HomeManajemen Bisnis7 Kelebihan Perusahaan Perseorangan yang Harus Kamu Tahu

7 Kelebihan Perusahaan Perseorangan yang Harus Kamu Tahu

Jika bicara soal perusahaan, kamu mungkin selalu memikirkan sebuah organisasi dengan jajaran petinggi di dalamnya. Namun ternyata ada satu bentuk perusahaan yang hanya dimiliki satu orang. Nah, di artikel ini kamu akan mempelajari kelebihan perusahaan perseorangan.

Pengertian Perusahaan Perseorangan

Pada umumnya, sebuah perusahaan seperti Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) atau Perseroan Terbatas (PT) memiliki banyak stakeholder yang menentukan keberlangsungan sebuah bisnis. Namun berbeda halnya dengan perusahaan perseorangan.

Seperti namanya, perusahaan perseorangan merupakan sebuah bentuk bisnis yang kepemilikannya hanya berada satu pihak tunggal.

Artinya, pemilik usaha tersebut memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas atas bentuk manajemen ataupun keberlangsungan bisnisnya sendiri. 

Di lain sisi, perusahaan perseorangan bisa saja membuat pemilik kewalahan jika tidak handal dalam menangani manajemen yang kian hari bisa saja kian rumit.

Tujuan pendirian perusahaan perseorangan tidak pernah jauh-jauh dari mengumpulkan laba sebesar mungkin. Hal ini dapat terwujud karena pemilik perusahaan tidak perlu membagi keuntungan layaknya perusahaan konvensional.

Dari segi kekayaan, sebuah pengusaha perseorangan bisa saja tidak memisahkan antara harta pribadi dan perusahaan. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu kelebihan perusahaan perseorangan.

Satu aspek lain yang membuat perusahaan perseorangan menjadi salah satu bentuk usaha dengan banyak peminat adalah tidak perlu mengurus izin atau tata cara.

Akibatnya, perusahaan perseorangan tetap bisa berjalan meski dengan modal yang tidak banyak. Bahkan tanpa modal sama sekali tergantung dari jenis usaha yang akan dirintis.

Banyak sekali jenis usaha yang bisa menjadi pertimbangan untuk mendirikan perusahaan perseorangan. Kamu akan melihat di bagian artikel selanjutnya.

Melihat dari sifat perusahaan perseorangan, maka tidak heran jika UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) itu identik dengan perusahaan perseorangan.

Di lain sisi, franchise tidak termasuk dalam perusahaan perseorangan. Meski kamu memang memiliki usaha itu sendiri, namun hak milik tetap jatuh pada pemilik franchise.

Jenis-Jenis Perusahaan Perseorangan

Sebelum mengupas seputar kelebihan perusahaan perseorangan, kamu juga perlu tahu jenis-jenis bisnis yang bisa jadi ide untuk membuat perusahaan perseorangan.

Secara garis besar, jenis-jenis perusahaan perseorangan dikelompokkan oleh komoditas yang ditawarkan. Dalam hal ini, kamu dapat memilih antara bisnis berbasis barang atau jasa.

1. Perusahaan Berbasis Barang

Perusahaan perseorangan berbasis barang tentu lebih approachable untuk pengusaha pemula. Maksudnya, jika kamu tidak begitu paham soal barang yang ingin kamu jual pun, kamu masih dapat mempelajarinya lewat berbagai sumber.

Tentunya ini bukan lagi menjadi alasan, karena di zaman sekarang kamu bisa mempelajari banyak hal dengan mudah dengan internet (malahan kamu sedang melakukannya dengan membaca artikel ini).

Mungkin di titik ini modal yang besar menjadi salah satu penghalangmu untuk membuat perusahaan perseorangan. Namun jangan khawatir, karena bahwasannya ada sebuah bisnis yang bernama dropship.

Bisnis ini ibaratnya adalah gabungan dari perusahaan berbasis barang dan jasa. Kenapa bisa begitu? Karena dropship adalah bisnis di mana kamu hanya perlu memasarkan barang dari penjual lain kepada pembeli potensial dengan harga yang kamu rasa menguntungkan.

Jadi kasarannya kamu adalah perantara untuk kedua belah pihak.

2. Perusahaan Berbasis Jasa

Dari segi jasa sendiri, sebenarnya keahlian yang kamu butuhkan untuk mendirikan perusahaan perseorangan ini bisa kamu pelajari secara otodidak atau malah sudah kamu kuasai.

Beberapa perusahaan perseorangan berbasis jasa yang sedang marak di dunia internet adalah jasa endorse. Untuk membuka usaha ini, kamu perlu memiliki akun media sosial dengan tingkat engagement yang cukup tinggi.

Selain itu, ada banyak sektor jasa lain yang bisa kamu jadikan peluang bisnis perusahaan perseorangan. Beberapa di antaranya adalah les privat, penerjemah, jasa desain grafis, jasa pengetikan, hingga laundry.

Mungkin beragamnya jenis bisnis yang bisa terbentuk juga bisa menjadi salah satu kelebihan perusahaan perseorangan. Di dunia yang semakin berubah ini, berinovasi dengan sumber daya yang tersedia adalah salah satu hal yang bisa kamu syukuri. 

Kelebihan Perusahaan Perseorangan

Untuk mengetahui kelebihan perusahaan perseorangan, kamu dapat menganalisis sifat-sifat perusahaan perseorangan dengan lebih detail. Berikut adalah kelebihan-kelebihan yang ditawarkan.

1. Proses Pendiriannya Mudah

Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, perusahaan perseorangan merupakan bentuk usaha yang nyaris tidak memerlukan izin untuk berdiri. Hal ini membuat proses pendirian dari perusahaan perseorangan menjadi mudah.

Namun hal ini tidak lantas membuat perusahaan perseorangan bebas dari peraturan. Jika kamu ingin membuka usaha produksi makanan, misalnya, kamu tetap harus memiliki izin P-IRT supaya produk kamu bisa beredar di pasaran.

Izin P-IRT ini sendiri bisa diperoleh melalui pengajuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setempat. 

Karena proses pendiriannya mudah, maka otomatis perusahaan perseorangan juga rentan untuk mengalami pembubaran. Makanya manajemen yang solid merupakan keharusan untuk mendirikan sebuah perusahaan perseorangan.

2. Tidak Perlu Membayar Pajak

Perusahaan perseorangan selalu identik dengan omset yang relatif tidak banyak. Hal inilah yang menyebabkan jarang sekali perusahaan perseorangan yang wajib untuk membayar pajak.

Namun jika dirasa cukup berkembang, perusahaan perseorangan ini juga akan bisa masuk dalam pertimbangan untuk dikenakan pajak.

3. Lebih Mudah Memperoleh Kredit

Aspek keuangan yang menjadi kelebihan perusahaan perseorangan ternyata tidak hanya dari segi membayar pajak.

Secara teknis, pemilik tunggal juga lebih mudah dalam melakukan pinjaman kredit. Alasan terbesarnya adalah karena sumber modal dari perusahaan perseorangan juga bisa menggunakan kredit pribadi.

Namun hal ini tentu juga memiliki risikonya tersendiri, apabila jika nantinya pengaju kredit tidak bisa melunasi utang karena usahanya yang tidak menghasilkan pemasukan yang memuaskan.

4. Biaya Manajemen Rendah

Berbeda dengan perusahaan besar, perusahaan perseorangan adalah salah satu bentuk bisnis yang cukup fleksibel dari segi biaya manajemen.

Sebagai contoh, biaya operasional yang selalu menjadi beban perusahaan besar bisa jadi tidak ada sama sekali untuk perusahaan perseorangan. Apalagi mengingat zaman sekarang di mana membuat usaha pun bisa dilakukan secara online sepenuhnya.

Biaya lain yang tidak perlu menjadi pertimbangan jika bentuk usahanya masih kecil adalah biaya karyawan, biaya pemasaran, biaya penyusutan, maupun biaya-biaya lainnya karena semuanya bisa diurus secara mandiri.

5. Manajemen yang Tak Terbatas dari Pemilik Tunggal

Kelebihan perusahaan perseorangan yang selanjutnya terletak pada ciri utama bentuk usaha ini, yakni pemiliknya yang bersifat tunggal.

Hal ini membuka banyak kemungkinan bagi kelangsungan perusahaan. Dengan adanya pemilik tunggal, sebuah perusahaan bisa lebih mudah dalam menentukan visinya ke depan.

Meski begitu, seluruh pekerjaan yang melibatkan kemampuan di luar kapasitas pemilik perusahaan akan sangat sulit untuk terlaksana.

Pemilik perusahaan dapat mengakali kendala ini dengan menyewa jasa orang-orang tertentu. Contohnya adalah penulis artikel SEO, pembuat jasa website, admin toko, dan lain-lain.

6. Pindah Tangan Cukup Mudah

Memang sudah jadi tidak jadi rahasia jika perusahaan perseorangan tidak begitu membutuhkan izin yang banyak.

Karakteristik inilah yang membuat perusahaan perseorangan dapat mengalami pindah tangan dengan cukup mudah. Seorang pemilik perusahaan dapat  mewariskan bisnisnya kepada anggota keluarga tanpa harus berhadapan dengan proses hukum yang berbelit.

Proses pindah tangan juga jadi lebih mudah jika aset yang masih ada di perusahaan tersebut tidak terlalu banyak.

Meski begitu, kurangnya kesepakatan yang legal bisa saja membuat proses pindah tangan ini jadi bumerang bagi sang pemilik tunggal. Pasalnya, bisa saja pemilik baru mengakui aset yang berada di luar perjanjian.

7. Cocok untuk yang Independen

Terlepas dari semua risiko yang mungkin menerpa di masa mendatang, perusahaan perseorangan akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pemiliknya.

Beberapa orang memiliki sifat tidak bisa bekerja untuk orang lain, karena mungkin tidak suka untuk menerima tekanan dari atasan maupun rekan.

Oleh karena itu, perusahaan perseorangan cocok jika dimiliki oleh orang-orang yang bersifat independen.

Dengan memiliki perusahaan perseorangan, pemilik tunggal juga jadi lebih puas dengan pencapaian yang orang tersebut raih karena semuanya merupakan hasil keringat sendiri.

Tertarik Memanfaatkan Kelebihan Perusahaan Perseorangan?

Kelebihan perusahaan perseorangan memang tidak terbilang sedikit, namun bukan berarti semua itu tidak hadir dengan tantangan yang mengikuti.

Pada akhirnya, semua perusahaan perseorangan tergantung pada minat dan kemampuan kamu sebagai seorang pemilik tunggal. Satu hal yang pasti, harapannya setelah membaca artikel ini, kamu jadi makin lebih bisa mempertimbangkan matang-matang untuk membuka perusahaan perseorangan.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek Skor Kredit

Newspaper WordPress Theme

Latest news

Aplikasi Gratis untuk Menaikkan Ukuran JPG via Smartphone

Tidak hanya diperkecil, terkadang beberapa gambar juga perlu diperbesar ukurannya agar lebih jelas. Namun biasanya, menaikkan ukuran jpg juga akan berpengaruh terhadap resolusi foto...

Contoh Konten Interaktif Instagram yang Cocok untuk Bisnis

Seperti apa contoh konten interaktif Instagram yang cocok untuk bisnis? Saat ini, semakin banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk menunjang bisnis. Jika kamu adalah salah...

Ini Keuntungan Berwirausaha bagi Sekitar dan Diri Sendiri

Berwirausaha adalah kegiatan membangun usaha yang membutuhkan kemampuan melihat kesempatan usaha yang mengatur, mengorganisir, mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Berwirausaha tidak hanya membawa bermanfaat...

Cara Memperbesar Ukuran JPG Menjadi 300kb, Simpel dan Mudah!

Memperbesar ukuran JPG menjadi 300kb dengan mempertahankan kualitasnya adalah pekerjaan yang cukup sulit. Padahal, memperbesar gambar penting untuk membantu bisnis kamu. Mengubah ukuran gambar...

Ketahui Cara Monetisasi Instagram Reels, Bisa Hasilkan Keuntungan!

Selain sebagai hiburan, kamu ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui monetisasi Instagram Reels. Hal ini bisa dilakukan asal pengguna melengkapi beberapa syarat tertentu. Lantas,...