Lakukan 7 Hal ini Agar Kondisi Keuangan Tetap Stabil – Semua orang pasti berharap agar kondisi keuangannya selalu stabil sampai kapan pun.

Namun, tidak ada yang bisa mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi dalam hidup ini. Suatu hari nanti, mungkin saja Anda menghadapi masalah keuangan yang buruk.

Baca Juga: 5 Langkah Mengelola Keuangan Bulanan Agar Bisa Berbisnis dan Mapan

Maka dari itu, penting sekali menjaga kestabilan kondisi keuangan. Sebab pemenuhan kebutuhan hidup sangat bergantung pada jumlah uang yang Anda miliki.

Nah, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan agar kondisi keuangan Anda tetap stabil.


7 Tips Agar Kondisi Keuangan Tetap Stabil

1Pisahkan Rekening Bisnis dan Pribadi

Sebagai pebisnis, Anda harus memastikan bahwa keuangan bisnis dan pribadi tidak tercampur. Anda perlu membuat rekening terpisah agar pengelolaan keuangan menjadi lebih jelas.

Dengan begitu, pembukuan menjadi lebih efektif dan efisien. Uang untuk modal usaha terlindungi dan uang untuk kepentingan pribadi juga bisa diatur dengan baik.

Baca Juga: 3 Cara Efektif Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

2Punya Tujuan Keuangan yang Jelas

Anda perlu memiliki tujuan keuangan dengan target jangka pendek dan panjang. Misalnya, membeli rumah pada tiga tahun mendatang dan punya tabungan Rp 1 miliar pada lima tahun mendatang.

Dengan tujuan keuangan tersebut, Anda akan lebih berhati-hati dalam memakai uang. Sehingga Anda akan lebih bertanggung jawab dalam mengelola uang demi kepentingan di masa depan.

Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini

3Buat Anggaran Keuangan

Kestabilan keuangan sangat ditentukan dari cara Anda dalam menyusun anggaran. Dengan anggaran, Anda bisa merencanakan ke mana dan untuk apa uang Anda dipergunakan.

Sehingga Anda bisa memastikan pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan. Yang terpenting, Anda berkomitmen dalam menjalankan anggaran secara ketat dan tepat guna.

Baca Juga: 12 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cocok untuk Anak Muda

4Hindari Pengeluaran yang Tidak Penting

Kendalikan nafsu belanja. Anda harus menguasai diri dalam memakai uang Anda dengan mengutamakan hal-hal yang bersifat kebutuhan.

Untuk itu, perhatikan manfaat sebelum membeli sesuatu. Hindari menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting, sehingga uang yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Baca Juga: Tetap Hemat Uang Walau Penghasilan Meningkat, Ini Kiatnya

5Menabung Secara Teratur

gambar: indonesiaexpat.biz

Supaya kondisi keuangan tetap stabil, Anda harus pandai menyimpan uang. Jangan boros sekalipun Anda sedang memiliki banyak uang di dalam rekening bank Anda.

Namun, konsistenlah dalam menabung. Pastikan Anda menabung secara teratur setiap bulan dengan jumlah uang yang ditabung sesuai dengan komitmen Anda sendiri.

Baca Juga: 5 Penyebab Anda Tidak Bisa Kaya Walau Sudah Lama Berbisnis

6Lakukan Investasi

Menyimpan uang dalam bentuk aset akan lebih aman. Investasi bermanfaat untuk melipatgandakan uang/harta Anda dan bisa dijadikan simpanan untuk dana darurat.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa dipilih. Seperti investasi properti, reksadana, valuta asing, hingga bermain di pasar modal. Yang penting, hati-hati agar investasi Anda bisa menghasilkan.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Sesuai dengan Risk Tolerance

7Miliki Asuransi Kesehatan

Musibah dan penyakit bisa datang kapan saja. Jika itu terjadi, Anda sangat membutuhkan uang untuk berobat, memulihkan kondisi diri Anda, dan menyambung hidup.

Makanya, miliki asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga agar Anda tidak kesusahan jika hal yang tidak terduga terjadi. Ambillah juga tabungan untuk mempersiapkan dana pensiun Anda.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Ditunjukkan Saat Menghadapi Masalah dalam Bisnis


Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kondisi keuangan tetap stabil. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam mengelola finansial Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.