HomeManajemen BisnisKeuanganSistem Pemrosesan Transaksi, Bagaimana Cara Kerjanya!

Sistem Pemrosesan Transaksi, Bagaimana Cara Kerjanya!

Salah satu pengembangan teknologi dalam dunia bisnis adalah penerapan sistem pemrosesan transaksi. Salah satu keunggulan dari cara ini adalah membantu melakukan transaksi data dalam database untuk memantau program transaksional.

Sistem ini sendiri dibuat dengan tujuan untuk melakukan kontrol terhadap layanan dan barang. Dengan penggunaan sistem ini, nantinya distribusi barang dan inventaris produk akan terkoordinasi dengan baik. Selain itu, sistem ini juga akan membantu mengelola transaksi rekening pembayaran.

Pengertian Sistem Pemrosesan Transaksi

Mungkin banyak yang masih bertanya tentang apa itu sistem pemrosesan transaksi atau transaction processing system. Secara singkat, ini merupakan pengembangan dari sistem informasi yang berguna untuk mengumpulkan, menyimpan, memodifikasi, dan juga mengambil data transaksi.

Sistem ini sendiri akan sangat membantu kerja individu menjadi lebih cepat. Nantinya, semua pekerjaan seperti penghitungan transaksi, pemrosesan data, permintaan barang dan lainnya bisa sistem kerjakan secara sekaligus.

Seberapa Penting Sistem Ini?

Sistem pemrosesan transaksi ini bisa dibilang merupakan salah satu sistem paling tua dalam urusan bisnis dan usaha. Namun tentu saja sistem ini selalu update dan mengikuti perkembangan zaman.

Dengan segala perkembangan yang dilakukan, hal ini sebenarnya sudah menjelaskan seberapa penting sistem ini sendiri. Salah satu alasan mengapa sistem ini banyak penggunanya adalah masalah kecepatan dan efektivitas waktu. Waktu eksekusi yang cepat, membuat proses transaksi bisa lebih cepat.

Selain itu, dengan perkembangan bisnis yang semakin pesat, sistem ini juga bisa kamu andalkan setidaknya dalam hal seperti:

  • Pengelolaan transaksi barang. Hal ini berguna untuk membantu proses penyimpanan, pengambilan, dan pengaturan stok barang.
  • Pengembangan. Hal ini berguna untuk memberikan laporan dan prediksi akan jumlah stok barang.

Manfaat Menggunakan Sistem Pemrosesan Transaksi

Saat ini, beberapa bisnis sudah menggunakan sistem ini untuk mendukung proses kerja mereka.

Sistem ini sendiri sebenarnya memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan, seperti di bawah ini.

1. Meningkatkan Kecepatan Transaksi

Ini merupakan salah satu manfaat yang akan langsung dirasakan ketika menggunakan sistem pemrosesan transaksi. Nantinya, proses transaksi antara penjual dan pembeli bisa berlangsung lebih cepat.

Hal ini biasanya akan sangat terasa pada bisnis besar, di mana nantinya kamu bisa melayani banyak pembeli dalam waktu bersamaaan. Selain melayani transaksi, sistem juga akan mengatur stok barang.

2. Efektivitas

Hal lainnya yang juga bisa kamu rasakan ketika menggunakan sistem pemrosesan transaksi adalah masalah efektivitas. Meskipun jarang digunakan, sistem ini sendiri sebenarnya mampu untuk menangani beberapa detail pekerjaan berbeda dalam satu waktu secara real time.

Sistem ini mampu menghitung transaksi, merekam data transaksi, memberikan laporan tentang stok barang, melakukan analisa tentang stok barang, dan lainnya dalam satu waktu.

Hanya saja beberapa pemilik bisnis memilih untuk memisahkan beberapa pekerjaan tersebut dalam waktu yang berbeda. Salah satu alasannya adalah karena masalah resources.

3. Otomatisasi

Hal lainnya yang juga menjadi manfaat ketika menggunakan sistem pemrosesan transaksi adalah masalah otomatisasi. Selain membuat pekerjaan menjadi lebih cepat, hal ini juga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan.

Semua proses akan terekam dalam database, termasuk masalah rekaman transaksi dan juga stok barang. Jika dibutuhkan, data tersebut juga bisa langsung muncul pada sistem dengan mudah.

Kelebihan Sistem Pemrosesan Transaksi

Selain masalah manfaat, sebenarnya sistem ini juga memiliki beberapa kelebihan.

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa sistem transaksi ini banyak digunakan. 

1. Produktivitas

Hal pertama yang menjadi kelebihan dari transaction processing system adalah masalah produktivitas. Dengan kecepatan yang dimiliki, maka sistem ini bisa meningkatkan produktivitas dari bisnis yang kamu punya.

2. Praktis

Kelebihan utama dari penggunaan sistem pemrosesan transaksi adalah masalah kecepatan. Seperti yang sudah kamu ketahui jika sistem ini akan mampu untuk mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu secara bersamaan.

3. Pemrosesan Data Besar

Transaction processing system ini sangat bisa kamu andalkan untuk menangani pemrosesan data dalam skala yang besar. Hal ini biasanya terjadi ketika bisnis berada di peak season.

Semakin banyak transaksi yang terjadi, maka akan semakin besar juga data yang diproses. Sistem ini sendiri akan mampu menangani data tersebut dengan cepat dan tanpa kesalahan.

4. Penggunaan yang Mudah

Keunggulan lainnya dari sistem pemrosesan transaksi adalah penggunaanya yang mudah. Beberapa sistem ini bahkan sudah dibuat dengan interface yang sangat membantu dan memudahkan.

Selain itu, sistem ini juga bisa digunakan di mana saja, mulai dari toko, bank, sekolah, dan lainnya. Bahkan sistem transaksi ini juga sudah mendukung untuk transaksi online.

5. Recovery 

Jika seandainya terjadi kesalahan selama pemrosesan data ataupun ada data yang hilang, maka proses recovery bisa terjadi dengan mudah dan cepat. Ini juga menjadi salah satu keunggulan dari sistem yang satu ini.

Secara default, sistem ini bisa memecahkan sendiri masalah yang muncul ketika pemrosesan data terjadi. Nantinya, kesalahan yang terjadi pada sistem tersebut bisa langsung terhapus dengan mudah.

Baca juga: Whatsapp Payment, Inovasi Transaksi Dalam Komunikasi

Kekurangan Transaction Processing System

Meskipun memiliki banyak kelebihan dan manfaat, hal itu bukan berarti sistem ini tidak memiliki kekurangan.

Selayaknya sistem pada umumnya, sistem transaksi ini juga memiliki beberapa kekurangan. Meski demikian, kekurangan ini sendiri selalu mendapat perbaikan seiring dengan perkembangannya.

1. Biaya

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika menggunakan sistem adalah masalah biaya, terutama untuk biaya setup. Pemilik bisnis biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Mulai dari membeli perangkat seperti komputer, scanner, kamera, dan lainnya. 

Selain itu, pemilik bisnis juga perlu membeli lisensi dari software yang akan digunakan.

2. Kompatibilitas

Hal lain yang juga menjadi masalah dari penggunaan sistem transaksi ini adalah masalah kompatibilitas. Dalam hal ini, belum tentu semua perangkat keras yang ada akan cocok dengan software yang akan kamu gunakan.

Selain itu, beberapa software juga membutuhkan driver khusus agar bisa bekerja pada perangkat tertentu. Hal ini cukup merepotkan, terutama ketika aplikasi membutuhkan update.

3. Beban Data

Meskipun cukup handal untuk menangani data dengan ukuran besar, namun tetap saja setiap sistem pasti memiliki batasan. Beberapa perangkat biasanya akan mengalami masalah ketika memproses data di luar batas kemampuan.

Masalah mulai dari sistem yang lambat sampai sistem yang berhenti bekerja akan sering kamu alami dalam sistem ini. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah membagi beban kerja antar perangkat.

Penggunaan Sistem untuk Kelancaran Bisnis

Penggunaan sistem transaksi memang bukan tanpa alasan, salah satunya adalah untuk membantu bisnis agar lebih berkembang. Faktor kecepatan dan efektivitas merupakan dua hal yang menjadi keunggulan dari sistem ini.

Semakin cepat sistem ini bekerja maka semakin banyak juga sistem transaksi yang terselesaikan. Selain baik untuk bisnis, hal ini juga tentu akan membuat pelanggan menjadi senang karena proses transaksi yang cepat.

Ini merupakan salah satu alasan penggunaaan sistem pemrosesan transaksi. Selain masalah kecepatan, sistem ini juga mampu untuk menyimpan berbagai data penting dengan proses yang mudah.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

Apa saja pentingnya manajemen sumber daya manusia yang baik bagi sebuah perusahaan? Menjadi seorang pebisnis yang sukses dan handal tidak hanya berfokus pada satu titik...

JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

JNE Trucking adalah salah satu layanan express dari jasa ekspedisi JNE untuk memudahkan pengiriman barang yang beratnya minimal 10 kg. Lantas, apa saja kelebihan,...

9 Perbedaan Marketplace dan E-Commerce yang Kamu Perlu Tahu

Faktanya, ada perbedaan loh antara marketplace dan e-commerce yang selama ini kamu sering gunakan. Jika kamu masih menganggap marketplace dan e-commerce sama, sekarang saatnya untuk mengubah pemahaman tersebut. Marketplace dan...

JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

JNE YES adalah layanan Yakin Esok Sampai dari JNE. Sebagaimana banyak orang ketahui, nama ekspedisi JNE sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi. Nah, kira-kira...

Contoh CSR Perusahaan: Inspiratif & Menarik untuk Dicoba

Contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik sangat banyak. Seperti namanya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk kegiatan yang berhubungan sosial atau gerakan lingkungan yang...