. Untuk melihat kinerjanya, kamu bisa memilih periode dalam 24 jam, 7 hari, atau 14 hari terakhir saja.

Melalui insight stories, kamu bisa mengetahui berapa jumlah penayangan story yang telah kamu buat, balasan, dan bagikan. Bahkan, berapa kali audiens melewati dan menghapus story kamu dari akun mereka. 

Respon seperti ini sangat berguna untuk menentukan strategi yang tepat kedepannya. Sehingga, kamu bisa mengurangi bahkan tidak lagi membuat konten yang tidak disukai oleh target audiens. 

  • Promotionspromotion insight

Source: NapoleonCat

Metrik promosi mengumpulkan data yang berasal dari kampanye berbayar yang telah kamu lakukan. Beberapa komponen yang dapat kamu lihat, yaitu demografi audiens, engagement, impression, jangkauan, dan kunjungan profil.

Sehingga, data ini bisa kamu jadikan bahan evaluasi seberapa efektif iklan berbayar yang selama ini kamu lakukan terhadap akun bisnis kamu dalam menjangkau target pasar. 

Apabila memang mampu menaikkan engagement dan angka penjualan, maka kamu bisa terus melakukan promosi berbayar, seperti bekerjasama dengan influencer maupun berlangganan Instagram Ads.

2. Activity

activity

Source: MacPac

Terdapat dua metrik yang ada di menu activity, yaitu Interaction dan Discovery. Dengan metrik interaction, kamu dapat mengetahui berapa kali pengunjung atau pengikut berinteraksi dalam akun kamu pada kurun waktu 7 hari terakhir.

Interaksi yang masuk dalam rekapitulasi mulai dari kunjungan profil, komentar, like, kunjungan ke arah situs tertentu, klik alamat email, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, grafik insight Instagram akan menampilkan seberapa banyaknya jumlah dari masing-masing interaksi tersebut.

Karena kamu bisa melihat kapan jumlah kunjungan terbanyak dan interaksi paling aktif, maka kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk memposting konten baru. Selain itu, kamu bisa turut aktif berinteraksi secara langsung dengan target audience pada waktu yang telah kamu tentukan.

Di sisi lain, metrik discovery menunjukkan kinerja akun milikmu secara menyeluruh, berdasarkan reach (jangkauan) dan impression (tayangan) dalam periode 7 hari terakhir.

Beberapa akun yang mewakili sebuah komunitas atau akun unik akan muncul dalam catatan jangkauan. Sedangkan tayangan menampilkan berapa jumlah total penayangan oleh akun yang melihat postinganmu, termasuk tayangan berulang. Sehingga, kamu bisa mengetahui jenis konten apa yang paling populer.

Jadi, kamu dapat fokus untuk membuat jenis konten tersebut tanpa harus membuang banyak waktu hanya demi membuat konten yang tidak diminati target audiens.

3. Audience

audiens

Source: MacPac

Menu insight Instagram yang satu ini memang khusus untuk memahami audiens dengan melihat perbandingan laju perkembangan audiens setiap minggunya. Oleh karena itu, kamu bisa mengetahui data demografi berupa jenis kelamin, usia, dan lokasi tempat tinggal mereka.

Di samping itu, kamu juga bisa menyaring informasi berdasarkan apa yang sedang kamu butuhkan. Contohnya, memilih target audience berdasarkan rentang usia dan jenis kelamin tertentu dan melihat kapan mereka paling aktif di Instagram.

Dengan informasi tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat konten yang lebih relevan, tepat sasaran, dan tepat waktu. Sehingga, konten milikmu akan lebih bisa menyentuh hati para audiens.

Mudah Bukan, Memahami Fitur Instagram yang Satu ini?

Memang sudah seharusnya bila kamu selaku pemilik bisnis digital memanfaatkan tools yang dapat menunjang kemajuan bisnis kamu.

Termasuk mengoptimalkan fitur insight Instagram untuk mendapatkan data yang bisa kamu analisis dan kamu jadikan bahan evaluasi. Hingga akhirnya kamu bisa membuat konten yang relevan. 


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis, digital marketing, media sosial dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...