HomeMarketingTools Riset Keyword Gratis yang Perlu Kamu Coba untuk Web Bisnis

Tools Riset Keyword Gratis yang Perlu Kamu Coba untuk Web Bisnis

Kamu yang baru mulai bekerja di dunia marketing dan SEO perlu memperkaya pengetahuan tentang tools riset keyword. Pasalnya, keyword riset tools ini merupakan salah satu alat penting yang dapat memastikan konten yang kamu buat relevan dengan target pasar. Alat pendukung ini secara teknis bersifat sederhana tapi banyak manfaat. 

Keuntungan dalam melakukan riset kata kunci, kamu akan lebih mudah membuat konten yang terarah. Alat riset kata kunci umumnya menunjukkan persentase atau volume kata-kata yang cukup populer. Jadi, kamu bisa dengan mudah menggunakan keyword yang ada dan mengolahnya ke ranah kreatif lain demi menarik minat pembeli.

Tools Riset Keyword Gratis 

Berbicara mengenai alat riset kata kunci, pilihan berbayar menawarkan banyak fitur dan hasil analisis yang mendalam. Namun, untuk kamu yang masih pemula, mencoba memahami tren dari keyword riset tools gratis merupakan salah satu langkah yang baik untuk kariermu nanti. 

Selain itu, ada banyak pilihan tools gratis yang bisa kamu temukan di internet. Adapun, beberapa tools riset kata kunci yang dapat kamu coba antara lain:

1. Google Search 

Tahukah kamu jika mesin pencari Google bisa kamu jadikan acuan sebagai tools riset keyword? Tentu kamu sudah tidak asing dengan mesin pencari satu ini. Kamu bisa memasukan berbagai macam kata kunci untuk menemukan referensi, situs, foto, dan banyak hal lainnya di internet. 

Di luar itu, mesin pencari Google ini bisa jadi alat riset kata kunci gratis yang cukup menarik untuk kamu coba. Kamu bisa menggunakan kolom “People Also Ask” dan “related search” di bagian paling bawah sebagai acuan kata kunci konten yang ingin kamu buat. Kamu bisa juga mempelajari jenis konten apa yang punya performa baik. 

2. Google Trends 

Untuk alat riset kata kunci yang lebih mendalam, kamu bisa menggunakan Google Trends. Alat riset gratis ini menawarkan fitur yang lebih komprehensif secara cuma-cuma. Secara teknis, kamu bisa langsung mencari kata kunci yang kamu inginkan dan mendapatkan data jumlah volume pencarian yang sesuai secara periodik. 

Kamu juga bisa mendapatkan hasil yang relatif akurat dengan memilih negara yang kamu inginkan. Keyword riset tools ini dapat menunjukkan analisis kata kunci. Kamu juga bisa membandingkan popularitas kata kunci utama dengan keyword sekunder yang kamu siapkan. Hal tersebut membantu kamu untuk membuat strategi konten. 

3. Ahrefs Free Keyword Generator 

Ahrefs merupakan sebuah nama besar di ranah SEO. Perusahaan ini terkenal dengan infrastruktur SEO yang canggih dan menawarkan layanan yang lengkap. Namun, untuk dapat merasakan layanan tersebut, kamu perlu mengeluarkan uang yang cukup besar. Meskipun begitu, Ahrefs menawarkan opsi gratis untuk memudahkan pekerjaanmu. 

Ahrefs Free Keyword Generator adalah opsi pencarian kata kunci gratis yang bisa kamu coba. Namun, jangan kamu bandingkan dengan pilihan berbayar. Kamu hanya memiliki kesempatan 10 kali dalam sehari untuk menemukan keyword. Selain itu, kamu tidak bisa mendapatkan analisis lebih dalam terkait konten yang ingin kamu buat. 

4. Ubersuggest 

Kamu yang sedang belajar SEO dan digital marketing tentu mengenal Neil Patel. Sosok tersebut dianggap sebagai salah satu expert di SEO. Neil Patel memiliki sarana riset kata kunci gratis yang bisa kamu gunakan secara gratis. Tools tersebut bisa kamu temukan dalam situs Ubersuggest bernama Keyword Analyzer. 

Secara teknis, alat riset garapan Neil Patel ini memiliki 4 fitur unggulan. Fitur tersebut di antara lain adalah keyword overview, keyword ideas, keyword list, dan content ideas. Dengan keempat fasilitas tersebut memudahkan proses strategi SEO jadi efisien. Namun, kamu hanya bisa menggunakan fitur ini dalam jumlah terbatas untuk satu hari. 

5. Semrush Keyword Tool 

Nama lain yang cukup besar di ranah SEO selain Google adalah Semrush. Brand ini bisa dibilang bersaing dengan Ahrefs untuk menawarkan infrastruktur SEO yang lengkap dan memudahkan para digital marketer saat ini. Sama halnya dengan Ahrefs, untuk menikmati layanan analisis SEO penuh dari Semrush, kamu perlu membayarnya. 

Jangan dulu kecewa, karena Semrush juga menawarkan tools riset keyword yang gratis. Keyword Magic Tool adalah alat yang kamu bisa gunakan secara terbatas namun gratis. Namun, secara fitur, alat gratis satu ini menawarkan dukungan yang lebih komprehensif daripada pesaingnya. 

Baca juga: Apa itu SEO Off Page? Ini Manfaat dan Cara Mengoptimalkannya

6. Wordtracker 

Tools riset keyword terkadang memiliki tampilan yang terlalu teknis. Sebagai pemula, tentu kamu akan memiliki kesulitan dalam melakukan analisis. Namun, kamu tidak perlu khawatir, saat ini kamu bisa gunakan Wordtracker sebagai alat gratis yang ramah dengan pemula. Tampilan alat ini cukup minimalis dan mudah untuk kamu mengerti. 

Dengan tampilan yang minimalis, kamu tetap bisa merasakan fitur yang cukup lengkap. Dalam proses pencarian kata kunci, kamu bisa mendapatkan informasi umum seperti kompetisi dan volume pencarian. Selain itu, kamu juga bisa melakukan analisis kompetisi pada situs ini agar memudahkan strategi konten yang akan kamu buat. 

7. Google Search Console 

Menggunakan Google Suite sebagai alat riset SEO merupakan metode yang efisien. Kamu bisa mendapatkan data yang relevan karena mengandalkan mesin pencari Google. Salah satu sarana yang gratis dalam pencarian kata kunci adalah Google Search Console. Kamu perlu mendaftarkan situs milikmu untuk menggunakannya. 

Alat ini menjadi alat yang cukup superior. Pasalnya, kamu tidak hanya dapat mencari kata kunci mana saja yang bisa menarik audiens. Kamu juga bisa melakukan tracking untuk memastikan pergerakan popularitas keyword yang sedang kamu gunakan. Kamu bisa melakukan integrasi juga ke situs dengan basis WordPress. 

8. KWFinder 

Dalam eksekusi SEO, kamu perlu memerhatikan penggunaan long tail dan short tail pada sebuah kata kunci. Panduan tersebut mampu memberikan hasil yang optimal pada nilai SEO. KWFinder merupakan situs tools riset keyword yang membantu kamu menentukan kata kunci long tail yang relevan dan punya potensi bagus. 

Situs ini memiliki basis data keyword hingga 2.5 milyar banyaknya. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk kekurangan ide. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan analisis kompetitor. Fitur tersebut membantu kamu untuk menghindari risiko plagiarisme dalam sebuah konten, sehingga memaksimalkan proses index dan crawling SEO. 

9. Wordstream 

Digital marketing dapat kamu gunakan untuk berbagai macam jenis industri dan sektor bisnis. Wordstream jadi tools riset kata kunci gratis yang bisa kamu andalkan akurasinya. Alat ini menawarkan pencarian keyword berdasarkan industri bisnis yang sedang ingin kamu kembangkan. Tentu saja fitur tersebut cukup bermanfaat. 

Dengan fitur tersebut, kamu bisa mengolah konten berdasarkan keyword yang sesuai dengan industrinya. Dengan kata lain, kamu dapat merancang strategi berdasarkan target pasar yang lebih relevan. Sehingga, konten pun dapat tepat sasaran. Semakin tinggi engagement konten pada situs, semakin besar website berada di peringkat satu. 

Sudah Tahu Mau Pakai Tool Riset Keywords yang Mana?

Tools riset keyword secara gratis memang memiliki batasan daripada opsi berbayar. Namun, dengan banyaknya pihak ketiga dengan fitur canggih, kamu bisa memaksimalkan opsi gratis ini di masa awal karier.

Pastikan kamu memilih infrastruktur yang berguna untuk membaca data dan analisis SEO, ya! 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

Apa saja pentingnya manajemen sumber daya manusia yang baik bagi sebuah perusahaan? Menjadi seorang pebisnis yang sukses dan handal tidak hanya berfokus pada satu titik...

JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

JNE Trucking adalah salah satu layanan express dari jasa ekspedisi JNE untuk memudahkan pengiriman barang yang beratnya minimal 10 kg. Lantas, apa saja kelebihan,...

9 Perbedaan Marketplace dan E-Commerce yang Kamu Perlu Tahu

Faktanya, ada perbedaan loh antara marketplace dan e-commerce yang selama ini kamu sering gunakan. Jika kamu masih menganggap marketplace dan e-commerce sama, sekarang saatnya untuk mengubah pemahaman tersebut. Marketplace dan...

JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

JNE YES adalah layanan Yakin Esok Sampai dari JNE. Sebagaimana banyak orang ketahui, nama ekspedisi JNE sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi. Nah, kira-kira...

Contoh CSR Perusahaan: Inspiratif & Menarik untuk Dicoba

Contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik sangat banyak. Seperti namanya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk kegiatan yang berhubungan sosial atau gerakan lingkungan yang...