4 Hal yang Harus Diwaspadai Pelaku Bisnis di Tahun Politik – Indonesia akan segera menggelar Pemilihan Umum atau Pemilu pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Gara-gara Pemilu, kondisi politik di negara ini terasa memanas. Setiap hari media massa dan jejaring sosial dipenuhi dengan berita-berita tentang huru-hara para politisi. Pihak oposisi dan petahana saling beradu argumen hingga saling melapor ke polisi.

Bagaimana dengan Anda? Siapa pun pilihan Anda di Pilpres dan Pileg, itu terserah Anda. Setiap orang punya hak dan kebebasan untuk berdemokrasi dan memilih sesuai hati nuraninya.

Baca Juga: 7 Pilihan Bisnis Menjelang Pemilu 2019 yang Paling Menguntungkan

Namun, bagi Anda yang berprofesi sebagai pelaku bisnis, Anda harus lebih berhati-hati dalam menunjukkan sikap politis Anda. Jangan sampai Anda melakukan sesuatu yang keliru dan akhirnya berdampak buruk terhadap usaha yang Anda jalankan.

Nah, berikut beberapa hal yang perlu Anda waspadai dan hindari di tahun politik.


4 Hal yang Harus Diwaspadai Bisnis di Tahun Politik

1Hati-Hati dalam Berinvestasi

Politik dan ekonomi selalu berkaitan secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini membuat para pelaku usaha mesti mampu membaca situasi politik agar dapat mengatasi masalah yang mungkin terjadi.

Kekhawatiran yang muncul biasanya karena takut hasil Pilpres akan mengubah regulasi dan mempengaruhi kebijakan pemerintah yang baru dari sisi bisnis. Sehingga Anda harus lebih cermat dalam menjalankan investasi dan bisnis di tahun politik.

Walaupun memang proses demokrasi sudah berlangsung lama di negeri ini, gejolak politik pasti akan ada. Namun, semoga saja keadaan bisa tetap aman hingga setelah pemilu, sehingga tidak menurunkan pertumbuhan investasi di Indonesia.

Baca Juga: 5 Saran dari Penasihat Keuangan Tentang Investasi

2Mendebatkan Politik di Lingkungan Bisnis

cara menghadapi orang iri hati di lingkungan bisnis
gambar: theconversation.com

Anda tidak tahu isi pikiran dan hati setiap orang. Rekan bisnis, klien, atau karyawan yang selama ini kompak dalam bekerja, belum tentu akan memiliki pilihan calon presiden dan wakil presiden yang sama.

Terlebih lagi, isu politik termasuk sensitif. Daripada berdebat dan bertengkar gara-gara membahas partai dan capres jagoan masing-masing, lebih baik fokus saja dalam membicarakan kepentingan bisnis.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Setiap Hari Sebagai Pemimpin

3Mengomentari Berita Politik di Media Sosial

hindari cara promosi di media sosial

Boleh saja menyuarakan pendapat di media sosial, tapi harus lebih bijak dalam memilih kata, sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jika tidak, komentar Anda akan memicu kemarahan banyak orang.

Masalahnya, jika sampai komentar Anda menimbulkan masalah yang besar, pasti akan berimbas kepada bisnis Anda. Orang-orang tidak hanya akan membenci diri Anda, tapi juga akan membenci bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Kesalahan Bisnis Online dalam Menggunakan Instagram

4Melakukan Kampanye Hitam

peluang bisnis menjelang pemilu 2019
gambar: kpu

Pebisnis boleh saja bergabung ke dunia politik. Namun, jangan sampai Anda menjadi pendukung yang fanatik dan suka menyerang pihak-pihak yang tidak Anda sukai dengan kampanye hitam, seperti fitnah dan hoaks.

Jika ingin terlibat dalam kampanye, lakukanlah dengan cara yang baik dan benar agar tidak terkena masalah hukum. Jaga nama baik Anda, karena citra diri Anda juga akan berdampak terhadap citra bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Jurus Sukses dalam Menjalankan Bisnis


Nah, itulah hal-hal yang harus diwaspadai pelaku bisnis di tahun politik. Mari kita berharap Pemilu 2019 dapat berjalan dengan damai dan lancar. Kiranya, pemimpin-pemimpin yang terpilih adalah yang terbaik untuk kita semua.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.