Apa itu JNE? Ini Dia Pengertian dan Macam-Macam Layanannya

307
Apa itu JNE? Ini Dia Pengertian dan Macam-Macam Layanannya

Bisnis online yang tumbuh pesat di Indonesia telah membantu perkembangan usaha kurir di mana-mana. Dari lusinan perusahaan kurir yang ada di negeri kita, JNE adalah sala satu contoh yang paling populer di kalangan masyarakat. Penasaran dengan sejarah, kelebihan, kekurangan, dan layanannya? Cari tahu di sini!

Apa Itu JNE?

JNE atau PT Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan jasa pengiriman barang dengan jaringan terluas dan terbesar di Indonesia dan sanggup melayani pengiriman barang dalam skala domestik dan internasional.

Perusahaan ini mempunyai layanan pengiriman barang domestik dan internasional yang beraneka ragam, tergantung dari kebutuhan pelanggan. Jasa ini juga memiliki sejumlah fitur dan kelebihan yang dapat para pelanggan manfaatkan agar dapat berkirim paket dengan mudah.

Baca Juga: Cara Kirim Paket Tanpa Keluar Rumah, Cepat dan Aman!

Sejarah Singkat JNE

Apakah kamu tahu bahwa jasa kurir ini dulunya merupakan sebuah anak perusahaan milik PT TIKI? Pada tanggal 26 November 1990, jasa kurir ini berdiri dengan restu dari sang perintis perusahaan TIKI, yaitu H. Soeprapto Soeparno.

Sebagai anak perusahaan TIKI, PT Jalur Nugraha Eka mempunyai tugas sebagai divisi khusus yang menangani barang-barang kiriman dari luar negeri. Namun, antara tahun 1993 dan 1994, sang perintis telah merencanakan supaya JNE bisa tumbuh sendiri dan bersaing secara sehat dengan TIKI.

Semenjak tahun 2000 dan seterusnya, identitas PT Jalur Nugraha Eka tidak lagi memasukkan nama TIKI di depannya. Perusahaan ini pun mendesain logo baru serta menerapkan teknologi canggih, mulai dari wartel pada tahun 1995 hingga aplikasi MyJNE pada tahun 2014.

Pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia yang semakin pesat menuntut perusahaan kurir ini untuk ikut berkembang bersama mereka. Karena itu, salah satu fitur baru yang telah dikembangkan oleh JNE adalah sarana e-fulfillment yang sifatnya mengembangkan produk buatan industri UMKM.

Baca Juga: Strategi Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Contoh untuk UKM

Kelebihan JNE

Setiap perusahaan kurir, baik domestik atau internasional, tentu mempunyai beberapa kelebihan yang membuat mereka unggul di mata konsumen. PT Jalur Nugraha Eka pun punya beberapa kelebihan yang dapat kamu jadikan tolok ukur bahwa jasa kurir ini sangat terpercaya. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Punya Teknologi untuk Melacak Paket

PT Jalur Nugraha Eka sudah menerapkan sebuah teknologi berbasis internet yang bisa melacak paket kamu selama dalam perjalanan. Bagi kamu yang suka merasa cemas akan keberadaan paket milikmu, jangan khawatir! Sebab sistem pelacakan ini bisa dengan mudah kamu gunakan.

2. Ongkos Kirim yang Terjangkau

Biaya pengiriman seringkali menjadi topik yang orang-orang debatkan ketika mereka berbicara tentang jasa kurir. Di PT Jalur Nugraha Eka, ongkos kirim yang harus kamu keluarkan tidak terlalu tinggi. Kelebihannya yang satu ini cocok bagi konsumen yang sedang menghemat pengeluaran mereka.

3. Kantor Cabang yang Tersedia di Banyak Tempat

Kelebihan selanjutnya dari JNE adalah dia memiliki banyak kantor cabang yang tersedia di seluruh negeri Indonesia. Jumlah kantor cabang perusahaan ini sendiri sudah tersedia hingga mencapai 6.000 lokasi. Keberadaannya tentu akan sangat membantu masyarakat yang tinggal di tempat-tempat jauh dan terpencil.

4. Adanya Garansi Uang Kembali

Kelebihan lainnya adalah adanya garansi atau jaminan uang kembali apabila paket kiriman tidak sampai tepat pada waktunya. Tidak semua pengiriman barang dapat berjalan mulus setiap saat. Oleh karena itu, jasa kurir ini bersedia menjamin ganti rugi bagi pelanggannya.

5. Layanan Customer Service yang Selalu Siap

Demi menjamin kecepatan dan ketepatan waktu dalam pengiriman, perusahaan kurir ini mempunyai satu lagi sarana yang bisa kamu manfaatkan. Layanan tersebut adalah customer service atau pusat informasi yang bisa konsumen hubungi apabila mereka punya pertanyaan atau keluhan.

6. Banyak Pilihan Layanan

Setiap pelanggan tentu punya barang kiriman dengan jumlah, jenis, dan ukuran yang beraneka ragam. Sehingga layanan kiriman harus memiliki sifat fleksibel. Untungnya, perusahaan jasa pengiriman satu ini juga punya bermacam-macam bentuk layanan pengiriman yang bisa mengakomodir kebutuhan setiap pelanggan.

Baca Juga: 7 Daftar Perusahaan Ekspedisi di Indonesia yang Cepat Sampai

Kelemahan JNE

JNE adalah jasa kurir yang dapat kamu andalkan dalam aktivitas pengiriman paket, baik di dalam maupun luar negeri. Sayangnya, perusahaan ini tetap saja memiliki hal-hal yang dapat menyulitkan kamu dalam berkirim barang, seperti di bawah ini:

1. Nomor Resi Paket Sulit Diperiksa

Penerapan teknologi modern pada PT Jalur Nugraha Eka dewasa ini tidak serta merta membuat layanannya menjadi lebih mudah. Karena nomor resi pada paket pelanggan bisa saja mengalami kesalahan atau error yang mengakibatkan konsumen sulit untuk memeriksa dan melacak paket secara online.

2. Proses Pengiriman Memakan Waktu Lama

Adapun faktor kedua yang menurunkan kepopuleran JNE adalah proses pengiriman paket yang terkadang membutuhkan waktu lama. Tak jarang ada pelanggan yang mengeluhkan paket milik mereka yang datang terlambat, sehingga pelanggan tersebut meminta uang ganti rugi.

3. Update Informasi yang Sering Terlambat

Kelemahan ketiga pada jasa kurir ini berhubungan dengan teknologi pelacakan paket yang perusahaan gunakan. Fitur pelacakan ini seringkali kurang tepat dan seringkali terlambat dalam memperbarui informasi. Akibatnya, konsumen akan merasa kebingungan saat mereka ingin mencari tahu lokasi paketnya.

Baca Juga: Cara Jemput Paket J&T, Tak Perlu Keluar Rumah

Macam-Macam Layanan JNE

Pada bagian sebelumnya, kamu telah mempelajari apa itu JNE, sejarahnya, serta kelebihan dan kekurangannya. Lantas, apakah kamu tahu bentuk-bentuk layanan yang perusahaan kurir ini sediakan untuk para konsumen? Jika belum, maka simak bagian berikut ini agar kamu lebih paham:

1. Reguler

Ini adalah jenis layanan yang paling sering JNE sediakan bagi konsumen. Pengantaran paket dengan layanan reguler bisa memakan waktu antara 1 hari hingga seminggu, tergantung jarak perjalanannya.

2. YES (Yakin Esok Sampai)

Jenis layanan kurir kedua JNE adalah YES (Yakin Esok Sampai). Layanan ini siap mengantar barang bahkan pada hari libur sekalipun. Kami bisa memilih layanan ini jika kamu memiliki keperluan mendesak dan ingin barang bisa sampai satu hari setelah dikirim.

3. OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

Bagi kamu yang menghendaki layanan kurir dengan ongkir murah, kamu bisa memilih layanan OKE (Ongkos Kirim Ekonomis). Sebagai gantinya, waktu pengiriman paket pada layanan ini lebih lama ketimbang jenis reguler.

4. International Service

Perusahaan kurir ini juga sanggup melayani kebutuhan berupa ekspor dan impor barang dari dan ke luar negeri. Meskipun demikian, biaya kirim paket dengan layanan ini umumnya jauh lebih mahal daripada jenis layanan lainnya.

5. SS (Super Speed)

Kamu juga bisa membuat kesepakatan dengan perusahaan ini dalam hal jadwal pengiriman barang. Kamu bisa memilih layanan SS (Super Speed) untuk mengantarkan paket sesuai dengan waktu yang kamu tentukan.

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket Barang J&T Sesuai Standar

Tertarik untuk Menggunakan Layanan Jasa Kurir JNE?

Itulah pembahasan seputar JNE. Kesimpulannya, JNE adalah salah satu perusahaan jasa yang bisa kamu andalkan dalam hal pengiriman barang. Apabila kamu berniat untuk menggunakan jasanya, tetap perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku supaya aktivitas pengiriman paket bisa lancar.