HomeCerita SuksesKetahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Ketahui Manfaat Mengikuti Komunitas Entrepreneur untuk Pebisnis!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis adalah bergabung dengan komunitas entrepreneur. Saat ini, ada banyak komunitas seperti ini, termasuk diantaranya komunitas entrepreneur muda.

Bahkan, beberapa komunitas tersebut juga sudah banyak yang diisi oleh para pengusaha sukses. Nantinya, ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dengan bergabung dengan komunitas ini.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Entrepreneur

Secara pengertian, komunitas merupakan sekumpulan orang yang bergabung karena memiliki kesamaan tujuan satu sama lain.

Di dalam komunitas juga biasanya ada banyak hal yang bisa menjadi pelajaran.

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung dengan komunitas entrepreneur.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan ketika bergabung dengan komunitas entrepreneur adalah bisa meningkatkan rasa percaya diri. Ketika bergabung dengan komunitas, maka kamu akan melihat banyak orang yang sudah memulai usaha dan bisa membuat kamu lebih termotivasi.

Terutama ketika bergabung dengan komunitas entrepreneur muda atau yang seumuran. Sehingga, bisa membuat kamu mendapatkan banyak cerita yang bisa membuat bisnis kamu menjadi lebih berkembang.

2. Menambah Jaringan

Manfaat berikutnya ketika bergabung dengan komunitas entrepreneur adalah bisa menambah jaringan. Seperti yang sudah dijelaskan, jika dalam komunitas akan berisi banyak orang dengan kesamaan visi dan misi.

Dari sinilah kamu juga bisa menambah dan memperluas jaringan yang kamu punya. Tentu saja dalam dunia bisnis, semakin luas jaringan yang kamu punya, maka akan semakin baik. Jaringan itu sendiri akan bermanfaat dalam banyak hal.

Mulai dari potensi untuk mendatangkan pelanggan, potensi keuntungan, melebarkan sayap bisnis, dan lainnya. Selain itu, dengan semakin lebarnya jaringan yang kamu punya, maka kesempatan yang kamu punya juga semakin luas.

3. Bertukar Informasi

Dengan banyaknya orang yang memiliki ketertarikan yang sama, maka sudah pasti akan banyak informasi menarik yang bisa kamu dapatkan. Bahkan mungkin informasi yang kamu dapatkan ini tidak melulu soal bisnis.

Saling bertukar informasi ini juga menjadi penting, karena bisa saja dari informasi ini akan melahirkan ide-ide baru yang bermanfaat. Kamu bisa menemukan ide untuk memulai bisnis baru misalnya atau kamu juga mungkin bisa menemukan solusi dari permasalahan yang selama ini kamu hadapi

4. Ajang Promosi

Manfaat lainnya dari bergabung dengan komunitas entrepreneur adalah menjadi ajang untuk saling promosi. Nantinya, sesama anggota komunitas tersebut juga bisa saling memperkenalkan produk yang mereka punya.

Selain itu, kesempatan ini juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu. Masalah ini sebenarnya akan berkaitan dengan jaringan bisnis yang kamu bangun, di mana semakin banyak orang yang mengenal bisnis kamu, maka akan semakin baik.

5. Riset Pasar

Meskipun sama-sama pelaku bisnis, namun biasanya komunitas ini juga memiliki perbedaan pada target pasar. Semakin banyak anggota dari komunitas ini, maka biasanya ada banyak target pasar yang mereka miliki dan bisa menjadi salah satu manfaat yang kamu dapatkan ketika bergabung dengan komunitas entrepreneur

Sebab, beragamnya target pasar tersebut, nantinya bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara untuk melakukan tes pasar. Misalnya, kamu berniat untuk melebarkan bisnis dengan menjangkau target market yang baru. Kamu bisa meminta pendapat pada teman di komunitas tentang pasar yang akan kamu tuju tersebut.

Kamu bisa menanyakan tentang bagaimana kondisi di pasar tersebut, bagaimana persaingannya, bagaimana peluang yang ada, dan lainnya. Bahkan, cara ini juga sangat memungkinkan untuk kamu melempar test produk ke pasar yang baru dengan bantuan teman di komunitas entrepreneur muda tersebut.

6. Membangun Kerja Sama

Manfaat terakhir dari bergabung dengan komunitas entrepreneur adalah kesempatan menjalin kerja sama yang akan jauh lebih mudah. Kamu seolah tidak perlu mencari siapa orang yang tepat untuk diajak kerja sama.

Kamu hanya perlu aktif di komunitas dan melihat mana pelaku bisnis yang sekiranya cukup potensial untuk kamu ajak kerja sama. Dengan cara ini juga, maka kamu akan lebih mudah untuk menemukan celah penghubung yang bisa melahirkan kerjasama tadi.

Salah satu cara membangun kerja sama yang baik, yakni rutin melakukan komunikasi atau kopi darat dengan anggota komunitas yang kamu jadikan target untuk menjalin kerjasama. 

Semakin sering kamu berkomunikasi, tentunya akan semakin paham akan karakteristik pebisnis tersebut. Sehingga, kamu akan lebih mudah untuk bekerjasama dalam jangka waktu panjang nantinya.

Beberapa Komunitas Entrepreneur di Indonesia

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, jika saat ini ada banyak komunitas entrepreneur yang ada di Indonesia.

Beberapa komunitas berisi pengusaha dari berbagai lini usaha, sementara yang lainnya juga ada yang berisi pengusaha dengan jenis usaha yang sama.

Berikut ulasannya.

1. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

Jika berbicara tentang komunitas entrepreneur muda yang ada di Indonesia, maka tidak mungkin jika tidak menyebutkan HIPMI. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ini sendiri merupakan sebuah komunitas yang sudah berdiri sejak tahun 1972.

Dengan usia yang sudah cukup lama dan pengalaman yang sudah sangat banyak, maka tidak heran jika komunitas ini sendiri sudah menjelma menjadi komunitas entrepreneur paling besar. Bahkan, jangkauan dari HIPMI bisa dibilang merupakan yang terluas di Indonesia.

Komunitas HIPMI saat ini sudah terbagi ke dalam kelompok yang lebih kecil, mulai dari skala perguruan tinggi, kota, kabupaten, provinsi, dan juga nasional. HIPMI juga sudah banyak melahirkan banyak pengusaha sukses hingga sekarang ini.

2. Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)

Salah satu contoh komunitas entrepreneur lainnya yang juga ada di Indonesia dan saat ini cukup berpengaruh adalah KPMI. Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia ini mulai berdiri pada tahun 2010 dan sekarang sudah memiliki lebih dari 32 ribu anggota.

Anggota dari komunitas ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari tingkat kota dan kabupaten, provinsi, hingga nasional. Anggota KPMI sendiri merupakan para pengusaha dengan lintas sektor bisnis.

3. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)

Komunitas entrepreneur lain yang bergerak di bidang bisnis yang sama, contohnya adalah PHRI. Sesuai namanya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia merupakan kumpulan pebisnis yang bergelut di bidang hospitality, khususnya hotel dan restoran.

Komunitas ini merupakan tempat yang tepat untuk memperluas jaringan, mendapatkan pelatihan, dan melakukan peningkatan kapasitas diri.

Salah satu keuntungan dari bergabung dengan komunitas seperti ini adalah para anggota biasanya mendapatkan informasi penting yang terkait dengan bisnis mereka lebih cepat dibanding orang lain. 

Sehingga, akan sangat menguntungkan, karena para pelaku bisnis tersebut bisa mempersiapkan lebih awal untuk menentukan strategi selanjutnya.

Yuk, Mulai Bergabung dengan Komunitas Entrepreneur!

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung dengan komunitas entrepreneur.

Selain masalah informasi yang bisa kamu dapatkan dengan lebih cepat, kamu juga bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman menarik lainnya.

Pastinya akan banyak membantu memperluas jaringan bisnis kamu!


Temukan inspirasi lainnya tentang kepemimpinan, cerita sukses, ide bisnis dan lain-lain hanya di entrepreneurcamp.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

JNE Trucking adalah salah satu layanan express dari jasa ekspedisi JNE untuk memudahkan pengiriman barang yang beratnya minimal 10 kg. Lantas, apa saja kelebihan,...

9 Perbedaan Marketplace dan E-Commerce yang Kamu Perlu Tahu

Faktanya, ada perbedaan loh antara marketplace dan e-commerce yang selama ini kamu sering gunakan. Jika kamu masih menganggap marketplace dan e-commerce sama, sekarang saatnya untuk mengubah pemahaman tersebut. Marketplace dan...

JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

JNE YES adalah layanan Yakin Esok Sampai dari JNE. Sebagaimana banyak orang ketahui, nama ekspedisi JNE sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi. Nah, kira-kira...

Contoh CSR Perusahaan: Inspiratif & Menarik untuk Dicoba

Contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik sangat banyak. Seperti namanya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk kegiatan yang berhubungan sosial atau gerakan lingkungan yang...

Apa Itu TIKI? Mengapa Kamu Harus Menggunakan TIKI?

TIKI adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang. Berdiri sejak 1 September 1970 hingga kini telah memiliki banyak cabang di seluruh...