Apa Itu Mitra Shopee dan Bagaimana Cara Mendaftarnya?

554
Apa Itu Mitra Shopee dan Bagaimana Cara Mendaftarnya

Era digital memudahkan siapa pun yang ingin membuka usaha dengan modal ringan. Nah, kamu bisa menggunakan platform Mitra Shopee untuk menjual produk non fisik karena memberikan keuntungan yang menjanjikan. Mitra Shopee adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menjual kembali produk-produk digital.

Bagi kamu yang baru mendengarnya, mungkin masih bingung atau bahkan menganggap aplikasi tersebut sama dengan aplikasi Shopee untuk belanja pada umumnya. Faktanya, aplikasi Mitra Shopee hanya bisa untuk membeli produk non fisik sehingga tidak bisa kamu gunakan untuk belanja produk-produk lainnya.

Apa Itu Mitra Shopee?

Shopee merupakan salah satu marketplace besar yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Selain itu, Shopee juga menyediakan layanan untuk membayar tagihan bulanan, tiket transportasi, dan berbagai macam voucher pembayaran lainnya.

Mitra Shopee adalah sebuah aplikasi khusus untuk yang ingin bergabung menjadi penjual produk-produk digital. Produk digital yang dimaksud adalah token listrik PLN, PDAM, BPJS Kesehatan, pulsa dan data, voucher game, tiket kereta api, TV kabel, Telkom, dan pascabayar.

Pengguna bisa bergabung dengan membeli produk digital tersebut melalui aplikasi Mitra Shopee. Selanjutnya, kamu bisa menjualnya kembali secara offline. Aplikasi ini menyediakan produk digital dengan harga lebih murah sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan menarik.

Mereka yang bergabung biasanya sudah memiliki outlet sendiri dan memasang stiker atau banner Mitra Shopee. Dengan demikian, konsumen yang ingin membeli layanan produk digital tersebut bisa menemukannya dengan mudah.

Baca Juga: Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula Cepat dan Mudah

Keuntungan Menjadi Mitra Shopee

Yuk, segera bergabung agar bisa mendapatkan sejumlah keuntungan menarik. Keuntungan menjadi Mitra Shopee adalah sebagai berikut:

1. Produk Lengkap

Shopee mempunyai produk yang sangat lengkap sehingga kamu bisa melayani berbagai macam kebutuhan konsumen. Dengan demikian, konsumen yang ingin membeli beberapa macam produk digital tidak perlu lagi harus keliling mencari tempat lainnya. Mereka bisa melakukan transaksi pembelian di satu tempat.

Pembeli bisa membeli produk digital Shopee seperti tiket KAI, tagihan TV kabel, voucher game (Free Fire dan Arena of Valor), tagihan BPJS Kesehatan, isi pulsa dan data, tagihan air PDAM, token listrik, tagihan PLN, dan Telkom.

2. Transaksi Mudah dan Aman

Keunggulan lain Mitra Shopee adalah aman dan mudah dalam melakukan transaksi. Ketika ada konsumen yang akan membeli produk digital, kamu bisa melayaninya dengan menggunakan aplikasi. Marketplace ini menyediakan aplikasi yang mudah digunakan sehingga dapat memproses transaksi dengan cepat.

Selain itu, kamu yang sudah menjadi mitra juga mendapatkan jaminan keamanan dari setiap transaksi yang kamu lakukan. Apabila transaksimu mengalami kendala, maka bisa menghubungi layanan customer service yang tersedia.

3. Harga dan Promo Menarik

Selain memberikan keuntungan produk yang lengkap dan transaksi aman, aplikasi mitra ini juga memberikan penawaran harga dan promo menarik pula. Hal ini tentu akan menguntungkan para mitra yang bergabung. Mereka mempunyai kesempatan untuk mendapatkan cashback ketika membeli produk digital.

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan margin keuntungan dari harga pembelian yang lebih murah dan cashback. Kamu bisa mengumpulkan cashback tersebut hingga banyak dan menggunakannya untuk membeli produk lagi.

Baca Juga: Cara Menjadi Agen Sicepat, Mudah dan Tanpa Ribet!

Cara Daftar Mitra Shopee

Setelah membaca keuntungan di atas, kamu pasti mulai minta untuk segera mendaftar, kan? Langkah-langkah mendaftar Mitra Shopee adalah sebagai berikut:

1. Unduh Aplikasi

Pertama, silakan install aplikasi terlebih dahulu dengan mengunjungi App Store bagi yang menggunakan iOS dan Play Store untuk pengguna Android. Apabila kamu sudah menginstal aplikasi tersebut, maka bisa mulai masuk aplikasi.

2. Mendaftar 

Supaya dapat menggunakan fitur-fiturnya, kamu perlu mendaftar atau log in lebih dulu. Aplikasi tersebut akan meminta kamu untuk memasukkan nomor HP, alamat email, password, dan juga username.

3. Buat Akun

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan aplikasi, perlu untuk membuat akun terlebih dahulu. Cari menu “Akun Shopee” lalu lanjutkan memilih “Daftar”. Isikan nomor HP dengan benar, tekan “Lanjut” dan tekan lagi pilihan “verifikasi”. 

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan kode OTP via SMS dan segeralah masukkan kombinasi angka tersebut untuk memproses verifikasi.

4. Masuk Akun Baru

Cara masuk ke akun Mitra Shopee adalah dengan memasukkan username dan password yang kamu daftarkan sebelumnya. Berikutnya, konfirmasi password lalu tekan “Ajukan”.

5. Verifikasi KTP

Meskipun kamu sudah mempunyai akun baru, namun belum bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi. Oleh sebab itu, kamu masih perlu melakukan verifikasi lagi menggunakan KTP. Caranya yaitu tekan pilihan “Verifikasi ID” lalu unggah foto KTP atau Kitas. 

Langkah selanjutnya, aplikasi juga akan meminta kamu berfoto dengan KTP milikmu. Jika sudah mendapatkan hasil foto yang jelas, tekan “Lanjutkan”.

6. Melengkapi Data Diri

Selanjutnya, proses pendaftaran akun Mitra Shopee berikutnya adalah dengan mengisi data diri secara lengkap dan sesuai dengan KTP. Setelah itu, lengkapi informasi toko milikmu, tekan “Lanjutkan”, lalu isikan informasi bank yang kamu gunakan. Untuk menyelesaikan proses tersebut, tekan “Setuju dan Lanjutan”

Pada saat mendaftar akun, pastikan kamu menggunakan nomor HP yang belum pernah kamu daftarkan sebelumnya. Sebab, aplikasi mitra tidak menerima penggunaan nomor yang sama untuk membuat akun baru.

Baca Juga: Ketahui Cara Belanja di Shopee dengan Lengkap!

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Menjadi Mitra Shopee?

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib kamu penuhi jika ingin bergabung menjadi mitra. Di bawah ini merupakan sejumlah ketentuan dan persyaratannya:

1. Usia Minimal

Untuk menjadi seorang mitra, kamu harus memenuhi usia minimal yaitu 17 tahun. Bagi kamu yang berusia di bawah 17 tahun, tetap bisa mendaftar namun dengan izin orang tua. 

2. Akun Terverifikasi

Guna menjaga keamanan selama melakukan transaksi, maka kamu wajib memiliki akun Shopee yang sudah terverifikasi. Apabila akunmu tidak lolos verifikasi, tentu tidak bisa kamu gunakan untuk membeli produk digital tersebut.

3. Nomor Telepon Valid

Berikutnya, syarat dan cara daftar Mitra Shopee adalah menyertakan nomor telepon valid. Sebab, kamu memerlukan nomor tersebut untuk mendapatkan kode OTP setiap akan masuk pada akun. Apabila nomor HP yang kamu gunakan tidak valid, maka kamu pun tidak bisa mendapatkan OTP sehingga tidak bisa masuk ke akunmu.

4. Alamat Email

Persyaratan wajib lainnya yang harus kamu penuhi yaitu mempunyai alamat email. Selain kamu gunakan untuk proses mendaftarkan akun, Shopee juga akan menggunakan alamat email tersebut untuk mengirimkan rincian transaksi yang kamu lakukan.

5. Rekening Bank

Syarat dan ketentuan terakhir yaitu mempunyai rekening bank untuk mengirimkan hasil penjualan. Kamu bisa menarik saldo dari aplikasi ke rekening dengan saldo minimal Rp25.000,00. Sedangkan ketentuan saldo maksimal yaitu Rp100.000.000,00.

Baca Juga: Cara Jual Produk Digital, Begini Caranya!

Kesimpulan

Mitra Shopee adalah platform yang menyediakan produk digital dengan penawaran menarik. Supaya bisa membeli dan menjual kembali produk tersebut, maka harus daftar menjadi mitra terlebih dahulu.

Menjadi mitra tentu akan mendapatkan keuntungan menarik karena bisa mendapatkan harga produk lebih murah dan juga promo cashback. Syarat dan ketentuan mendaftar menjadi mitra juga mudah dan ringan. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan aplikasi tersebut.