6 Cara Menghargai Karyawan yang Bisa Anda Lakukan di Kantor – Saat karyawan dihargai, mereka akan merasa lebih antusias saat bekerja.

Memang benar jika karyawan berkewajiban untuk bekerja secara profesional dalam keadaan apapun. Mereka harus bertanggung jawab dalam melaksanakan setiap pekerjaan setiap hari.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Setiap Hari Sebagai Pemimpin

Namun, jika Anda menunjukkan penghargaan terhadap karyawan, mereka akan lebih bersemangat untuk datang ke kantor dan menyelesaikan tugas-tugasnya. Sebab rasa dihargai yang Anda berikan itu membuat mereka merasa penting dalam perusahaan.

Maka dari itu, hargai setiap karyawan sebagaimana mestinya. Caranya bisa dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Baca Juga: 5 Tanda Karyawan Antusias dalam Bekerja di Perusahaan Anda


6 Cara Menghargai Karyawan di Kantor

1Melibatkan Karyawan dalam Pengambilan Keputusan

Karyawan menyadari bahwa posisinya di kantor hanyalah sebagai bawahan Anda. Mereka biasanya tidak cukup berani untuk meminta terlalu banyak kepercayaan, kecuali Anda sendiri yang memberikannya.

Namun, jika Anda mau melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, itu merupakan sebuah kehormatan bagi mereka. Walaupun pada akhirnya semua keputusan ada di tangan Anda.

Maka dari itu, jangan ragu dalam melibatkan karyawan untuk membahas hal-hal penting. Sebab hal ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yang lebih di dalam diri mereka.

Baca Juga: 5 Sikap Pemimpin yang Mampu Meningkatkan Penjualan Bisnis

2Memberikan Kebebasan Menyampaikan Gagasan

Anda tidak harus menerima setiap ide atau gagasan dari karyawan. Tapi Anda juga jangan langsung menolak setiap gagasan dari mereka.

Belajarlah jadi pendengar yang baik. Dengarkan masukan atau pendapat dari karyawan, karena mungkin saja apa yang mereka sampaikan itu baik untuk perusahaan.

Maka dari itu, berikan kebebasan bagi karyawan untuk menyampaikan gagasan. Lalu, ambil waktu untuk mempertimbangkan dan memilih gagasan yang terbaik menurut Anda.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana Menghilangkan Rasa Bosan Saat Bekerja

3Percaya pada Kemampuan Kerja Karyawan

Cara menghargai karyawan dengan memberikan kepercayaan akan membuat mereka lebih nyaman saat bekerja. Mereka tidak merasa diawasi setiap saat dan diragukan kemampuannya.

Mungkin terdengar sederhana, tapi sikap percaya Anda terhadap kemampuan karyawan itu begitu berarti. Bahkan dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Sedangkan jika Anda mudah curiga, karyawan malah merasa serba salah dan kecewa dengan perlakuan Anda. Mereka akan tersinggung karena merasa profesionalitasnya tidak dihargai dengan sepantasnya.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Agar Anda Bisa Bekerja Secara Efisien

4Mau Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf

Karyawan Anda bisa marah jika Anda tidak menjadi pemimpin yang baik. Walaupun mungkin mereka hanya akan menyimpan kemarahan itu di dalam hati.

Namun, jika Anda mau meminta maaf saat Anda salah, rasa hormat mereka terhadap Anda akan bertambah. Sebab mereka merasa berharga bagi Anda dan diperlakukan secara adil.

Maka dari itu, jangan gengsi untuk mengakui kesalahan sebagai pemimpin. Sebab sikap rendah hati Anda akan membuat Anda tetap disegani di tempat kerja.

Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Kepemimpinan yang Harus Anda Hindari

5Mengapresiasi Hasil Kerja Karyawan

Apresiasi Anda terhadap karyawan membuat mereka merasa dihargai. Kerja keras mereka tidak sia-sia dan dianggap penting oleh perusahaan.

Ada banyak cara untuk mengapresiasi hasil kerja karyawan. Setidaknya, jangan pelit mengucapkan terima kasih dan mengakui prestasi mereka.

Dengan begitu, karyawan pasti akan lebih bersemangat untuk menghasilkan pencapaian yang lebih baik dari sebelumnya. Perusahaan pun yang akan semakin untung jika mereka semakin giat dalam bekerja.

Baca Juga: 8 Bentuk Apresiasi kepada Karyawan yang Bisa Anda Tunjukkan

6Tidak Menahan Hak Karyawan

Perusahaan wajib memberikan setiap hak karyawan sesuai dengan kontrak kerja mereka. Jangan sampai Anda menahan hak mereka dan berbuat tidak benar.

Ingat, jika karyawan sudah menunaikan tanggung jawabnya, tidak ada alasan untuk Anda menahan hak mereka. Anda harus menghargai kerja keras mereka secara profesional.

Maka dari itu, selalu perhatikan kewajiban perusahaan dalam memberikan hak karyawan. Pastikan Anda tidak merugikan mereka dan melanggar janji Anda terhadap mereka.

Baca Juga: 7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Dicintai Karyawan


Nah, itulah cara-cara menghargai karyawan yang bisa Anda lakukan. Semoga dapat mengingatkan Anda untuk menjadi pemimpin yang baik bagi karyawan Anda di kantor.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.