HomeMarketingApa Itu Technical SEO? Pengertian dan Manfaatnya bagi Website

Apa Itu Technical SEO? Pengertian dan Manfaatnya bagi Website

Dalam pengembangan dan optimasi sebuah situs, technical SEO adalah salah satu elemen yang tidak bisa Anda lewatkan. Kaidah SEO merupakan salah satu aspek penting agar situs perusahaan yang Anda miliki dapat mudah ditemukan melalui mesin pencarian Google dan bermanfaat pada strategi bisnis untuk menjangkau konsumen. 

Sebagaimana yang Anda ketahui, mesin pencarian Google merupakan salah satu tool yang penting dalam dunia digital marketing. Memaksimalkan fitur dari sarana yang ada bisa jadi landasan dalam menjalankan metode pengembangan bisnis digital. Memastikan implementasi technical SEO adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Apa itu Technical SEO? 

Jadi, apa yang dimaksud dengan technical SEO? Secara teknis, istilah tersebut mengacu pada salah satu metode optimalisasi situs sesuai kaidah SEO. Berbeda dengan optimasi keyword, metode teknis ini secara langsung berguna agar situs dari perusahaan Anda dapat berada di peringkat pertama pada mesin pencarian.

Dengan kata lain, technical SEO adalah strategi yang memanfaatkan elemen teknis seperti on-page dan off-page pada sebuah situs. Dalam memahami apa itu technical SEO, mesin pencari Google juga akan lebih mudah melakukan penilaian untuk memastikan bahwa situs milik Anda sesuai dengan algoritma pencarian terkini. 

Faktor Technical SEO yang Harus Diperhatikan 

Agar metode teknis SEO ini dapat berjalan optimal, Anda perlu memerhatikan elemen crawling, indexing, rendering, dan arsitektur website.

Keempat elemen teknis tersebut bermanfaat agar situs Anda dapat langsung muncul pada mesin pencarian Google.

Selain itu, ada beberapa faktor lain juga yang perlu Anda perhatikan.

1. Website yang Cepat 

Salah satu hal penting dalam optimalisasi technical SEO adalah memastikan kecepatan akses situs. Secara perancangannya, setiap situs memiliki waktu loading yang berbeda-beda. Hal tersebut umumnya dipengaruhi oleh konten dan jumlah kapasitas penyimpanan pada hosting yang tersedia. Jadi pastikan semua aspek teknis terjaga. 

Umumnya, akses situs memiliki kecepatan ideal selama kurang dari dua detik. Jika melampaui hal tersebut, Anda perlu melakukan audit untuk memperbaiki masalah kecepatannya. Selain itu, situs yang cepat juga membuat nyaman calon konsumen untuk lebih cepat mencari hingga menyelesaikan transaksi dari hal yang dibutuhkan. 

2. Konten Unik 

Sebagai sebuah kanal informasi utama, situs tentu perlu memiliki konten. Kehadiran konten juga jadi bagian penilaian SEO yang perlu Anda penuhi. Namun, pastikan setiap konten bersifat unik. Dengan kata lain, Anda tidak boleh membuat konten berdasarkan topik dan kata kunci yang sama demi menghindari dugaan plagiarisme. 

Sistem Google sangat sensitif terhadap konten yang bersifat plagiarisme. Jika teridentifikasi, maka akan sulit bagi situs Anda untuk mendapatkan posisi di halaman pertama mesin pencarian. Technical SEO adalah cara efisien untuk melakukan audit website. Anda akan lebih mudah merapikan konten plagiat melalui jalur backdoor

3. Meminimalisir Dead Link 

Backlink dan internal linking merupakan elemen teknis lainnya dalam metode SEO. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa setiap halaman masih aktif atau tidak terindikasi sebagai dead link. Anda bisa mengetahui halaman mana saja yang sudah tidak aktif dengan melakukan audit pada situs. 

Untuk mengetahui dead link ini tidak membutuhkan waktu yang panjang. Selain itu, memastikan bahwa seluruh halaman bekerja dengan baik akan membantu Anda menjaga skor search engine result page (SERP). Langkah ini mengurangi risiko penurunan peringkat secara signifikan pada mesin pencarian Google. 

4. Indexing dan Crawling 

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, indexing dan crawling adalah elemen teknis penting pada optimalisasi SEO. Agar informasi situs milikmu dapat terindeks dan crawling dengan baik, pastikan agar XML sitemap terdaftar pada Google Search Console dan Bing Webmaster Tool. 

Langkah pendaftaran tersebut bersifat wajib agar mesin pencari di internet dapat segera memasukkan daftar halaman baru yang ada pada situsmu. Namun, kamu perlu pahami bahwa proses ini membutuhkan waktu. Umumnya SEO membutuhkan waktu hingga 3 bulan agar mencapai taraf optimal sesuai dengan kompleksitas situs. 

5. Keamanan Situs Optimal 

Tidak hanya dari aspek teknikal SEO saja yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga situs berjalan dengan baik. Anda juga tidak boleh melupakan sistem keamanan website. Pastikan situs yang kamu miliki saat ini menggunakan sistem keamanan terkini. Hal tersebut memastikan agar data tidak mudah bocor dan disalahgunakan. 

Meskipun sebagai langkah proteksinya, nyatanya menjaga keamanan situs juga masuk ke dalam bagian dari penilaian SEO. Dengan kata lain, optimasi technical SEO adalah langkah yang mewajibkan kamu menjaga relevansi situs dari luar hingga dalam. 

Baca juga: Apa itu SEO? Ketahui Cara untuk Mengoptimalkannya Di Sini!

Manfaat Mengoptimasi Technical SEO 

Manfaat mengoptimalisasi technical SEO adalah langkah baik yang perlu Anda lakukan secara rutin. Pasalnya, algoritma mesin pencarian Google terus berubah seiring waktu.

Perubahan tersebut bermaksud agar tidak ada kecurangan yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha dalam mendapatkan peringkat utama di SERP. 

1. Memudahkan Akses Audiens 

Salah satu elemen penting dalam technical SEO adalah mempercepat akses situs milik Anda. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang baik dalam menarik hati para pelanggan setia dan calon konsumen. Berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis, pelanggan berpikir dapat menemukan apa yang mereka cari melalui situs Anda. 

Tentu dengan sudut pandang tersebut, pelanggan ingin segera mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cepat. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan waktu akses situs secara ideal. Selain itu, semakin banyak pengunjung yang masuk ke situs Anda, maka skor SERP pun akan ikut meningkat dan membuat peringkat Anda naik. 

2. Strategi Promosi Perusahaan 

Dengan situs yang teroptimalisasi dengan baik berdasarkan kaidah SEO, Anda memiliki banyak opsi strategi pemasaran. Melalui kanal pendukung seperti media sosial, Anda bisa mengarahkan audiens untuk mencari nama, produk, atau kata kunci promo melalui Google. Dengan optimalisasi yang baik maka situs perusahaan pun muncul paling awal. 

3. Meningkatkan Konversi 

Dengan langkah tersebut, diharapkan perusahaan bisa mendapatkan konversi yang tinggi. Perlu Anda pahami bahwa konversi tidak hanya mengacu pada penjualan saja. Anda bisa menyimpan data audiens untuk menarik perhatian mereka di masa depan. Cara paling mudah adalah mengajak mereka untuk mendaftar newsletter

Optimalisasi technical SEO adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan data audiens. Melalui hal tersebut, Anda bisa mengembangkan strategi bisnis untuk menyesuaikan dengan pasar. Namun, pastikan Anda menggunakan data tersebut dengan baik dan menghindari tindak kriminal yang dapat merusak reputasi usaha.  

Siap Terapkan Technical SEO?

Anda yang berhasil melakukan optimasi terhadap teknis SEO pada situs perusahaan dapat menikmati manfaat yang besar bagi pengembangan bisnis. 

Saat ini, digital marketing berperan sebagai tombak untuk memastikan bahwa perusahaan, produk, penawaran, hingga informasi edukatif yang Anda tawarkan bisa langsung menghadirkan minat di masyarakat. 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

Apa saja pentingnya manajemen sumber daya manusia yang baik bagi sebuah perusahaan? Menjadi seorang pebisnis yang sukses dan handal tidak hanya berfokus pada satu titik...

JNE Trucking adalah: Kelebihan dan Syarat Menggunakan Layanannya

JNE Trucking adalah salah satu layanan express dari jasa ekspedisi JNE untuk memudahkan pengiriman barang yang beratnya minimal 10 kg. Lantas, apa saja kelebihan,...

9 Perbedaan Marketplace dan E-Commerce yang Kamu Perlu Tahu

Faktanya, ada perbedaan loh antara marketplace dan e-commerce yang selama ini kamu sering gunakan. Jika kamu masih menganggap marketplace dan e-commerce sama, sekarang saatnya untuk mengubah pemahaman tersebut. Marketplace dan...

JNE YES adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Lama Pengirimannya

JNE YES adalah layanan Yakin Esok Sampai dari JNE. Sebagaimana banyak orang ketahui, nama ekspedisi JNE sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi. Nah, kira-kira...

Contoh CSR Perusahaan: Inspiratif & Menarik untuk Dicoba

Contoh CSR perusahaan yang inspiratif dan menarik sangat banyak. Seperti namanya, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk kegiatan yang berhubungan sosial atau gerakan lingkungan yang...