Cara Hapus Toko di Tokopedia dengan Mudah Beserta Gambar

133
Cara Hapus Toko di Tokopedia dengan Mudah Beserta Gambar

Cara hapus toko di Tokopedia kerap membingungkan pengguna karena prosesnya yang dirasa cukup rumit. Perlu kamu ketahui bahwa cara menghapus toko di tokopedia permanen tidak bisa kamu lakukan melalui pengaturan. Sejauh ini, yang bisa kamu lakukan hanyalah cara tutup toko di Tokopedia untuk sementara waktu.

Mengapa Banyak Orang Ingin Menghapus Toko di Tokopedia?

Sebenarnya Tokopedia adalah marketplace yang bagus. Bahkan Tokopedia bertengger di posisi puncak dalam daftar marketplace favorit Indonesia. Walaupun begitu, pengguna terkadang memang merasa harus menutup. Karena bagaimanapun juga Tokopedia tetap tidak luput dari kekurangan, seperti berikut ini:

1. Aplikasi Berat atau Error

Salah satu alasan pengguna menutup toko adalah performa aplikasi yang kurang memuaskan. Aplikasi Tokopedia memang memakan sumber daya perangkat yang cukup besar. Jika pengguna memakai perangkat dengan spesifikasi terbatas, maka Tokopedia mungkin terasa berat untuk dijalankan.

Selain itu, aplikasi Tokopedia juga beresiko mengalami error yang disebabkan oleh bug. Jika bug aplikasi terasa terlalu mengganggu, maka pengguna mungkin saja memutuskan untuk mencari cara hapus toko di Tokopedia permanen.

2. Perang Harga Merugikan

Sudah bukan rahasia lagi jika para pedagang di marketplace kerap melakukan perang harga. Praktik perang harga seperti ini jika berlarut-larut akan merusak harga pasar dan merugikan pedagang. Marketplace yang perang harganya terlalu agresif tentunya tidak kondusif untuk berbisnis.

Oleh karena itu, indikasi lain penyebab pedagang memutuskan untuk tutup toko adalah perang harga yang tidak terkendali. Terutama pada kategori produk yang banyak dicari oleh pembeli.

3. Pengaturan Toko yang Rumit

Sebagai pebisnis online, tentunya kamu harus menguasai setiap fitur di marketplace yang kamu pakai. Salah satu fitur yang pasti kamu butuhkan adalah pengaturan toko. Fitur ini berfungsi untuk mengatur nama, deskripsi, logo, jam operasional, dan masih banyak lagi.

Banyaknya variabel yang pengguna kendalikan lewat pengaturan toko tersebut terkadang bisa sangat membingungkan. Pengaturan toko yang rumit ini biasanya akan membuat pengguna mencari cara hapus toko di Tokopedia.

4. Spam Produk

Di marketplace, kamu bisa menemukan satu produk yang sama di puluhan toko berbeda. Harga di setiap toko pun berlainan. Padahal merek, varian, dan ukuran produknya sama persis. Spam produk seperti inilah yang membuat pedagang merasa tidak nyaman karena harus berkompetisi secara kurang sehat.

Persaingan memang wajar dalam bisnis. Akan tetapi, spam produk yang berlebihan bukanlah persaingan yang baik. Jika pedagang merasa marketplace terlalu sarat spamming, maka pedagang tersebut mungkin saja memutuskan untuk menutup toko.

5. Gambar Kurang Tajam

Dalam bisnis online, gambar produk sangatlah penting. Pembeli tidak bisa melihat wujud barang secara langsung, melainkan hanya mengamati foto produk yang diunggah penjual. Oleh karena itu, marketplace harus mendukung gambar berkualitas tinggi agar pembeli bisa melihat gambar secara detail.

Sayangnya, kualitas gambar yang penjual unggah ke Tokopedia seringkali menurun. Padahal hal ini bisa berakibat fatal. Tak jarang pembeli merasa bahwa barang yang mereka beli tidak sesuai dengan yang ada di foto. Kejadian seperti inilah yang akhirnya membuat penjual mencari cara hapus toko di Tokopedia permanen.

Baca Juga: Cara berjualan Di Tokopedia, Mudah Untuk Pemula!

Cara Tutup Toko di Tokopedia

Selain lima alasan di atas, kamu mungkin punya alasan lain untuk menutup toko. Misalnya karena kamu beralih lini bisnis atau marketplace lain, mengerucutkan beberapa toko menjadi satu, dan lain sebagainya. Jika kamu benar-benar ingin melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Lewat Aplikasi Tokopedia

Cara tutup toko di Tokopedia yang paling mudah adalah melalui aplikasi. Kamu bisa mengunduh aplikasi Tokopedia di PlayStore atau AppStore. Selesaikan instalasi lalu login ke akun Tokopedia kamu. Lalu, coba ikuti panduan berikut:

1.1. Masuk ke Pengaturan Toko

Masuk ke Pengaturan Toko

Kamu tidak akan menemukan cara hapus toko di Tokopedia di dalam aplikasi. Walaupun begitu, kamu tetap bisa menghentikan operasional toko untuk sementara waktu dengan cara menutupnya.

Pertama, klik Pengaturan yang disimbolkan dengan icon garis tiga. Letaknya di pojok kanan atas layar. Setelah masuk ke halaman Pengaturan, klik nama toko kamu yang terletak tepat di bawah logo. Kamu akan masuk ke halaman Toko Saya. Di halaman ini, pilih menu Pengaturan Toko.

1.2. Atur Jam Buka Tutup Toko

Atur Jam Buka Tutup Toko

Setelah kamu masuk ke halaman Pengaturan Toko, lanjutkan dengan klik menu ‘Atur jadwal operasional toko’. Di dalamnya, kamu akan menemukan menu Tanggal Mulai Tutup. Atur tanggalnya sesuai rencana penutupan toko.

Di bawahnya, ada menu Tanggal Berakhir. Menu ini berfungsi untuk membuka kembali tokomu secara otomatis pada tanggal tertentu. Aturlah sesuai rencanamu, kapan sekiranya kamu akan membuka tokomu lagi.

Di bagian paling bawah, terdapat kolom catatan. Kamu bisa menambahkan teks ke dalam kolom ini untuk memberitahu pelanggan perihal alasanmu menutup toko. Jika semuanya sudah kamu atur, klik Simpan di pojok kanan atas. Khusus untuk aplikasi iOS, pengaturan di atas bisa kamu akses lewat menu Status Toko.

2. Lewat Desktop

Cara tutup toko di Tokopedia juga bisa melalui desktop. Caranya tidak jauh berbeda, karena menu Tokopedia pastinya sama di semua perangkat. Sayangnya, cara hapus toko di Tokopedia permanen tetap tidak tersedia walaupun di versi desktop. Namun kamu tetap bisa menutup toko dengan langkah-langkah di bawah ini:

2.1. Buka Tokopedia Seller

Buka Tokopedia Seller

Pertama-tama, kamu harus mengunjungi halaman Tokopedia Seller. Kemudian, klik menu Pengaturan Toko yang terletak di sebelah kiri. Lalu, klik Tutup Toko di bagian Status.

2.2. Atur Tanggal Tutup Toko

Atur Tanggal Tutup Toko

Di halaman Tutup Toko, ada tiga menu yang bisa kamu manfaatkan. Menu Mulai Tanggal dan Sampai Tanggal berfungsi untuk mengatur periode penutupan tokomu. 

Kamu bisa menggunakan dua menu ini untuk menutup dan membuka toko secara otomatis pada tanggal tertentu. Namun jika kamu ingin menutup toko pada saat itu juga, klik menu Tutup Sekarang. 

3. Cara Hapus Toko di Tokopedia Permanen

Jika kamu tidak puas hanya dengan menutup toko secara periodik, ada cara hapus toko di Tokopedia yang sifatnya permanen. Langkah-langkahnya, yaitu:

  • Buka halaman FAQ dari browser.

halaman FAQ

  • Klik menu Tulis Kendala.
  • Jelaskan mengapa kamu ingin menghapus akun Tokopedia dengan alasan yang logis dan rinci.
  • Isi lampiran foto KTP sebagai syarat untuk menghapus akun.
  • Tunggu sampai kamu menerima kabar dari pihak Tokopedia yang biasanya akan melalui email.

Akan tetapi, metode di atas tidak akan bisa berhasil dalam dua kondisi. Pertama, akun kamu masih memiliki transaksi yang belum selesai. Kedua, permohonan penutupan akun mungkin akan ditolak jika kamu keliru mengisi informasi atau lampiran pendukung.

Baca Juga: Cara Buka Toko Di Tokopedia Dengan Mudah

Sudah Tahu Cara Hapus Toko di Tokopedia?

Itulah cara untuk menghentikan operasional toko di ‘marketplace hijau’. Jika kamu hanya ingin vakum berjualan, lebih baik menggunakan cara tutup toko di Tokopedia agar kamu bisa membukanya lagi sewaktu-waktu. Namun, jika keputusanmu sudah bulat, kamu bisa memakai cara hapus toko di Tokopedia di atas.