8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Anda – Setiap pelaku bisnis bertanggung jawab terhadap kepuasan konsumen atau pelanggan. Setiap perusahaan wajib berupaya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.

Jika pelanggan puas, pasti akan terjadi sesuatu yang lebih baik untuk bisnis Anda di masa mendatang. Pelanggan akan menjadi loyal, pendapatan meningkat, kelangsungan bisnis terjamin, dan perusahaan Anda jadi lebih unggul di tengah persaingan.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

Saat mengukur kepuasan, pelanggan pasti membandingkan antara apa yang diterimanya dan harapannya saat menggunakan produk atau jasa bisnis Anda. Tentu tidak mudah untuk memuaskan setiap pelanggan, karena subjektivitas penilaian setiap orang berbeda-beda.

Namun, ada beberapa faktor utama yang dapat menjadi pedoman Anda dalam meningkatkan kepuasan setiap pelanggan Anda. Berikut 5 hal yang patut jadi perhatian Anda.

Baca Juga: 4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther

8 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

1Kualitas Produk

gambar: wisdomdesign.co.uk

Pelanggan akan merasa puas jika produk yang digunakannya berkualitas. Pelanggan pasti menuntut Anda untuk menyediakan produk yang bermutu sesuai dengan pengorbanan yang dilakukannya untuk memperoleh produk Anda. Untuk itu, tingkatkan terus kualitas produk Anda.

2Kualitas Pelayanan

gambar: techzulu.com

Pelanggan Anda ingin dilayani dengan baik sesuai yang diharapkannya. Terutama bagi perusahaan di bidang jasa, sangat penting untuk memperhatikan kualitas pelayanan, karena berpengaruh terhadap persepsi pelanggan terhadap bisnis Anda. Pelanggan yang puas kemungkinan besar akan kembali menggunakan produk/jasa yang sama.

Baca Juga: 6 Hal Penting untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelayanan

3Emosional

Ada pelanggan yang merasa puas secara emosional setelah menggunakan produk/jasa Anda. Pelanggan merasa jika orang lain akan merasa kagum padanya. Kepuasan tersebut berkaitan dengan nilai sosial yang membuat pelanggan bangga dan puas dengan suatu merek tertentu.

4Harga

Kepuasan pelanggan juga ditentukan oleh harga. Pelanggan akan membandingkan harga antara beberapa brand. Jika produk/jasa Anda memiliki harga yang relatif lebih murah tapi memiliki kualitas, maka pelanggan akan merasa puas. Bisnis Anda akan bernilai lebih di mata pelanggan jika harganya sebanding dengan kualitas.

Baca Juga: Jika Usaha Sedang Sepi, Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga

5Kemudahan

Pelanggan ingin mendapatkan suatu produk/jasa dengan mudah. Makanya banyak perusahaan yang menjanjikan kemudahan dalam proses pembelian karena tidak ingin membuang banyak waktu pelanggan untuk membelinya.

Hindari biaya tambahan dan proses transaksi yang rumit agar pelanggan puas menggunakan produk/jasa Anda. Dengan kecanggihan teknologi masa kini, Anda bisa memberikan pengalaman belanja yang lebih simpel untuk memanjakan pelanggan.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online yang Efektif

6Pengalaman Pribadi


Pelanggan akan membandingkan pengalamannya saat menggunakan produk Anda dengan produk orang lain. Pelanggan juga akan membandingkan pengalaman pertamanya saat menggunakan produk Anda dengan pengalaman terbaru saat kembali menggunakannya.

Sehingga Anda harus memastikan bahwa produk Anda memiliki keunggulan dibanding produk pesaing dan kualitasnya tetap terjaga. Selalu berikan pengalaman yang baik bagi pelanggan saat berbelanja dan menggunakan produk Anda.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

7Pengalaman Orang Lain

gambar: ams-agency.com

Jika pelanggan mendapatkan rekomendasi dari temannya atau membaca testimoni dari orang lain, tentu pelanggan akan punya ekspektasi tertentu terhadap produk Anda. Pengalaman orang lain akan mempengaruhi minat dan persepsinya.

Saat pelanggan akhirnya memilih produk Anda, tentu saja pelanggan akan membandingkan cerita orang lain dengan pengalamannya sendiri. Pelanggan akan puas jika pengalaman baik yang diterima oleh orang lain juga diterima olehnya.

Baca Juga: Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini

8Iklan

gambar: thesempost.com

Cara Anda membuat promosi dan melakukan pemasaran akan mempengaruhi ekspektasi pelanggan. Seperti iklan produk Anda, pelanggan yang melihatnya bisa jadi percaya dengan penawaran Anda.

Untuk itu, sebaiknya Anda jangan membuat iklan yang berlebihan dalam mempromosikan keunggulan produk Anda. Jangan sampai pelanggan kecewa karena produk yang dibelinya tidak sesuai ekspektasi yang ditampilkan dalam iklan.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Menghasilkan Penjualan Pertama di Internet


Nah, itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa bisais Anda. Perhatikan kebutuhan pelanggan dan penuhi dengan cara yang tepat. Niscaya, pelanggan akan merasa puas dan tidak berpaling ke kompetitor.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here