5 Tips Agar Tidak Canggung Menghadapi Karyawan yang Lebih Tua – Saat Anda meneruskan bisnis orang tua atau memulai bisnis di usia yang masih muda, Anda mungkin akan memiliki karyawan yang berusia lebih tua dari Anda.

Bekerja dengan karyawan senior memberikan sejumlah keuntungan bagi perusahaan. Mereka memiliki lebih banyak pengalaman kerja dan kompetensi yang telah teruji. Namun, sebagai pebisnis muda Anda bisa jadi canggung dalam memimpinnya.

Baca Juga: 7 Perilaku Karyawan yang Perlu Diperhatikan Para Pebisnis

Meski demikian, kesenjangan usia jangan sampai membuat Anda merasa tidak layak untuk memimpin karyawan senior. Jangan ragu untuk memerintah, mengatur, bahkan menegur karyawan yang lebih tua.

Supaya hubungan kerja bisa terjalin dengan baik dan wajar, cobalah Anda memperhatikan 5 hal berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Karyawan Potensial Agar Bekerja Lebih Lama

5 Tips Memimpin Karyawan yang lebih Tua di Kantor

1Bersikaplah Sebagai Pemimpin Meski Anda Lebih Muda

Bersikaplah wajar dan hindari rasa sungkan untuk mengatur karyawan Anda. Anda berhak untuk memimpin karyawan yang usianya bahkan mungkin belasan atau puluhan tahun lebih tua dari Anda.

Bersikaplah sebagai pemimpin yang profesional bagi siapapun. Anda memang lebih muda, tapi jalankan peran Anda sebagai pimpinan perusahaan. Anda adalah atasan dan semua orang di kantor wajib menghargai kepemimpinan Anda.

Baca Juga: 10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja

2Memperlakukan Semua Karyawan dengan Sama

gambar: glassdoor.com

Ada karyawan yang lebih muda, seumuran, dan lebih tua dari Anda. Berapapun usia karyawan Anda, Anda harus memperlakukan semuanya dengan sama. Tidak ada pilih kasih, karena dunia bisnis tidak memandang umur.

Anda boleh saja melakukan pendekatan yang berbeda pada setiap karyawan. Namun, jangan karena usianya lebih tua, Anda terlihat jelas memperlakukannya secara berbeda. Misalnya, Anda bisa bercanda dengan karyawan yang muda, tapi selalu serius dengan karyawan yang tua. Bangunlah keakraban secara wajar dengan siapapun di kantor Anda.

Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

3Sediakan Waktu untuk Menjadi Pendengar yang Baik

Biasanya, karyawan yang lebih tua suka memberikan berbagai nasihat. Ada saja hal-hal yang ingin disampaikan pada Anda, bahkan terkadang mereka suka membagikan cerita tentang pengalaman hidupnya.

Untuk itu, belajarlah menjadi pendengar yang baik. Meski terkesan cerewet, itu adalah bentuk kepeduliannya. Anda perlu menyediakan waktu untuk mendengarkan masukan dan cerita mereka, sebagi tanda bahwa Anda respek padanya.

Baca Juga: 5 Contoh dan Cara Menghadapi Karyawan Nakal yang Sulit Diatur

4Singkirkan Ego dalam Menunjukkan Kemampuan

gambar: bizjournals.com

Terkadang, sebagai pemimpin muda, Anda bisa merasa minder tapi juga ingin menunjukkan kemampuan Anda. Anda ingin membuktikan bahwa Anda bisa agar tidak ada yang menganggap remeh.

Namun, jangan sampai kepercayaan diri Anda terlalu berlebihan. Singkirkan ego Anda agar Anda tidak dianggap pongah. Bersikaplah percaya diri yang sewajarnya. Kemampuan Anda akan dihargai dengan baik jika Anda tidak terlihat sombong.

Baca Juga: Perhatikan Inilah 8 Tipe Karyawan yang Anda Butuhkan di Perusahaan

5Tegur Secara Empat Mata Jika Karyawan Bersalah

gambar: moneycrashers.com

Usia terkadang membuat Anda merasa sungkan. Namun, tidak peduli berapapun usia karyawan Anda, setiap orang yang bersalah perlu untuk ditegur. Anda punya wewenang untuk mengingatkan karyawan Anda yang lebih tua.

Namun, hindari untuk menegur di depan umum. Harga diri karyawan senior biasanya lebih tinggi dan tidak akan mau jika dipermalukan di hadapan banyak orang. Sebaiknya, Anda menegurnya secara empat mata. Bicarakan berdua dan gunakan kata-kata yang sopan agar mereka bisa menerimanya dengan baik.

Baca Juga: Para CEO di Dunia Punta 3 Kesamaan Ini, Bagaimana dengan Anda


Nah, itulah tips menghadapi karyawan yang lebih tua. Terapkan reward and punishment bagi setiap karyawan tanpa memandang usia. Jalankan peran Anda sebagai pemimpin untuk semua orang. Bersikaplah profesional agar tidak ada yang memandang rendah kepemimpinan Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.