Cara Hapus Produk di Tokopedia Melalui HP dan PC

296

Bagaimana cara hapus produk di Tokopedia? Sebagai salah satu marketplace yang sangat terkenal, Tokopedia menyediakan berbagai fitur untuk kemudahan para penggunanya. Termasuk orang-orang yang berjualan di sini.

Mungkin kamu memiliki produk yang sudah tidak ada stok lagi atau produk tersebut memang sudah tidak ingin kamu jual. Agar pembeli tidak bisa mengaksesnya, kamu dapat menghapus produk tersebut. Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut informasinya.

Cara Hapus Produk di Tokopedia Lewat HP

Cara hapus produk di etalase Tokopedia bisa melalui HP. Saat ini banyak penjual yang mengoperasikan atau menjalankan tokonya melalui smartphone. Kamu dapat melakukan hal yang sama seperti ketika menggunakan PC, termasuk menghapus produk yang tidak tersedia lagi.

Berikut langkah hapus produk di Tokopedia dari channel YouTube BANGRIWANZ:

  • Pertama, pastikan kamu telah menginstall aplikasi Tokopedia. Jika belum, kamu perlu mengunduhnya lewat Play Store atau App Store.
  • Kedua, setelah berhasil kamu install maka lakukan registrasi menggunakan akun tokomu tersebut.
  • Berikutnya, pergi ke menu “Akun” yang ada. Posisinya ada di paling kanan bawah.
  • Kemudian kamu cari nama toko yang kamu miliki lalu klik nama toko tersebut.

cari nama toko

  • Langkah selanjutnya, klik pada menu “Daftar Produk”. Tujuannya untuk melihat apa saja produk yang kamu jual atau ada di dalam etalase.

Menu Daftar Produk

  • Untuk menghapus salah satu produk tersebut, kamu cari mana produk yang ingin dihapus. Setelah itu, tekan ikon titik tiga yang terdapat di sebelah kanan.

menghapus salah satu produk

  • Kamu akan melihat pop-up, lalu klik “Hapus”.

Klik Hapus

  • Sistem Tokopedia juga akan memunculkan pop-up kembali untuk memberikan konfirmasi apakah kamu memilih produk yang benar. Pastikan produk yang kamu pilih memang yang ingin dihapus. Jika sudah sesuai, pilih “Ya”.

Hapus Produk

  • Sekarang produk yang kamu pilih tersebut sudah terhapus di Tokopedia dan orang tidak dapat mengaksesnya lagi.

Baca Juga: Cara Hapus Toko di Tokopedia dengan Mudah Beserta Gambar

Cara Hapus Produk di Tokopedia Lewat PC

Sementara itu, cara menghapus produk di Tokopedia juga bisa kamu lakukan lewat PC. Hanya saja pada penerapannya agak berbeda dibandingkan ketika menggunakan smartphone. Meskipun begitu, perbedaannya tidak terlalu jauh dan kamu bisa langsung mempraktikkan cara dari channel YouTube AHMAD NH:

  • Langkah pertama, masuk ke website Tokopedia.

website Tokopedia

  • Langkah kedua, masuk ke Tokopedia Seller dengan mengklik tokomu di pojok kanan atas.

masuk ke Tokopedia Seller

  • Setelah itu, pilih “Cek Tokopedia Seller”.
  • Kemudian, silakan klik menu “Produk” yang terdapat di sebelah kiri.

klik menu produk

  • Masuk ke daftar “Produk”.
  • Selanjutnya, tentukan produk mana yang akan kamu hapus dengan menandainya.

tentukan produk yang akan kamu hapus

  • Setelah berhasil kamu pilih, tinggal klik ikon “Hapus”.

Hapus Produk

  • Jika sudah, sistem Tokopedia akan memunculkan notifikasi. Isinya apakah kamu yakin ingin menghapus produk tersebut atau tidak. Jika yakin, tinggal pilih “Hapus”.

Sebagai tambahan, kamu bukan hanya dapat menghapus satu per satu. Setidaknya kamu bisa memilih 20 produk sekaligus yang ingin dihapus. Ini sangat bermanfaat untuk efisiensi waktu. Bayangkan ketika produk yang akan kamu hilangkan jumlahnya puluhan. Butuh waktu lama untuk bisa menghapusnya jika satu per satu.

Selain itu, bagaimana cara untuk hapus produk di aplikasi Tokopedia yang terpasang di komputer? Tenang, aplikasi ini bukan hanya tersedia untuk perangkat mobile atau dalam bentuk website. Ada juga aplikasi versi desktop yang tampilannya pun tidak jauh berbeda.

Itu artinya, menghapus produk lewat aplikasi yang terinstall di PC sama dengan cara yang tadi. Tinggal mengikuti langkah-langkahnya meskipun aplikasi tersebut terpasang di komputermu.

Baca Juga: Cara berjualan Di Tokopedia, Mudah Untuk Pemula!

Apakah Produk yang Dihapus Bisa Dikembalikan?

Sebelum memutuskan menghapus produk, pastikan produk yang kamu pilih sudah tepat. Jangan terburu-buru memilih produk, apalagi jika tokomu sudah besar dan banyak produk yang ingin kamu hapus.

Salah memilih produk malah merugikanmu sendiri. Lalu apakah produk yang sebelumnya dihapus bisa kamu kembalikan atau undo? Sayangnya belum ada cara mengembalikan produk yang terhapus tersebut. Artinya, cara hapus produk di Tokopedia tadi bersifat permanen.

Satu-satunya cara mengembalikannya yaitu dengan mengunggahnya kembali alias upload ulang. Maka dari itu, ketelitian sangat penting di sini. Sebelum benar-benar menghapusnya, pastikan kamu telah mengecek setiap produk tersebut agar tidak salah pilih.

Baca Juga: Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengarsipkan Produk di Tokopedia?

Selain mengunggah kembali, sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Kamu bisa mengarsipkan produk yang ada di akun tokomu tersebut karena Tokopedia telah menyediakan fitur arsip.

Fitur ini sangat penting karena mungkin kamu tidak ingin langsung menghapus produk begitu saja. Mungkin kamu hanya perlu menyembunyikan produk untuk sementara waktu karena bisa jadi sold out atau stok habis. Kemudian kamu akan memunculkannya kembali ketika stoknya sudah ready.

Jadi, daripada harus menghapusnya secara permanen, lebih baik kamu mengarsipkannya. Langkah-langkah mengarsipkan produk di Tokopedia berdasarkan penjelasan dari channel YouTube Pamudasan Online  yaitu:

  • Masuk ke Tokopedia Seller.

Tokopedia Seller

  • Setelah itu, pilih kolom “Produk”.
  • Klik “Daftar Produk”.

Daftar Produk

  • Selanjutnya kamu pilih produk yang ingin kamu arsipkan. Lalu klik “Ubah Stok”.
  • Scroll ke bawah dan nonaktifkan di bagian “Status Produk”.

Status Produk

  • Sekarang status produk yang kamu pilih tadi tidak akan muncul. Pembeli pun tidak bisa menemukannya. Namun produk yang kamu arsipkan masih tersimpan karena memang tidak terhapus.

 

Status Produk

Baca Juga: Ingin Menghapus Akun Shopee? Begini Caranya

Mengapa Produk yang Diunggah Tiba-tiba Terhapus?

Kamu sudah mempelajari cara hapus produk di Tokopedia. Namun ternyata ada kasus di mana produk yang sudah diunggah tiba-tiba terhapus. Padahal kamu tidak merasa menghapus produk tersebut. Kemudian kamu bertanya apa penyebab produk tersebut hilang?

Penyebab umumnya, foto yang kamu unggah sudah melanggar ketentuan maupun kebijakan dari pihak Tokopedia. Untuk itu, sangat penting mengecek produk yang akan kamu jual sesuai dengan ketentuan dari Tokopedia.

Sebaiknya kamu benar-benar memahami informasi seputar kriteria produk yang boleh dan tidak boleh dijual di Tokopedia. Dengan begitu, aktivitas berjualan yang kamu lakukan lancar tanpa kendala. Selain itu, toko yang kamu miliki tersebut juga tidak sampai terkena moderasi sehingga memberikan kerugian tersendiri untukmu.

Meskipun begitu, toko yang terkena moderasi masih bisa dipulihkan. Caranya yakni melalui Tokopedia Care dengan memerhatikan syarat yang berlaku. 

Namun, ketika Tokopedia menemukan bahwa tokomu telah melakukan pelanggaran secara berulang-ulang, maka bisa jadi bukan hanya produkmu yang dihapus secara permanen melainkan tokomu juga. Akibatnya, kamu tidak bisa lagi berjualan dan memperoleh keuntungan.

Adapun beberapa barang yang tidak boleh kamu jual di Tokopedia antara lain:

  • Produk yang terbukti melanggar ketentuan HAKI.
  • Produk yang memiliki deskripsi, judul, gambar, yang tidak sesuai norma kesusilaan. Misalnya produk-produk yang memiliki unsur pornografi.
  • Mengandung unsur promosi terhadap toko, situs, maupun pihak lainnya di luar Tokopedia.
  • Tidak sesuai persyaratan serta ketentuan di Tokopedia. Beberapa contohnya yaitu dokumen resmi, uang tunai, senjata, produk mistis, narkotika, bahan peledak, dan lain-lain.
  • Produk yang melebihi batas pembelian. Tokopedia memang memberikan batasan terkait transaksi pembelian bahan pokok untuk menjaga ketersediaan pangan.

Sudah Paham Bagaimana Cara Hapus Produk di Tokopedia?

Demikian penjelasan tentang cara hapus produk di Tokopedia. Kesimpulannya, kamu dapat menghapus produk yang kamu inginkan baik lewat HP maupun PC. 

Namun sebelum itu, pastikan tidak ada kesalahan dalam memilih produk yang kamu hapus. Ini karena produk tersebut tidak bisa kamu kembalikan alias terhapus secara permanen. Jika memungkinkan, akan lebih baik untuk mengarsipkannya. Semoga bermanfaat.