5 Cara Jitu Raup Keuntungan Lewat Bisnis Musiman – Jika berbicara mengenai musim, mungkin hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah musim hujan atau musim kemarau.

Namun, masyarakat Indonesia memiliki berbagai musim lainnya. Seperti saat musim panen durian, kita kerap menyebutnya dengan musim durian. Mendadak banyak pedagang yang berjualan buah durian di pinggir jalan.

Ada juga istilah musim mudik di akhir bulan Ramadan saat banyak orang pulang kampung untuk merayakan Lebaran. Lalu, ada juga musim liburan untuk menandakan masa libur panjang yang telah tiba.

Selain itu, masih banyak musim yang lain. Akan tetapi, yang mau dibahas adalah bahwa pada musim-musim tertentu, ada peluang usaha yang bisa Anda coba jalankan.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Musiman yang Ada di Indonesia

Memang yang namanya usaha musiman itu tidak berkelanjutan. Anda hanya menjalankannya sementara di bulan atau tahun tertentu saja.

Meski demikian, usaha musiman menawarkan kesempatan untuk meraup keuntungan yang berlimpah. Oleh sebab itu, manfaatkanlah peluang yang ada selagi Anda bisa.

Nah, sebelum Anda memulai usaha musiman, berikut tips sukses yang bisa Anda terapkan.


5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Musiman

1Jual Produk yang Diminati

kiat sukses membuka bisnis minuman kekinian

Anda harus peka terhadap peluang yang ada. Ketahui produk apa yang sedang hits atau populer di tengah masyarakat, dan juga yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang.

Contohnya, pada saat Es Kepal Milo sedang menjadi tren, banyak orang yang ikut menjual es tersebut. Ikut-ikutan tren tidak masalah karena kesempatan tidak datang dua kali. Selagi menguntungkan, ya boleh saja dicoba.

Baca Juga: 8 Tempat yang Tepat untuk Mencari dan Menemukan Ide Bisnis

2Kenali Target Pasar

cara menentukan target market untuk bisnis baru
thebalance.com

Kenali target pasar atau konsumen potensial yang akan membeli produk Anda. Pahami apa yang mereka inginkan dan butuhkan agar Anda bisa menyiapkan strategi yang tepat untuk menjangkau mereka.

Contohnya, pada saat batu akik lagi naik daun. Batu akik memiliki banyak jenis, tapi hanya beberapa yang paling diburu oleh kolektor. Supaya laris manis, maka pedagang yang cerdas akan fokus memasarkan jenis batu akik yang paling disukai.

Baca Juga: Rintis Bisnis Bikin Pusing? Ini Caranya Agar Tetap Bahagia!

3Utamakan Kualitas

jajanan buka puasa peluang usaha di bulan ramadhan
gambar: infobdg.com

Banyak pebisnis yang memulai bisnis musiman dan menjual produk yang serupa, bahkan sama. Persaingannya sangat ramai, sehingga Anda mesti mengutamakan kualitas produk dan juga pelayanan agar konsumen mau memilih Anda.

Contohnya, pada masa Ramadan, banyak yang menjual makanan atau minuman untuk buka puasa. Maka dari itu, pastikan Anda menghadirkan kelezatan agar makanan atau minuman yang dijual bisa banyak yang suka.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Negosiasi Harga dengan Pelanggan

4Harga yang Kompetitif

Jangan serakah dalam menetapkan harga karena mumpung produknya banyak yang cari. Ingat, Anda memiliki banyak pesaing, sehingga pastikan harga jualnya wajar dan mampu bersaing.

Ikutilah harga pasaran. Karena konsumen juga sudah selektif, mereka pasti akan membanding-bandingkan harga jual di tempat Anda dengan di tempat lainnya.

Baca Juga: 4 Kriteria Barang yang Paling Cocok Dijual Online

5Gencar Promosi

promosi - memasarkan produk

Anda mesti gencar dalam melakukan promosi agar banyak yang tahu bahwa Anda juga menjual produk yang mereka cari. Manfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran bisnis Anda.

Karena tingginya persaingan, coba tawarkan promo menarik seperti diskon. Dengan adanya penawaran spesial, pasti banyak konsumen yang akan tergoda dan lebih memilih untuk membelinya dengan Anda.

Baca Juga: Untung-Rugi Menjalankan Bisnis Waralaba yang Perlu Diketahui


Nah, itulah cara jitu meraup keuntungan lewat bisnis musiman. Pastikan Anda segera menerapkan tips di atas ketika Anda menemukan sebuah peluang usaha musiman. Sebab, peluang tersebut tidak akan bertahan lama dan Anda mesti segera mencobanya agar kesempatan tidak terlewatkan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.