7 Cara Efektif Agar Anda Tetap Fokus Saat Bekerja – Fokus yang rendah dapat menyebabkan pekerjaan jadi berantakan. Ketidakfokusan dapat menjadi penyebab kegagalan suatu pekerjaan. Namun, menjaga diri agar tetap fokus saat bekerja terkadang sulit untuk dilakukan.

Tentu Anda memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam setiap pekerjaan atau bisnis yang Anda lakukan. Akan tetapi, faktor dari dalam diri Anda maupun dari luar bisa membuat Anda tidak fokus dalam bekerja. Akhirnya, Anda jadi malas atau menunda hal-hal yang seharusnya Anda kerjakan dengan cepat.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Berhasil

Nah, jika Anda mengalami masalah konsentrasi dalam bekerja, Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini, sehingga produktivitas Anda tetap terjaga setiap hari.

Lakukan 7 Hal Ini Agar Anda Tetap Fokus Saat Bekerja

1Tentukan Prioritas

Bekerja secara multitasking dapat memecah belah fokus Anda. Sebaiknya, Anda menentukan prioritas pada setiap pekerjaan dan jangan memaksakan diri untuk mengerjakan banyak hal sekaligus. Kerjakan hal yang perlu diselesaikan segera, tunda hal yang bisa diselesaikan nanti, dan delegasikan hal yang bisa dikerjakan oleh bawahan Anda. Mengatur prioritas dengan benar dapat membuat semua pekerjaan dapat dibereskan satu per satu dengan baik.

Baca Juga: 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

2Buat Deadline

Buatlah deadline atau tenggat waktu untuk menjadi patokan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Batasan waktu dapat memacu diri Anda untuk segera mengerjakan segala hal tanpa menunda-nunda. Untuk itu, rencanakan waktu Anda dengan baik dan mengatur diri Anda agar selalu disiplin. Ini semua demi kebaikan Anda agar hasil pekerjaan Anda dan semua orang yang bekerja sama dengan Anda merasa puas.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

3Memotivasi Diri

Semangat bisa berkurang karena beban pekerjaan yang begitu berat. Untuk itu, Anda perlu melakukan berbagai hal yang dapat memotivasi diri Anda. Luangkan waktu untuk hal-hal positif yang dapat mengembalikan semangat Anda. Misalnya, membaca kisah inspiratif dari orang-orang yang sukses, menonton video motivasi, beribadah dan mengikuti kegiatan keagamaan, mengikuti seminar bisnis, dan lain-lain. Pilihlah kegiatan yang Anda sukai yang dapat memotivasi diri Anda agar tidak malas bekerja, sehingga Anda bisa kembali fokus bekerja.

Baca Juga: Cara Menjadi Pemimpin yang Selalu Percaya Diri

4Jauhi Smartphone

Anda harus mengontrol hal-hal yang dapat menganggu konsentrasi Anda. Seperti smartphone yang dapat mencuri perhatian Anda untuk chatting dengan teman atau membuka media sosial. Jika pekerjaan Anda tidak membutuhkan alat komunikasi tersebut, lebih baik Anda menyingkirkannya terlebih dahulu. Anda baru bisa menggunakan smartphone Anda kembali saat waktu istirahat.

5Rapikan Ruang Kerja

Kekacauan di ruang kerja dapat mengganggu kenyamanan dan mengurangi konsentrasi Anda. Pastikan ruang kerja Anda terorganisir dengan baik dan rapi. Jika barang-barang berantakan, lebih baik Anda rapikan terlebih dahulu. Pastikan juga segala benda yang ada di ruang kerja Anda itu benar-benar Anda butuhkan. Jika ada barang yang dirasa kurang penting, lebih baik Anda pindahkan ke ruangan lain.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil Dalam Bisnis

6Istirahat yang Cukup

Jika Anda kurang istirahat, tubuh Anda cepat lelah dan Anda gampang stres. Akhirnya, Anda jadi tidak fokus bekerja. Untuk itu, istirahatlah yang cukup setiap hari. Menjaga kesehatan itu penting agar tubuh Anda tetap fit dan otak Anda segar saat bekerja. Jangan memaksakan diri untuk bekerja hingga larut malam. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur dan juga perhatikan konsumsi makanan yang sehat setiap hari untuk mendukung kesehatan Anda.

Baca Juga: 5 Tips untuk Anda yang Punya Resolusi Memulai Bisnis di Tahun Baru

7Pikirkan Tentang Tujuan

Memikirkan tentang tujuan dapat membantu Anda agar tetap fokus dalam bekerja. Anda terhindar untuk melakukan hal-hal yang tidak penting. Terkadang, saking banyaknya tanggung jawab dapat membuat Anda merasa lelah. Apalagi jika banyak masalah yang dihadapi, maka Anda menjadi tidak tenang dan akhirnya juga tidak fokus dalam menjalankan setiap pekerjaan. Untuk itu, ingat selalu tujuan yang ingin Anda capai dalam setiap pekerjaan, agar Anda tetap fokus mengejarnya dan tidak berhenti di tengah jalan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.