HomeManajemen BisnisKeuanganApa itu Barcode? Ketahui Manfaatnya dalam Meningkatkan Penjualan!

Apa itu Barcode? Ketahui Manfaatnya dalam Meningkatkan Penjualan!

Apa Itu Barcode? 

Barcode adalah daya optik berupa garis atau atau batang (bar) yang mampu terbaca oleh mesin dan memiliki fungsi untuk membedakan sebuah produk atau layanan dengan produk lain. Kode batangan ini bersifat unik sehingga tidak mungkin sama. 

Mengapa Menggunakan Barcode?

Umumnya, sistem pada kode ini bisa kamu temukan pada kasir swalayan. Namun saat ini, barcode sudah semakin berkembang dan diterapkan oleh berbagai layanan baik produk retail maupun non retail, tidak hanya pada swalayan saja. 

Selain itu, hal utama dari penawaran sistem kode ini yaitu kemudahannya. Kamu bisa menjadi lebih mudah dalam melakukan proses input data dengan lebih cepat daripada proses manual. Tak hanya itu, pencatatan informasi dari suatu produk juga lebih akurat, sehingga meminimalisir terjadinya kerugian dalam bisnis. 

Manfaat Barcode untuk Meningkatkan Penjualan

Indonesia memiliki berbagai jenis perusahaan yang bergerak pada berbagai macam industri.

Pemanfaatan kode batangan untuk bisnis telah terbukti menjadi cara efektif, efisien, dan terorganisir untuk meningkatkan penjualan. Berikut ini manfaat dari adanya barcode

1. Meningkatkan Efisiensi Kerja Karyawan

Mengatur dokumen, kuitansi, file, hingga faktur dalam jumlah banyak tentu menjadi hal buruk bagi perusahaan jika tidak bisa pekerja lakukan dengan cara cepat, praktis dan efisien. Untungnya, sekarang terdapat banyak teknik pemanfaatan barcode dalam bisnis kecil maupun besar. 

Kamu bisa mulai mencobanya dengan memberikan label kode unik tersebut sesuai informasi pada database komputer. Contohnya, pada folder penting kamu berikan label kode batangan yang bisa di-scan agar informasi lebih mudah kamu akses tanpa melihat dokumen fisiknya secara satu per satu. 

2. Sebagai Sarana Pemasaran Produk

Jika kamu sudah mengetahui apa itu barcode, maka pastikan kamu bisa memanfaatkannya sebagai sarana untuk memasarkan produk. Manfaatkan kode unik tersebut dengan membawa pelanggan menuju halaman web dan tampilkan materi seputar pemasaran melalui berbagai media seperti brosur atau iklan lain. 

Kamu juga perlu mengadakan kontes atau giveaway dengan mengajak pelanggan untuk melakukan scan kode batangan atau QR dan menemukan hadiah, diskon, atau kupon. Dengan cara ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk menjangkau lebih banyak orang dengan memperhatikan user experience dari calon pelanggan. 

3. Pemanfaatan Barcode untuk Sebuah Event

Dalam sebuah event kecil atau besar seperti konser, konferensi, dan lain-lain, kamu bisa memanfaatkan sistem kode batangan ataupun QR code. Salah satunya dengan melakukan scan pada tiket atau undakan untuk mengecek validitas dari setiap pengunjung dalam sebuah acara. 

Selain itu, kamu juga bisa melacak banyaknya penjualan tiket yang berhasil dan mempermudah pengunjung saat masuk ke acara tersebut. 

Untuk memasarkan acara tersebut, kamu juga bisa membuat brosur, poster, dan sejenisnya. Kemudian, berikan QR code pada brosur tersebut untuk memberikan informasi tentang promosi dan diskon.  

Dalam sebuah bisnis, melibatkan pelanggan dan membuat proses menjadi lebih efisien merupakan hal yang penting. Sesuatu yang sederhana dan simpel seperti barcode sangat memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada pengunjung. 

4. Mengatur Persediaan Barang 

Data tentang persediaan barang sangatlah penting dalam sebuah bisnis. Namun untuk memudahkan pekerjaan, tentu pencatatan sebaiknya tidak dilakukan secara manual. Dalam hal ini, manfaat barcode adalah membantu menjaga jumlah produk secara otomatis, lebih konsisten, dan lebih mudah. 

Perhitungan persediaan barang membutuhkan ketelitian dan banyak waktu. Jika kamu melakukan secara manual, pasti sangat membuang waktu dan biaya. 

Selain itu, perhitungan manual juga kurang akurat. Dengan kode batangan, kamu tidak perlu khawatir menjual banyak produk. Selain itu, kamu juga akan mengetahui saat yang tepat untuk menyetok produk tertentu. 

5. Mengatur Aset Tetap pada Perusahaan

Apa itu barcode dan manfaatnya untuk penjualan? Tentu untuk mempermudah pelacakan aset dalam perusahaan, sehingga proses audit menjadi lebih mudah. Hal ini memungkinkan kamu untuk bisa mengakses informasi dengan cepat dan meningkatkan keakuratan daftar aset perusahaan secara signifikan. 

Jika ditunjang dengan pemilihan software atau aplikasi yang tepat, proses pelacakan aset dengan kode batangan tentu jadi lebih cepat. 

6. Penggunaan yang Mudah

Menggunakan kode batangan bisa memudahkan kamu dalam berbagai jenis bisnis, termasuk bisnis retail. Ukuran dan bentuknya yang beragam juga membuat kamu tidak kerepotan untuk bertransaksi. 

Untuk proses penginstalan harga ke sistem, biasanya akan dilakukan oleh jasa penyedia layanan kode batangan ataupun QR, sehingga kamu hanya perlu menempelkan kode tersebut ke mesin scanner

7. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Jika kamu ingin memanfaatkan kode batangan dalam bisnis, jangan khawatir terhadap modalnya yang besar. Karena untuk memulainya, kamu cukup membeli alatnya. Namun setelah itu, kamu bisa bebas menggunakannya sampai kapanpun. 

Kemudian efisiensi dan efektivitasnya juga sepadan dengan harga alatnya. Jika sudah memiliki alat barcode, pekerjaanmu akan jadi lebih ringan karena proses pengecekan produk dan harga sudah dilakukan secara otomatis melalui scan kode unik tersebut. 

8. Meningkatkan Pelayanan

Apa itu barcode dan salah satu manfaat pentingnya? Tentunya adanya kode unik ini juga turut berperan sebagai bentuk pelayanan yang berkualitas dan lebih baik. Apalagi pada zaman sekarang, pelayanan merupakan sebuah kunci untuk memenangkan persaingan bisnis di mana sektor retail semakin banyak pemainnya. 

Pelayanan yang memanfaatkan kode batangan akan mempercepat proses transaksi antara penjual dan pembeli. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi kedua pihak karena meminimalisir terjadinya antrean panjang yang lama dan membosankan. 

9. Menyimpan Lebih Banyak Informasi dan Lebih Fleksibel

Selain praktis, kode batangan juga bisa menyimpan lebih banyak informasi. Ukurannya yang fleksibel membuat kamu bisa memasukkan dan menyimpan informasi dalam berbagai karakter. 

10. Kemudahan untuk Mengakses

Penggunaan barcode memungkinkan kamu untuk melakukan pemindahan kode unik tersebut menjadi informasi penting. Untuk melakukan hal itu, caranya cukup mudah. Selain menggunakan mesin scanner, kamu juga bisa menggunakan smartphone dengan mengunduh aplikasi khusus untuk pemindaian kode. 

Hal tersebut akan membuat informasi lebih cepat sampai kepada audiens tentang sebuah produk, layanan, dan sejenisnya. 

11. Tidak Mudah Mengalami Kerusakan

Manfaat terakhir dari kode batangan ini yaitu tidak mudah mengalami kerusakan pada setiap kodenya, sehingga kamu bebas menggunakannya kapan saja. 

Sudah Tahu Tentang Barcode dan Manfaatnya dalam Bisnis? 

Itulah beberapa pembahasan tentang apa itu barcode beserta manfaatnya untuk meningkatkan penjualan. Jika kamu termasuk pemilik bisnis, baik bisnis yang masih kecil maupun sudah besar, jangan lupa untuk mulai mencoba teknologi kode unik ini untuk memudahkan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan. 

Sebelum menggunakannya, pastikan mempelajari terlebih dahulu cara penggunaannya mulai dari memasukkan informasi penting, mencatat stok jualan, hingga cara membaca hasil scan kode unik tersebut. 


Temukan inspirasi lainnya tentang manajemen bisnis, keuangan dan sebagainya hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya...

Cara Meningkatkan Follower Shopee yang Mudah dan Aman!

Cara meningkatkan follower Shopee tidak serumit yang kamu bayangkan. Namun, bukan berarti semua cara meningkatkan followers tersebut aman untuk akun Shopee milikmu, lho. Lantas,...

Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Tingkatkan Penjualan

Membutuhkan aplikasi stok barang gratis? Dalam menjalankan bisnis yang berorientasi pada barang, ketersediaan dan manajemen stok adalah hal yang sangat penting. Karena ketika manajemen...

Cara Membuat Ucapan Terima Kasih untuk Customer dengan Baik

Ucapan terima kasih untuk customer adalah sebuah kewajiban yang harus kamu berikan kepada para pelanggan. Selain untuk menghargai keberadaan mereka, ucapan terima kasih ini...

Ini Dia Keuntungan Menjadi Wirausaha Beserta Manfaatnya

Banyak yang belum tahu apa saja keuntungan menjadi wirausaha. Namun, keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya, ada juga...