HomeMarketingDigital MarketingContoh Deskripsi Toko Online, Auto Menyihir Pelangganmu!

Contoh Deskripsi Toko Online, Auto Menyihir Pelangganmu!

Membuat deskripsi toko online memang terdengar mudah.

Namun, deskripsi tersebut tidak bisa berisi informasi asal-asalan, sebab berkaitan dengan kepercayaan pelanggan. Jika deskripsi yang kamu buat menarik, tentu akan mendatangkan keuntungan.

Di sini kamu bisa menemukan contoh deskripsi toko online yang baik agar dapat memikat hati pelanggan.

Mengapa Deskripsi Toko Online Penting?

Deskripsi penting untuk dicantumkan jika kamu membuka toko di marketplace. Sebab, ada ribuan toko online yang siap bersaing dengan toko milikmu. Sehingga, kamu perlu memberikan kesan profesional untuk meyakinkan pembeli.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan mendeskripsikan toko milikmu semenarik mungkin untuk membangun kepercayaan. Deskripsi toko bisa juga disebut sebagai identitas toko.

Dengan adanya identitas yang jelas, pembeli tidak akan bingung tentang tokomu. Misalnya, menjual produk apa saja dan lokasi atau alamat pengiriman produk. Sehingga, kebutuhan calon pembeli terkait informasi dasar tersebut bisa terjawab.

Perbedaan Deskripsi Toko dan Deskripsi Produk

Sebagai pemula, mungkin kamu sempat bertanya-tanya apa bedanya deskripsi toko online dan deskripsi produk. Walaupun terlintas hampir sama, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Deskripsi toko berisi informasi seputar toko itu sendiri, seperti nama toko, visi dan misi, produk yang dijual, alamat toko fisik jika ada, dan lain sebagainya.

Sementara deskripsi produk adalah informasi seputar kegunaan produk, manfaat produk, cara penggunaan, cara penyimpanan, dan lainnya. Sehingga, deskripsi produk dibuat berdasarkan jenis produknya.

Meski tokonya sama, tentu setiap produk yang dijual akan memiliki deskripsi yang berbeda. Misalnya, kamu menjual skincare. Tentu antara deskripsi produk serum dengan lipstik tidak sama. Sehingga, deskripsi produk akan terus berubah mengikuti kondisi produk yang kamu jual.

Komponen Deskripsi Toko Online yang Wajib Ada

Berikut ini komponen dalam deskripsi toko online yang wajib ada untuk menarik target audiens, yaitu: 

1. Nama Toko

Komponen pertama yang penting dalam deskripsi toko adalah nama toko. Gunakan nama yang bisa memberikan gambaran produk yang kamu jual. Misalnya, Beauty Skin yang menjual produk-produk skincare.

Apabila kamu ingin menjual produk elektronik, kamu bisa menyebutkan atau menyertakan kata elektronik di nama tokomu. Sebagai contoh, Satelit Elektronic dan lain sebagainya.

2. Tagline

Pilihlah tagline toko yang mengandung kata kunci yang biasa digunakan oleh target pasar. Sehingga, akan mudah bagi tokomu untuk ditemukan oleh calon pembeli. Misalnya, kamu menjual skincare. Maka, kamu bisa menuliskan “jual skincare murah berkualitas” di website toko online tersebut.

3. Jenis Produk

Selanjutnya, komponen yang harus ada, yaitu jenis produk yang kamu jual. Sehingga, target pasar bisa mengetahui produk-produk apa saja yang kamu tawarkan ke mereka.

Nah, misalnya saja kamu membuka toko online produk kecantikan. Contoh kalimat deskripsi toko online shop yang berisi informasi produk, yaitu “pusat skincare dan kosmetik di Indonesia yang menyediakan berbagai merek”.

4. Alamat

Selain tiga di atas, kamu perlu menambahkan alamat atau lokasi pengiriman produk. Sebutkan pula lokasi toko fisik, jika memang ada. Sehingga, akan menambah kredibilitas toko milikmu.

Di samping itu, bagi pelanggan yang ingin mencari toko dengan lokasi pengirim terdekat dengan rumahnya, tentu ini akan memudahkan mereka. 

5. Kontak

Tuliskan pula informasi kontak yang bisa dihubungi, seperti email, media sosial, hingga nomor telepon customer service

Dengan demikian, akan mempermudah pelanggan saat proses transaksi. Selain itu, jika banyak pelanggan yang menjadi followers akun media sosial tokomu, tentu itu menjadi kesempatan bagus. Sebab, akan memudahkan kamu dalam melakukan promosi produk. Sehingga, kemungkinan pembeli melakukan buyback lebih besar.

6. Jam Operasional

Jangan lupa berikan keterangan jam operasional pada deskripsi toko online. Misalnya, Buka Senin-Sabtu Pukul 08.00-22.00 WIB dan Pengiriman Setiap Senin-Jumat.

Berikan informasi jam operasional, supaya ketika kamu tidak memberikan respon kepada pelanggan di luar jam kerja, mereka tidak lantas kecewa.

7. Informasi Tambahan

Jika memang diperlukan, kamu bisa memberikan informasi tambahan yang menurutmu penting diketahui oleh pelanggan. Misalnya, ekspedisi yang digunakan, menyebutkan merek atau brand produk yang kamu sediakan, cara memilih produk yang tepat, dan sebagainya.

Contoh Deskripsi Toko Online di Ecommerce

Berikut ini beberapa contoh deskripsi toko online yang bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi, yaitu:

1. Viva Apotek

viva apotek

Deskripsi toko selanjutnya yaitu milik Viva Apotek di marketplace Bukalapak. Selain memuat informasi nama toko, juga terdapat tagline, informasi produk, dan jam operasional. 

Dengan tagline “sayangi kesehatan Anda mulai detik ini juga” akan memberikan kesan urgent. Sehingga, target audiens akan tersugesti untuk melakukan tindakan yang diharapkan. Misalnya, melakukan transaksi atau membeli produk dari Viva Apotek.

2. Revlon

revlon

Contoh deskripsi toko online yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah dari Revlon yang merupakan brand kosmetik.

Selain informasi mengenai brand, juga memuat info tentang produk kecantikan apa saja yang dijual, seperti koleksi kosmetik, cat rambut, cat kuku, parfum wanita, spons bedak, dan lain sebagainya.

Di samping itu, terdapat informasi tambahan berupa tips memilih kosmetik Revlon yang tepat. Dengan deskripsi tambahan ini memberikan kesan bahwa brand Revlon peduli terhadap pelanggannya. 

3. Erigo Official

3. Erigo

Deskripsi toko online berikutnya yang menarik dan bisa menjadi contoh adalah milik Erigo Official di marketplace Tokopedia.

Selain informasi umum seperti di atas, ada pula deskripsi tambahan yang akan memberikan kesan profesional. 

Diantaranya, yaitu Erigo itu apa sih?, Erigo Official, Fashion Streetwear dengan Kualitas Dunia, Dapatkan Koleksi Streetwear Lokal Terlengkap di Erigo Official, Belanja Produk Erigo Official Semakin Hemat & Praktis di Tokopedia.

Dengan headline menarik pada deskripsi toko seperti yang dilakukan Erigo, tentu target pasar akan terpikat. 

Misalnya saja pada headline “Dapatkan Koleksi Streetwear Lokal Terlengkap di Erigo Official”, Erigo memakai bahasa yang sugestif untuk mempengaruhi target pasar. Maka, ini merupakan senjata ampuh untuk menarik pelanggan lebih banyak.

Di samping itu, penjelasan dari setiap headline menggunakan teknik SEO (search engine optimization) yang akan membuat calon pembeli lebih mudah menemukan produk tersebut.

Sudah Tau Cara Membuat Deskripsi Toko Online yang Baik?

Jadi, deskripsi toko online adalah informasi yang berisikan perihal toko.

Mulai dari nama toko, tagline, jenis produk, alamat toko fisik, kontak, jam operasional, serta berbagai informasi tambahan penting lainnya.

Agar langkahnya lebih mudah, silahkan cek kembali cek deskripsi toko online di atas.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang ide bisnis, marketing, digital marketing dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...