8 Tips Membuat Konsumen Terkesan dengan Bisnis Online Anda – Semua orang yang baru pertama kali mengunjungi website toko online Anda, tidak akan langsung percaya dengan kredibilitas bisnis Anda. Terutama jika toko online Anda terbilang baru dan belum populer.

Meski tampak mudah untuk dijalankan, meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian adalah tugas yang sulit. Kemudahan berbisnis melalui internet membuat jumlah bisnis online semakin marak, sehingga kini persaingan bisnis di dunia maya semakin ketat.

Baca Juga: 8 Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

Biasanya, konsumen akan membanding-bandingkan kualitas dan harga pada beberapa toko online sebelum membelinya. Nah, pastinya untuk membuat konsumen terkesan dengan bisnis online Anda, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

8 Tips Agar Konsumen Terkesan dengan Toko Online Anda

1Desain Website Menarik

mengelola toko online - website bisnis online

Setiap orang akan lebih cepat memproses informasi yang bersifat visual. Itulah pentingnya desain yang menarik pada website toko online Anda. Buat tampilannya menarik dan enak dipandang oleh mata. Ini akan memberikan kesan pertama yang baik pada konsumen pengunjung situs Anda. Konsumen akan tertarik untuk melihat-lebih isi toko online Anda.

Baca Juga: Pastikan Hal Ini Ada Pada Website Toko Online Anda

2Website Cepat Diakses

metode pembayaran bisnis online

Konsumen tidak akan sabar jika halaman website toko online Anda lambat untuk diakses dan mereka akan langsung mencari website lain. Segera atasi jika performa situs Anda menurun. Berikan kenyamanan dengan membuat situs yang cepat diakses melalui perangkat mobile, tablet, maupun dekstop.

3Websitenya Informatif

tampilan website toko online

Jangan pelit membagikan sejumlah informasi penting pada website toko online Anda. Jadikan situs Anda informatif. Seperti menampilan profil bisnis Anda dan contact person, menuliskan deskripsi produk yang lengkap, menjelaskan panduan belanja dan pembayaran, serta mempublikasikan konten blog yang menarik. Semua informasi tersebut sangat dibutuhkan agar konsumen terkesan dan yakin untuk berbelanja.

Baca Juga: Jangan Ragu Jualan Online, Ada 5 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

4Ada Testimoni Pelanggan

testimoni pelanggan
gambar: ams-agency.com

Kumpulkan testimonial dari pelanggan. Lalu buat sebuah halaman di website toko online Anda untuk menampilkan berbagai testimoni terbaik dari pelanggan. Pengakuan pelanggan yang puas dengan produk dan layanan bisnis Anda akan membuat konsumen baru lebih yakin untuk berbelanja. Konsumen bisa terkesan dengan pengalaman orang lain.

5Foto Produk yang Bagus

mencari ide bisnis Weekly Bestselling AliExpress.com
gambar: AliExpress.com

Kualitas foto produk harus yang bagus. Sebaiknya, lakukan pemotretan untuk foto dengan kamera yang berkualitas dan fotografer yang berpengalaman. Jika perlu, gunakan model yang sedang menggunakan produk Anda. Foto yang kreatif pastinya akan menarik perhatian konsumen dan membuat bisnis online Anda terlihat lebih berkelas.

Baca Juga: 3 Website Ecommerce Terbaik di Dunia dan Apa yang Dapat Anda Pelajari

6Penawaran Spesial

penawaran spesial - diskon spesial - promo - penawaran khusus

Harga promosi dapat memikat konsumen baru. Setiap konsumen menyukai penawaran spesial, diskon, dan promosi lainnya. Berikan penawaran spesial bagi konsumen yang baru pertama kali berbelanja. Namun, tentunya buat syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi kesalahpahaman.

7Respons yang Cepat

layanan pelanggan - customer care - support

Layani setiap konsumen dengan cepat, tepat, dan ramah. Apapun pesan yang masuk, segera balas dengan jawaban yang jelas. Jangan bosan membalas pertanyaan konsumen, sekalipun membuat Anda kesal. Anda harur sabar, meski belum tentu konsumen yang bertanya itu akan membeli. Yang terpenting, berikan pelayanan terbaik terlebih dahulu, karena itu sudah menjadi tanggung jawab seorang penjual.

Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

8Packaging yang Rapi dan Aman

paket - packaging - inventori - pengiriman barang

Berikan kesan yang baik pada konsumen hingga produk sampai ke tangannya. Bagi bisnis online, tentu produk yang dipesan akan dikirim dan bukan diambil langsung oleh konsumen. Untuk itu, kemas produk Anda dengan rapi dan aman. Hindari menggunakan kertas koran karena akan terlihat berantakan. Anda bisa menggunakan bubble wrap dan kardus biar terlihat rapi dan aman dari benturan. Konsumen pasti akan terkesan saat menerimanya.

Baca Juga: 6 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis Online di Media Sosial

Nah, itulah 8 hal yang dapat menimbulkan kesan yang baik terhadap bisnis online Anda. Kelolalah website toko online Anda secara profesional, terus jaga kualitas produk, dan tingkatkan pelayanan pada konsumen. Pasti bisnis Anda bisa merebut hati konsumen dan menghasilkan penjualan yang banyak.